Tips Bepergian saat Pandemi

Tips Bepergian saat Pandemi

Tips Bepergian saat Pandemi seperti saat ini sangat diperlukan agar selain kita tak tertular juga tidak menularkan. Kenapa? Karena pada dasarnya pada saat kita bepergian kita bisa menularkan virus kepada orang sekitar selama empat belas hari sejak terpapar, sekali pun tidak bergejala. Ngeri kan? Jadi setelah sampai di rumah pun, kita punya potensi menularkan kepada seisi orang rumah. Coba dipikir pikir lagi baik dan buruknya sebelum pergi keluar rumah. Tapi jika risiko tersebut tetap tidak mengurungkan niat untuk bepergian selama pandemi, ada beberapa hal yang harus dilakukan demi menurunkan risiko penularan virus corona, yaitu:

  1. Cek terlebih dahulu lokasi berlibur yang dituju. Apakah ia termasuk dalam zona hijau atau zona aman. Jika zonanya masih berada dalam zona merah atau hitam, sebaiknya dihindari. Apalagi jika daerah tersebut termasuk daerah yang penghuninya cukup padat dan mengabaikan protokol kesehatan.
  2. Cek terlebih dahulu semua perlengkapan protokol kesehatan. Semuanya dibawa seperti : masker, hand sanitizer, disinfektan, obat-obatan pribadi, makanan dan minuman. Ini adalah tips bepergian saat pandemi yang kedua.
  3. Patuhi protokol kesehatan pada saat bepergian, seperti : selalu memakai masker dengan benar, menjaga jarak dengan orang lain, menghindari menyentuh wajah, terutama bagian mata, hidung, dan mulut apabila belum mencuci tangan, Rutin cuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Bila tidak ada, gunakan hand sanitizer.
  4. Jika merasa kurang sehat, sebaiknya tidak memaksakan diri untuk keluar penginapan. Berdiam dulu saja sampai badan sehat kembali.
  5. Sepulangnya dari bepergian, pastikan pastikan sudah membersihkan diri dan berganti pakaian terlebih dahulu sebelum berkontak dengan orang rumah. Hindari pergi ke meja makan sebelum mencucui tangan dengan sabun dan air yang mengalir.
  6. Bila memungkinkan dan takut ada risiko menulari orang rumah, Anda bisa lakukan tes swab. Jika hasilnya negatif maka amanlah kita ada di rumah.
  7. Perhatikan kondisi tubuh Anda dan anggota keluarga selama dua minggu ke depan. Jika mendadak ada gejala kurang sehat, maka segera ke rumah sakit untuk tes COVID-19.

Demikian beberapa tips yang bisa diterapkan. Ingat selalu 3M selama bepergian: Menjaga jarak, Mencuci tangan, Memakai masker.

Sumber: klikdokter gambar: freepik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *