Trend Slide Presentasi

Trend Slide Presentasi

Salah satu portal untuk kita men-sharing slide presentasi, Slideshare.net –  hari ini me-release data mengenai Trend Presentasi global yang dapat kita gunakan untuk mendesain presentasi kita. Trend presentasi yang di release diambil dari data base yang mereka miliki yang merupakan slide yang di-sharing dari seluruh pengguna Slideshare di seluruh dunia. Berikut Trend Presentasi versi Slideshare

1. Jumlah Slide Presentasi
Secara umum jumlah rata-rata slide presentasi yang digunakan oleh semua pengguna selama 1 tahun adalah 22 slide untuk satu topik. Jika diambil rentangnya maka Slide Presentasi yang paling banyak digunakan ada pada jumlah 10-30 slide presentasi per topik (49%), kurang dari 10 slide (30%), antara 30-50 slide (13%), 50-100 slide (7%) dan lebih dari 100 slide hanya 1%. Jika Anda masih menggunakan slide presentasi dengan jumlah diatas 30 slide, maka sebaiknya Anda mulai menguranginya. Mengapa? Karena kini orang menginginkan slide presentasi yang ringkas dan padat plus banyak gambar. Slide presentasi terpanjang yang diupload sebanyak 2811 slide untuk satu topik.

2. Slide Pria dan Wanita
Hasilnya menunjukkan bahwa wanita menggunakan slide yang lebih sedikit dibanding pria saat melakukan presentasi. Wanita rata-rata menggunakan 22 slide untuk melakukan presentasi sedangkan pria menggunakan 26 slide untuk melakukan presentasi. Namun, keduanya masih dalam jumlah slide yang masuk kategori yang paling banyak digunakan (10-30 slides per topik) sebesar 49%.

3. Format Presentasi
Format presentasi yang aling populer saat ini menggunakan .pptx sebanyak 43% dan .ppt sebanyak 38%. Artinya, format file presentasi yang lebih baru masih jarang digunakan sebagai platform standard.

4. Keynote
Sebagian besar isi slide presentasi adalah keynote (pokok-pokok pikiran). Dengan cara ini maka sang presenter akan mempunyai waktu untuk menjelaskan kepada audience. Dibanding dengan slide yang menampilkan semua isi ke dalam slide (sehingga presenter tinggal membaca), Cara ini lebih baik karena audience akan fokus dan mendengar penjelasan presenter.

5. Gambar
Slide presentasi kini banyak menggunakan gambar untuk membantu menciptakan nuansa sesuai isi slide. Jumlah gambar dalam satu topik presentasi rata-rata 62-72%. Jadi, jangan lupakan gambar dalam presentasi Anda.

6. Font
Tiga font yang paling populer yang digunakan dalam membuat presentasi adalah: Helvetica, Arial dan Calibri (22%). Namun, jumlah terbesar (46%) adalah font-font lain yang masing-masing prosentasenya dibawah 1%.

selamat membuat slide presentasi yang mantap!

gambar: ethos3.com
Trend Slide Presentasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *