3 Motivasi Bisnis yang sering dilewatkan

3 Motivasi Bisnis yang sering dilewatkan

3 Motivasi Bisnis yang sering dilewatkan. Di era digital ini berbisnis menjadi alternatif pilihan yang cukup baik bagi orang-orang yang baru saja kehilangan pekerjaannya karena pandemi dan juga orang-orang yang baru saja menyelesaikan studinya.

Segala hal yang serba mudah di akses menjadikan peluang tersendiri bagi yang hendak memulai. Tapi tak sedikit orang yang kebingungan dan tidak termotivasi untuk mengembangkan bisnisnya kearah yang lebih baik dan ke ranah yang luas.

Bukan berdiam diri, para pebisnis ini bahkan menjajaki seluruh aplikasi untuk memperoleh motivasi bisnis. Mulai dari bagaimana menjadi pebisnis yang sukses, bagaimana menjadi milyader, dan judul-judul lain yang sudah mereka khatamkan namun belum saja termotivasi untuk bergerak.

Sepertinya ilham tidak juga muncul untuk mereka. Tidak hanya itu, berbagai lembaran buku juga sudah pernah dihabiskan, namun mereka masih ada di posisi yang sama. Tidak juga memulai bisnisnya bagi yang hendak memulai, dan tidak mengembangkan bagi yang sudah memiliki bisnis.

Terkadang bukan tanpa alasan. Bagi mereka yang belum memulai umumnya yang membuat mereka tidak memulai atau menunda memulai yakni ketakutan. Takut akan kegagalan dan kehabisan modal adalah hal yang membuat mereka maju mundur untuk memulai.

Selain itu kurangnya kepercayaan diri, kepercayaan diri yang kurang membuat mereka selalu membandingkan diri mereka dengan orang lain sehingga mereka kurang memiliki ide-ide dan keyakinan untuk memulai usahanya.

Sementara bagi mereka yang sudah menjalankan usaha namun tetap dititik yang sama biasanya berlatar dari rasa puas. Mereka mungkin sudah cukup sangat puas dengan apa yang telah mereka capai, seperti halnya mindset kebanyakan dari orang yang mulai betah berada di zona nyaman.

Mereka banyak beralasan bahwa jika menuruti keinginan maka sampai kapanpun mereka tidak akan puas dan berakhir dengan sifat yang tamak. Padahal jika mereka mau berfikir luas, dengan adanya peningkatan bisnis mereka sangat banyak hal yang dapat mereka lakukan untuk orang sekitar, seperti membuka lapangan kerja, dan sebagainya.

Banyak orang yang melewatkan motivasi bisnis, atau bahkan banyak motivator yang tidak membahasnya. Padahal motivasi untuk bisnis ini cukup penting untuk diingat, berikut daftarnya.

Tidak ada sesuatu yang bisa dibuat sesuai kemauan sendiri, kecuali bisnis milik sendiri

Menjadi pegawai bukanlah satu hal yang sulit, untuk orang yang menyukai zona nyaman dan banyak ketakutan jika pendapatan bulanannya hilang. Namun bagi orang yang berkehidupan dinamis, tidak menyukai rutinitas, banyak ide, dan banyak kegiatan.

Menjadi pegawai bukanlah sesuatu yang mudah bagi mereka. Penghasilan yang minim, jam kerja yang padat, sistem kerja yang serba diatur, dan keterikatan-keterikatan lain yang menyiksa. Belum lagi soal konflik yang salah benar pasti pegawai akan disalahkan, dan sejumlah lainnya.

Dengan berbinis kita bisa membuat bisnis ini sesuai dengan kemauan kita. Kita sendiri yang mendesain segala sesuatunya termasuk waktu dan berapa pendapatan yang kita kehendaki. Kita bisa kerja dimana saja, kapan saja, dan semua hal tergantung diri kita. Hal inilah yang sering dilewatkan oleh orang-orang untuk dijadikan motivasi bisnis, bahwa dengan berbisnis kita akan melakukan semua sesuai dengan kemauan kita.

Tekun dan bersabar menjadi kunci

Tidak ada sesuatu yang bisa didapat dengan instan, terlebih di dalam berbinis. Ketakutan kan kegagalan ini banyak muncul karena melihat banyak bisnis yang macet, seakan sepi peminat, atau juga stagnan. Tekun dalam menjalani bisnis adalah kunci utama, kita harus tekun dan telaten dalam menjalankan bisnis. Selanjutnya harus bersabar bersabar yang dimaksudkan bukanlah berdiam diri menanti hal ajaib terjadi. Akan tetapi lebih kepada mengusahakan semaksimal mungkin, mencari cara sampai ketemu, mencoba banyak cara, dan upaya-upaya lain kemudian barulah bersabar. Atau dengan kata lain keras pada proses lalu sabar pada hasil.

Niat yang baik

Sebagai umat beragama, sudah barang tentu setiap agama mengajarkan kepada kebaikan terlebih soal niat. Salah satu yang dapat dijadikan motivasi untuk bisnis kita adalah niatkan pada hal-hal baik. Jika kita meniatkan untuk hal-hal yang baik, capaian-capaian yang baik, tujuan yang baik maka kita akan lebih bersemangat untuk berbisnis. Setiap manusia pada dasarnya sangat berkeinginan untuk berbuat baik, oleh karena itu jadikan niat baik ini sebagai motivasi bisnis sehingga lebih bersemangat.

gambar: Photo by Adeolu Eletu on Unsplash

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *