Jika Atasan Anda Bukan Orang Pandai..

Jika Atasan Anda Bukan Orang Pandai..

Jika Atasan Anda Bukan Orang Pandai. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika atasan Anda ternyata bukanlah orang pandai..
1. Jangan mengharapkan lebih daripada yang dapat dilakukannya. Jika Anda tidak mempunyai harapan terhadap atasan, Anda tidak akan kecewa. Kekecewaan terjadi karena kita biasanya meletakkan harapan kepada seseorang atau sesuatu.

2. Pandanglah perilaku yang tidak Anda sukai sebagai masalah atasan, bukan masalah Anda. Jika Anda memasukkannya ke dalam hati, lama kelamaan hal ini akan membuat hari – hari kerja Anda semakin lama semakin tidak nyaman.

3. Jangan menjadi jengkel terhadap sesuatu yang sebenarnya bersumber pada ketidak mampuan atasan. Pengalaman kami menunjukkan bahwa kejengkelan tidak ada gunanya. Sebab utama dari keputusan yang keliru seringkali adalah ketiadaan informasi atau karena kebodohan.

4. Perbanyaklah berhubungan dengan bawahan dan kurangi hubungan dengan atasan.

5. Tunjukkan pada atasan apa yang seharusnya dilakukannya untuk membuat hubungan Anda berdua lebih produktif dan organisasi lebih sukses. Ini harus dilakukan dengan hati-hati. Salah satu caranya adalah dengan mengajak atasan mengikuti sesi umpan balik, seperti berikut. Ambillah selembar kertas kosong yang hanya berisikan tiga judul: “Lakukan lebih banyak…. Lakukan lebih sedikit…. Pertahankan…..”
Di bawah masing-masing judul ini tulislah perilaku Anda yang Anda yakin akan ditempatkan dalam kategori yang sama oleh atasan. Mintalah atasan Anda melakukan hal yang sama dengan Anda dengan menuliskan perilaku yang ia yakin Anda akan menempatkannya dalam kategori yang sama baginya. Sekarang, Anda mempunyai dasar untuk diskusi yang selalu Anda harapkan antara Anda dan atasan Anda. Masing-masing dari Anda akan melihat perilaku tadi dan katakanlah mana yang Anda setujui, tidak setujui, dan yang ingin Anda tambahkan.
Aturan dasar dari sesi ini adalah bahwa masing-masing dari Anda harus memilih sendiri tiga perilaku dari daftar akhir yang akan anda ubah demi memperbaiki hubungan Anda berdua dengan bantuan dari pihak lainnya.

6. Jagalah peluang Anda diluar kalau-kalau Anda memutuskan untuk mengundurkan diri.

7. Bertahanlah dan nantikanlah pengganti atasan yang lebih baik

8. Prestasi baik Anda mungkin akhirnya membuat anda dipromosikan ke posisi yang sekarang diduduki atasan Anda. So.. be happy

9. Bila semua gagal, sempurnakanlah resume atasan dan kirimkan itu ke perusahaan pencari tenaga kerja

Sumber: Manajer Bijak, Sam Deep & Lyle Susman, PT Pustaka Binaman Pressindo, 1995
gambar: huffingtonpost.co.uk
Jika Atasan Anda Bukan Orang Pandai..

Newer Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *