WFH: 5 Tips Kerja di Rumah Agar Tetap Produktif

Beberapa tips agar WFH bisa lebih produktif ketika work from home (wfh)
Image by DarkWorkX from Pixabay

WFH atau workfromhome – Kerja dari rumah saat ini sedang dianjurkan untuk mencegah penularan virus corona. Berikut beberapa tips agar WFH bisa lebih produktif.

1. Persiapkan Diri Kita

Jangan berpikir bahwa ketika kerja di rumah maka suasananya pun bisa santai, seperti sambil berada di depan televisi. Hal tersebut tentu harus kita hindari sejauh mungkin, karena itu akan mengakibatkan produktivitas kita dalam bekerja menurun.

Persiapkan diri kita sebaik mungkin seperti halnya kita sedang bekerja di kantor. Mandi pagi sebisa mungkin, sarapan, lalu membuat kopi atau teh untuk menemani kerja kita nanti. Membuat suasana seperti halnya di kantor, bisa meningkatkan produktivitas kita saat harus kerja di rumah.

2. Atur Jadwal Kerja Kita

Meskipun kita boleh menentukan jam kerja sendiri, mengatur jadwal secara konsisten sangat penting untuk kelancaran bekerja dari rumah. Tentukan jam kerja sehari-hari dan manfaatkan waktu tersebut secara khusus hanya untuk bekerja.

Atur jam berapa kita meeting online, kapan kita harus menyelesaikan tugas A, kapan menyelesaikan tugas B, jam makan siang, dan waktu untuk kita rehat berhenti bekerja. Dengan hal tersebut, maka kita akan merasa lebih bertanggung jawab sehingga kita tidak akan menunda pekerjaan.

3. Buat Suasana Kerja Kita Seperti Di Kantor

Ketika berada di rumah, sebenarnya kita dapat membuatnya menjadi seperti suasana kantor. Kita dapat menambahkan beberapa elemen lain supaya dapat membuat suasana kantor di rumah. Kita pun harus membuat nyaman tempat kita bekerja,misalnya jika kita nyaman bekerja di sofa, maka kita bisa menjadikan sofa tersebut seperti tempat kerja kita.

Dengan demikian, maka suasana kantor akan tercipta di rumah sehingga menambah produktifitas kerja kamu. Jangan lupa, cari ruang yang tepat untuk menciptakan suasana kantor yang kamu inginkan.

4. Pastikan Koneksi Internet Rumah Bekerja dengan Baik

Saat bekerja dari rumah, tentunya koneksi internet menjadi prioritas utama kita, karena semua pekerjaan atau perintah yang akan diberikan, tentunya membutuhkan jaringan internet yang kuat. Untuk itu, perhatikan lagi koneksi internet yang ada dirumah kita. Jika masih belum baik, maka perbaikilah agar semua pekerjaan kita dapat terselesaikan sebaik mungkin.

5. Rehat Sejenak

Ketika kita sudah berada di titik jenuh saat WFH, maka sebaiknya beristirahat sejenak. Mungkin kita bisa nonton sebentar,atau tidur sejenak. Tapi harus diingat jadwal kita, hindari kita tidur pada saat sebentar lagi mau meeting online, atau kita lupa mengerjakan tugas kantor karena nonton televisi.

Bermain dengan anak atau ngobrol dengan istri tentu bisa membuat kamu lebih segar. Selain itu, kamu juga bisa membeli camilan yang sekiranya dapat menunjang produktivitas kamu ketika bekerja nanti. Setelah itu, tentu kamu harus kembali duduk dan menyelesaikan pekerjaan.

Demikian beberapa tips WFH agar kita tetap produktif dan efektif yang dipaparkan oleh QuickSTART Indonesia. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

#workfromhome #dirumahaja #kerjadarirumah

Tagged with

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *