Mind Map

Mind Map

Mind Map atau Peta pikiran adalah cara untuk menyampaikan ide atau konsep tertentu dalam bentuk grafis. Ini adalah visual tool untuk membantu menyusun informasi untuk membantu kita agar dapat menganalisis dengan lebih baik, dan menghasilkan ide-ide baru. Informasi dalam peta pikiran disusun sedemikian rupa sehingga mencerminkan cara kerja otak yang sebenarnya.

MInd map dapat membantu kita berpikir dengan lebih kritis dan dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah yang kita miliki di saat yang bersamaan. Ia merupakan salah satu tool yang wajib dimiliki dalam sebuah tim untuk berkolaborasi lebih baik dalam membahas suatu isu penting. Kegunaannya sebenarnya luas sekali, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Brainstorming. Peta pikiran/mind map sangat poweful dalam sebuah sesi brainstorming. Ia membantu kita untuk tetap fokus pada topik, memberikan ide baru dan menghubungkan semuanya menjadi satu dan bisa digunakan baik secara individu maupun kelompok. Yang jelas, ia akan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif kita.

Problem Solving. Jika kita sedang bingung dalam menghadapi sebuah masalah, kita bisa mencoba mind map untuk melihat semua isu yang behubungan dalam satu bagan yang mudah dimengerti. Kita bisa melihat bagaimana isu-isu ini saling behubungan atau tidak. Dan dengan cepat, kita bisa mendapatkan gambaran umumu tentang situasi yang terjadi. Sehingga dengan demikian, kita akan bisa memberikan solusi atas keadaan tersebut.

Decision Making. Saat pengambilan keputusan, kita perlu membeberkan dan membandingkan semua faktor yang berhubungan, positif dan negatifnya, alternatif solusi yang akan diambil serta hasil yang dihasilkan oleh masing masing solusi. Mind map bisa melakukan ini dengan mudah sehingga kita akan dapat membuat keputusan yang lebih baik.

Notes Taking. Jika anda seorang mahasiswa, pelajar atau seorang profesioanl yang ingin mendapatkan catatan yang ringkas, maka Anda bisa menggunakan mind mapping ini untuk mencatat ide-ide utama dari kuliah, presentasi atau meeting. metode ini di desain untuk dapay mengorganisir informasi yang didapat secara logis sehingga mudah dimengerti dan diikuti.

Presentations. Mind map juga sangat membantu bila digunakan untuk melakukan presentasi, apalagi jika digunakan untuk menyampaikan ide atau konsep. Di satu sisi, mindmap dapat membantu mengorganisir ide secara lebih komprehensif. Di sisi lain, kesederhanaan visual yang disampaikannya membuat konsep dan ide lebih mudah ditangkap oleh audience.

Project Management. MIndmap dapat digunakan untuk merencanakan sebuah proyek. Ia bisa mengatur kategori yang banyak dengan informasi yang banyak dengan cara yang simple sehingga dapat meningkatkan produktivitas.

Accelerate Studying. Mindmap akan membantu kita untuk meningkatkan kecepatan pembelajaran dengan meningkatkan retensi kita dengan menggunakan kombinasi gambar / foto dan informasi.

Mindmap ditemukan oleh Anthony Peter “Tony” Buzan (2 Juni 1942 – 13 April 2019). Ia adalah seorang penulis dan konsultan pendidikan yang berasal dari Inggris. Buzan mempopulerkan gagasan literasi mental (mental literacy), pemikiran cemerlang (radiant thinking), dan teknik yang disebut pemetaan pikiran (Mind map). Ia terinspirasi oleh teknik yang digunakan oleh Leonardo da Vinci, Albert Einstein, dan Joseph D. Novak.

Membuat Mind map

Membuat mindmap dapat dijelaskan sebagai berikut:

Tentukan Topik Utama. Topik utama adalah topik yang ada ditengah gambar mindmap. Contoh: Topik utama gambar di atas adalah “World Capitals”.

Brainstorming Ide. Tentukan kota mana saja yang ingin dimasukkan ke dalam mindmap. Di gambar di atas tampak ada empat kota yang diambil sebagai ibukota negara negara di dunia yaitu: London, Paris, Berlin dan Washington.

Tentukan sub topik. Sub topik mindmap di atas adalah keunikan masing masing ibu kota negara. Tampak juga masing-masing ibukota mempunyai dua keunikan/ ciri khas.

Tambahkan gambar dan warna. Gambar akan menguatkan informasi yang disampaikan. Karena itu, penambahan gambar sangat disarankan. Gunakan warna yang berbeda untuk tiap cabang agar otak bisa lebih kuat mengingatnya (di gambar di atas, warna cabang masih satu warna).

sumber dan gambar: edrawsoft, wikipedia, mindmapping

Newer Post
Older Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *