Matriks Ansoff dalam Strategi Pemasaran

Matriks Ansoff dalam Strategi Pemasaran

Matriks Ansoff adalah matriks yang memberi petunjuk bagaimana mengembangkan produk yang kita miliki dalam strategi pemasaran. Ia memetakan kombinasi antara Produk dan Pasar yang bisa ditemui. Matriks ini mempunyai dua sumbu utama, yaitu sumbu Pasar dan Produk. Masing masing mempunyai 2 bagian yaitu existing (ada saat ini) dan new (baru). Mari kita lihat penjelasannya satu demi satu sebagai berikut.

Market Penetration. Di bagian ini, produk sudah ada di pasar. Dan pasarnya pun sudah ada. Ini adalah kondisi ideal karena perusahaan akan meningkatkan pendapatan dan profitabilitas bisnis dengan cara menembus pasar yang ada dengan produk mereka. Strategi ini merupakan strategi dengan resiko rendah karena tidak perlu lagi ada pengembangan produk. Dengan kata lain, biaya pengembangan praktis tidak ada. Dan karena pasarnya sudah ada, maka tidak perlu juga riset pasar yang memakan biaya. Umumnya, sebuah perusahaan dapat menguasai pasar dengan cara membuat produk dalam skala besar sehingga dapat menekan harga produk di pasar. Ini akan meningkatkan pangsa pasar sekaligus mengeliminasi kompetitor. Selain itu perusahaan juga dapat meningkatkan pangsa pasarnya dengan beberapa cara lain. Meningkatkan iklan dan promosi misalnya yang membuat konsumen tertarik. Meski secara umum ini adalah situasi ideal dan beresiko rendah, namun, ini tidak otomatis menjadikan prosuk kita untuk tumbuh dan sukses. Perusahaan tetap harus mempunyai keunggulan kompetitive agar penetrasi pasarnya menjadi efektif.

Product Development. Di bagian ini pasarnya ada, tetapi produknya baru. Dengan kata lain, kita mengembangkan produk untuk ditawarkan kepada pasar yang ada. Karena itu di bagian kini kita perlu mengembangkan produk, melakukan riset kebutuhan konsumen serta mencermati kondisi persaingan yang ada. Belum lagi pertimbangan untuk membeli mesin (jika ternyata produknya tidak bisa diproduksi dengan mesin yang ada, serta pertimbangan penambahan karyawan, bahan baku, biaya mengedukasi kondumen dan promosi. Dengan seabrek biaya yang akan dikeluarkan ini, tidak ada jaminan bahwa produk akan sukses. Bisa saja gagal total. Atau malah sukses luar biasa. Matriks Ansoff di bagian ini mengisyaratkan adanya resiko tinggi, namun peluangnya juga besar.

Market Development. Menurut Matriks Ansoff, di bagian ini, produknya ada, tetapi pasarnya belum ada. Dengan kata lain, untuk sukses, harus menciptakan pasar baru (market creation). Strategi ini biasanya dilakukan untuk me-repositioning produk ke segmen pasar yang berbeda. Biasanya untuk produk-produk yang mandeg dilakukan proses ini. Perusahaan perusahaan global banyak menggunakan strategi ini untuk meningkatkan dominasi mereka di pasar.

Diversification. Ini adalah strategi terakhir yang ada dalam matriks Ansoff. Digunakan bila perusahaan ingin membuat pasar baru dengan produk yang baru juga. Ini level resiko terbesar jika dibandingkan dengan tiga streategi diatas. Selain tidak ada jaminan keberhasilan, biaya yang dikeluarkan juga besar.

sumber: thecimastudent.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *