Kejahatan Di Dunia Maya

Kejahatan Di Dunia Maya

Kejahatan di dunia maya khususnya di Indonesia semakin lama semakin marak. Hal ini disampaikan oleh Dmitry Bestuzhev dari Kapersky yang memprediksi akan adanya peningkatan kenaikan kejahatan di dunia maya. Ia mengatakan bahwa ada tiga kejahatan yang akan marak di tahun 2021 ini yaitu:

  1. Peretasan akun. Ini bukan hal baru. Semakin hari semakin banyak kita melihat dan mendengar akun akun yang diretas. Padahal sudah sering kali pula kita mendengar peringatan dari banyak ahli untuk mengganti sandi keamanan yang dipakai, namun banyak yang abai. Di tambah lagi dengan semakin meningkatnya kemampuan para peretas ini.
  2. Pemerasan atau yang sering dikenal dengan ransomware. Beberapa film juga sudah mengangkat tema ini ke dalam cerita mereka. Dan jumlah yang diminta pun tidak sedikit. “Bayar atau bla bla bla…” Begitulah ancamannya.
  3. Pencurian Data. belum lama ini marak berita yang menyatakan ada data pelanggan yang dicuri dari sejumlah market place ternama.

Jika dibandingkan data yang ada di tahun 2020 dan 2019, ternyata terjadi kenaikan angka kejahatan yang sangat signifikan. Anda tahu berapa? Misalnya jika angka kejahatan di dunia maya tahun 2019 sebanyak 100. Kira kira menurut Anda berapa angka yang terjadi di tahun 2020? (jawaban ada di bagian bawah artikel)

a). 100 (naik nol persen alias tetap)

b). 150 (naik 59 persen)

c). 200 (naik 100 persen)

d). 300 (naik 200 persen)

e). 500 (naik 500 persen)

Dengan tingkat pertumbuhan angka kejahatan yang diprediksi terjadi di tahun ini, maka kita perlu mempelajari bagaimana caranya supaya kita terhindar dari kejahatan di dunia maya ini. Beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengantisipasinya antara lain:

  1. Adanya fitur back up dalam layanan hosting yang kita gunakan. Ini penting agar kita dapat memback up secara berkala
  2. Adanya SSL. SSL adalah kepanjangan dari Secure Sockets Layer yang berfungsi untuk mengamankan transfer data di dalam website.
  3. Server yang stabil. Pastikan server kita stabil, data center bersertifikasi tier-4 berstandar internasional, dan website dijamin online 24 jam.
  4. Adanya fitur keamanan ekstra. Pastikan sudah didukung Imunify360 yang dapat menangkal berbagai serangan siber, seperti brute force, malware, dan sejenisnya.
  5. Adanya Fitur update otomatis. Jika ada fitur ini kita jadi tidak khawatir lupa mengupdate WordPress, tema, atau plugin. Karena ada fitur auto update yang akan melakukannya secara otomatis.

sumber: niagahoster. gambar: pixabay

jawabannya: e. naik 500 persen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *