Memulai Bisnis Dengan Harapan

Memulai Bisnis Dengan Harapan

Memulai Bisnis Dengan Harapan. Tidak semua orang mau berbisnis, pun tidak semua pebisnis bisa sukses meskipun semua orang tujuannya sama, yakni sukses. Sudah menjadi rahasia umum bahwa dalam mencapai kesuksesan seseorang memerlukan adanya motivasi. Terlebih lagi dalam menjalankan sebuah bisnis, motivasi dalam bisnis adalah hal cukup krusial.

Harapan, merupakan faktor penting dalam kesuksesan.Pernahkan muncul dalam benak anda, bagaimana jika kita tidak memiliki motivasi dalam hal apapun? Tentu semuanya akan terasa kosong bukan. Seperti ingin tetap hidup akan tetapi tidak punya alasan dan tujuan mengapa harus hidup.

Begitu juga dalam berbisnis, anda tetap menjalankan bisnis akan tetapi tidak tahu untuk apa berbisnis dan ingin sampai di titik mana. Motivasi dalam bisnis sangat diperlukan dalam bisnis karena merupakan sebuah alasan untuk melakukan sesuatu secara semangat dan sungguh-sungguh.

Mereka yang memiliki motivasi bisnis biasanya berawal dari sebuah harapan. Sebut saja mimpi adalah kumpulan dari harapan-harapan kecil. Jika kita memiliki harapan, secara otomatis kita akan memiliki tujuan dan cara bagaimana agar harapan kita tercapai. Setelah kita memiliki harapan jangan melupakan hal-hal penting yang harus diperhatikan, simak cara-caranya dibawah:

  • Fokus pada Mimpi

Dengan anda berfokus kepada mimpi, anda akan terhindar dari berbagai hal yang mengalihkan perhatian anda. Anda akan lebih fokus kepada bagaimana cara memperoleh mimpi anda dan apa yang terpenting bagi diri anda.

Tak jarang godaan pengalihan perhatikan sering muncul tapi kita duga. Namun alangkah baiknya selalu tanamkan kesadaran bahwa mimpi andalah yang paling penting untuk diperdulikan.

  • Perjelas Visi anda

Visi merupakan tujuan tertinggi dari sebuah usaha atau kegiatan. Oleh karena itu visi yang merupakan bagian dari harapan ini haruslah diperjelas. Jika anda memiliki visi yang jelas mengenai sesuatu anda akan  mengerti tahapan-tahapan apa yang harus anda lakukan setelah ini tanpa berfikir keras sebagai di paksa.

Steven Covey dalam “The Seven Habits of Highly Succesfull People” menyatakan bahwa mulailah segalanya dengan apa yang anda pikirkan. Oleh karena itu 3 pertanyaan penting yang hendaknya ditanyakan pada diri sendiri. Apa yang sangat saya inginkan?, Mengapa saya menginginkan?, Apa yang akan saya lakukan untuk mendapatkannya?

  • Miliki Rencana Strategis

Rencana merupakan buah dari ada visi dan tujuan yang sebelumnya telah dimiliki. Rencana sangat perlu dibuat untuk memberikan motivasi bisnis juga sebagai tolak ukur sampai mana bisnsi ini berjalan. Umumnya rencana dibuat dua jenis, rencana jangka pendek seperti capaian bulanan, triwulan, semester, atau tahunan. Selanjutnya yaitu rencana jangka panjang yang berisi hal-hal yang ingin dicapai jangka panjang seperti setiap 3, 5, atau bahkan 10 tahun ke depan.

  • Miliki Misi yang jelas

Selain visi setiap bisnis tentunya memerlukan misi. Misi merupakan langkah-langah kecil untuk menjalan kan rencana-rencana yang telah dirumuskan. Setiap misi memiliki target capaian tertentu, oleh karena itu milikilah misi yang jelas. Bahkan jika diperlukan misi-misi ini harus dicatat dan diberi deadline tertentu.

  • Kendalikan Mindset

Mindset atau pola pikir merupakan hal yang tak kalah penting dalam motivasi dalam bisnis. Hampir 80% apa yang anda lakukan dipengaruhi oleh pikiran. Oleh karena itu dalam hal bisnis selain anda harus fokus pada mimpi, anda juga harus mampu mengendalikan mindset kearah hal-hal yang positif agar hal-hal yang anda lakukan mengarah pada hal-hal positif.

  • Miliki Konsistensi

Konsistensi ini hampir sama dengan kedisiplinan. Hal yang paling dilupakan oleh pebisnis pemula adalah tidak disiplin atau tidak konsisten terhadap target. Oleh karena itu untuk menjadi motivasi bagi bisnis anda, anda harus memiliki konsistensi yang tinggi terhadap apa yang ingin anda capai, berapa lama anda ingin mencapainya, dan apa yang harus anda lakukan.

Tidak sedikit orang yang mendapati kegagalan karena jika apa yang mereka lakukan tidak sesuai target maka yang diturunkan adalah targetnya. Ketidak konsistenan semacam itulah yang biasa menghambat kesuksesan berbisnis dan motivasi bisnis jadi hilang. Atau jika melihat peluang bisnis lain yang dinilai lebih menguntungkan, pebisnis pemula akan merubah arah sehingga tidak sesuai dengan tujuan awal dan visi yang telah dibentuk. Jadi, Memulai Bisnis Dengan Harapan adalah hal yang disarankan. Selamat memulia bisnis.

gambar: Photo by Faris Mohammed on Unsplash

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *