Gua Terbesar Di Dunia

Gua Terbesar Di Dunia

Gua terbesar di dunia terletak di Vietnam. Gua ini dinamakan Hang Sơn Đoòng yang terletak di Taman Nasional Phong Nha-Kẻ Bàng, Vietnam, sebagai gua alam yang terbesar di dunia. Gua ini terletak di perbatasan Laos – Vietnam. Ia memiliki sungai bahwa tanah yang airnya mengalir deras. Hang Sơn Đoòng sendiri berarti gua dari sungai yang ada di pengunungan atau gua pegunungan di dekat desa. Umur gua terbsar di dunia ini dipercaya antara 2 hingga 5 juta tahun.

Gua ini pertama kali ditemukan oleh Hồ Khanh, penduduk sekitar yang sedang mencari kayu damar wangi yang biasanya digunakan untuk dupa, parfum, dan untuk membuat ukiran kecil.

gua terbesar di dunia
Gua Terbesar di Dunia

Ketika ia sampai di pintu gua, suara angin dan aliran yang deras yang berasal dari dalam gua, serta turunan yang curam untuk masuk ke dalamnya, membuatnya menghentikan niatnya untuk masuk ke dalam gua. Baru pada tahun 2009 gua tersebut dikenal secara internasional setelah sekelompok penjelajah gua dari British Cave Research Association melakukan survei di Phong Nha-Kẻ Bng dari tanggal 10 hingga 14 April 2009.

Gua ini terbentuk di periode Carboniferous. Lorong utama gua Sơn oòng adalah lorong gua terbesar yang diketahui di dunia berdasarkan volumenya – 3,84×107 meter kubik. Menurut Howard Limbert salah seorang pimpinan ekspedisi yang pernah ke sana. Panjangnya lebih dari 5 kilometer, tingginya 200 meter dan lebar gua 150 meter. Gua ini membentang sekitar 9 kilometer dan diselingi oleh 2 doline (area yg runtuh) besar, yang merupakan area di mana langit-langit gua telah runtuh. Doline memungkinkan sinar matahari masuk ke bagian gua, menghasilkan pertumbuhan pohon serta vegetasi lainnya.

Pada awal Agustus 2013, kelompok turis pertama menjelajahi gua dengan tur berpemandu dengan biaya masing-masing US$3.000. Untuk masuk gua ini diperlukan Izin khusus dan hanya tersedia secara 1000 izin tersedia untuk tahun 2019 dan 2020, yang berlangsung dari Februari hingga Agustus. Setelah bulan Agustus, hujan lebat menyebabkan permukaan sungai naik, membuat sebagian besar gua tidak dapat diakses. Sejak itu, hanya Oxalis Adventure Tours yang memiliki izin memasuki gua untuk tujuan wisata.

sumber dan gambar: wiki, travelandleisure

Newer Post
Older Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *