Kokologi ungkap kepribadianmu

Kokologi ungkap kepribadianmu

Kokologi ini pertama kali diperkenalkan oleh psikolog asal Jepang yaitu Professor Tadahiko Nagao bersama rekannya yang juga seorang psikolog, Isamu Saito melalui sebuah buku berjudul Kokology.

  Kokologi sendiri ini pun secara harfiah berasal dari gabungan kata dalam bahasa Jepang, yakni kokoro yang berarti pikiran atau perasaan dan kata logia berasal dari bahasa Yunani yang berarti ilmu.   Singkatnya kokologi merupakan sebuah ilmu untuk mengetahui perasaan atau pemikiran orang lain melalui sebuah permainan cerita sederhana. 

  Untuk bermain kokologi, cukup sederhana, fasilitator akan membacakan sebuah situasi kemudian peserta akan memilih satu dari jawaban-jawaban yang ada. Berikut salah satu contoh kokologi yang bisa digunakan sebagai ice breaking. Caranya, fasilitator membacakan cerita kokologi. Lalu setelah selesai, peserta diminta memilih jawaban mana yang paling sesuai dengan dirinya. Jawaban itu lalu di posting di kolom chat. Setelah semuanya menjawab, baru pilihan jawaban tadi diberikan kunci jawabannya.

Contoh: Di suatu hari yang cerah, kamu dikejutkan oleh ketukan di pintu depan rumahmu. Kamu pun membuka pintu untuk melihat siapa yang berkunjung. Ternyata kamu disambut oleh sepasang hewan yang membawakan amplop berisi kabar dari masa depanmu. Satu hewan membawa kabar membahagiakan dan memuaskan, sedangkan hewan satunya lagi membawa kabar yang berisi bencana dan keputus asaan.

Manakah di antara kelima hewan ini yang membawa kabar baik dan yang mana yang membawa kabar buruk? (Pilih satu hewan berbeda untuk masing-masing)

a. Harimau

b. Anjing

c. Domba

d. Burung beo

e. Kura-kura

Interpretasi:

Pertanyaan ini adalah tentang preferensi kamu dalam memilih pasangan hidup. Hewan yang kamu pilih sebagai pengantar pesan menggambarkan persepsimu terhadap pasangan seperti apa yang kamu nilai membawa kebahagiaan dan kesedihan untukmu.

Hewan yang kamu pilih sebagai pembawa kabar bahagia menggambarkan tipe orang yang kamu nilai sebagai pasangan ideal, sedangkan hewan pembawa kabar buruk menggambarkan tipe orang yang kamu khawatirkan dapat membawamu dalam keterpurukan.

1. Harimau

Kabar baik: Kamu merasa paling bahagia bersama pasangan yang memiliki kemuan yang kuat, ambisius, dan dominan

Kabar buruk: Kamu takut mendapatkan pasangan yang suka memerintah/otoriter

2. Anjing

Kabar baik: Kesetiaan dan pengabdian adalah hal yang wajib ada dalam diri pasanganmu

Kabar buruk: Kamu tidak cocok dengan orang yang selalu mencoba menyenangkan hati orang lain dan terlalu memikirkan apa yang dikatakan orang lain 

3. Domba

Kabar baik: Bagi kamu kunci kepuasan adalah bersama pasangan yang baik hati dan dapat mengayomimu 

Kabar buruk: Kamu takut terjebak bersama seorang yang membosankan

4. Burung Beo

Kabar baik: Tak ada yang paling cocok untukmu selain pasangan yang banyak bicara, suka bercanda, dan tahu bagaimana membuatmu tertawa

Kabar buruk: Kamu tidak cocok dengan orang yang hanya banyak bicara namun malas bekerja 

5. Kura-kura

Kabar baik: Kamu cocok dengan seseorang yang serius, dapat diandalkan, dan selalu ada saat dibutuhkan

Kabar buruk: Pasangan yang lamban adalah mimpi burukmu

sumber : kompastv

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *