Disneyland yang Terbengkalai

Disneyland yang Terbengkalai

Disneyland yang terbengkalai. Disneyland, tempat wisata untuk rekreasi keluarga, yang hingga hari ini ada enam yang tersebar di seluruh dunia, yang bertempat di:

  1. California. satu-satunya Disneyland yang pengerjaannya diawasi langsung oleh Walt Disney, pemrakarsa Disneyland. Mulai dibuka untuk umum pada tahun 1955.
  2. Florida. Dari semua Disneyland, inilah tempat yang paling banyak dikunjungi. Diresmikan tahun 1971.
  3. Tokyo. Inilah Disneyland yang pertama yang dibuka di luar Amerika Serikat. Dibuka pada tahun 1983.
  4. Paris. Inilah Disneyland yang dibangun pertama di Eropa. Diremikan pada tahun 1992.
  5. Hong Kong. dibangun di atas tanah reklamasi. Inilah Disneyland yang palonmg sering dikunjungi orang Indonesia. Dibuka tahun 2005.
  6. Shanghai. Dibuka tahun 2016.

Nah, dari enam Disneyland diatas, ternyata ada satu Disneyland yang terbengkalai pembangunannya. Dimanakah itu?

Wonderland, demikianlah nama yang akan diberikan untuk Disneyland yang terletak tak jauh dari Beijing. Wonderland tadinya akan dijadikan salah satu tujuan wisata besar di Cina, terletak di sebidang tanah seluas 100 hektar, sekitar 45 menit berkendara di luar Beijing. Dengan undang-undang hak cipta AS yang berlaku di negara asing, pengembang menciptakan taman hiburan bergaya Disney World yang mereka janjikan akan menjadi taman hiburan terbesar di Asia.

Namun, pembangunan dihentikan tahun 1998 karena ketidaksepakatan harga antara pemerintah lokal dan para petani yang memiliki area tersebut. Pengembang mencoba membangun sekitar tahun 2008, tetapi tak membuahkan hasil. Tempat ini sekarang menjadi lokasi anak-anak sekitar untuk bermain dan beberapa fotografer yang mencari objek foto mereka.

Ketika pembangunan dihentikan, banyak yang belum selesai, bahkan trotoar untuk pejalan kaki pun belum selesai dikerjakan. Salah seorang vlogger yang pernah kesana, Catherine Hyland, yang memvideokan kondisi yang ada mengatakan tempat itu seperti ‘limbo’, sebuah tempat dimana antara alam nyata dan tak nyata bergabung menjadi satu. Tempat itu kini sebagian digunakan petani setempat untuk bertanam jagung.

Fotografer Reuters David Gray mencatat, “Saya menemukan pemandangan yang agak lucu ketika saya melihat beberapa orang petani yang menggali sumur di sebelah kastil, momen yang akan selalu saya nikmati sebagai fotografer di tempat seperti China di mana kastil seperti ini tidak banyak.” Dia menyebut Wonderland sebagai “contoh menyedihkan lain dari pengembangan properti di China yang melibatkan pemborosan uang, pemborosan sumber daya dan memindahkan petani dan keluarga mereka.”

Hampir semua struktur di “Disneyland China” yang menyeramkan dan terbengkalai itu telah dirobohkan pada Mei 2013 (beberapa laporan mengatakan April). Salah seorang pejabat pemerintahan mengatakan bahwa di tempat ini nantinya akan dibangun supermarket. Di tempat Disneyland Cina yang menyeramkan dan terbengkalai itu, kini muncul The Badaling Outlets, dibuka pada tahun 2015.

Menurut situs resminya, The Badaling ini mencakup area seluas 140.000 meter persegi, memiliki area operasi 58.000 meter persegi, dan menyediakan lebih dari 1.600 pekerjaan. Produk-produk yang dijajakan di mal antara lain: Prada, Bottega Veneta, Gucci, Burberry, Salvatore Ferragamo, BVLGARI, Chloé, Fendi dan banyak lagi.

Namun, masih ada sisa bangunan lama Disneyland yang terbengkalai yang tersisa, Kastil, yang diambil fotonya oleh penulis/fotografer Oliver Smith pada tahun 2016, tetap utuh meski ada mal baru. bahkan dicat baru.

sumber: tagar, funnelwide

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *