Game Pelatihan – Perkenalan

Game Pelatihan – Perkenalan

Dalam pelatihan yang diikuti oleh peserta yang berasal dari berbagai divisi atau daerah maka agar situasi dapat menjadi cair dengan cepat adalah dengan melakukan game pelatihan dengan proses yang menarik. Ada berbagai macam cara agar suasana yang ada dapat lebih fun dan menyenangkan.

Salah satu game pelatihan yang dapat digunakan dalam proses perkenalan adalah dengan cara sebagai berikut:

Tujuan Game Pelatihan
- Agar peserta satu dengan yang lain saling mengenal dengan cara yang cepat dan menyenangkan
- Agar masing – masing peserta dapat mengenal keunikan peserta lain
- Agar proses pelatihan yang akan berjalan dapat menjadi cair dan lancar
- Agar tercipta ikatan / bonding antar peserta pelatihan

Peserta Game Pelatihan

Semua peserta pelatihan termasuk fasilitator dan co fasilitator serta tim support yang terlibat

Waktu Game Pelatihan
10 -20 menit tergantung jumlah peserta pelatihan

Setting & Perlengkapan
melingkar, tidak ada

Proses Game Pelatihan
Mintalah peserta untuk membuat formasi lingkaran. Proses pembuatan lingkaran ini bisa juga dijadikan game tersendiri tergantung kreatifitas fasilitator.

Misalnya: Tidak bolah ada peserta bersebelahan yang nama awalnya sama. Atau bisa juga: Peserta yang berasal dari divisi atau daerah yang sama harus berseberangan.

Setelah lingkaran terbentuk kemudian tiap peserta diminta memperkenalkan diri dengan menambahkan hal unik dibelakang namanya. Agar suasana tidak terlalu kaku fasilitator bisa juga meneriakkan yel pelatihan ketika lingkaran sudah terbentuk. Bisa juga dilakukan game pelatihan ice breaking sebelum peserta memperkenalkan dirinya masing -masing. kalau bisa carilah game pelatihan yang mudah dan dapat langsung diikuti serentak oleh seluruh peserta.

Game pelatihan berburu banteng misalnya, dapat dijadikan suatu alternatif yang menarik. Begitu ceremony sudah selesai, maka persilahkan peserta untuk mulai memperkenalkan diri.

Contoh: “Nama saya Joni Pecel, karena saya suka sekali makan pecel” ( yang seru, apabila peserta dapat menambahkan cerita bagaimana awalnya, sejak kapan, dan lain lain yang berhubungan dengan keunikannya)
Setelah beberapa giliran, agar tidak bosan dan ada kejutan, fasilitator menunjuk peserta yang belum mendapat giliran untuk menguji ingatan akan peserta yang sudah memperkenalkan diri.

Nama yang digunakan peserta dalam game ini, biasanya akan diingat terus oleh peserta pelatihan sampai pelatihan selesai.

Selamat mencoba!

gambar: muevelamente.files.wordpress.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *