Tips Sukses Berbisnis Online

Tips Sukses Berbisnis Online

Oleh: David Dwi Marta.

1. Budayakan Search Engine
Tidak sedikit pebisnis online pemula yang masih ‘prematur’ sangat malas untuk bereksplorasi, mencari informasi, bereksperimen dan enggan mencoba untuk memahami bisnis yang sedang mereka jalani. Setiap tahap, setiap langkah yang dilakukan hanya dengan bertanya kepada orang lain, menunggu informasi dari orang lain, kepada teman, kepada kenalan dan kepada siapa saja yang dianggap lebih pandai, lebih pintar, atau lebih berhasil, lebih sukses, lebih jago dari dirinya. Padahal untuk menunggu jawaban tersebut, untuk menanti sebuah informasi dan untuk mencari sebuah peluang, membutuhkan waktu. Dan waktu tersebut tidaklah singkat. Dan waktu yang digunakan untuk menunggu dan menunggu akan sangat terbuang sia-sia jika tidak dimanfaatkan.

Sikap yang demikian jelas sangat menghambat kesuksesan serta mempertumpul mental intelektual dirinya. Andaikata terdapat sedikit kemauan untuk mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, internet telah memberikan solusinya melalui search engine. Oleh karena itu tanamkan dalam diri Anda sikap untuk ‘budaya’ bertanya kepada search engine (Google, Yahoo, Bing, MSN, Ask dan lain sebagainya). Jika Anda mengalami jalan buntu, mentok tidak dapat mencari jalan keluar, terkurung dalam permasalahan yang sama, jangan pernah menyerah. Tundalah bertanya kepada orang lain. Budayakan bertanya kepada ‘Tuhan’nya internet, yakni search engine. Ribuan orang bahkan lebih pernah mengalami masalah serupa dan mereka menemukan jawabannya dengan cara ini.

Search engine adalah basis data FAQ (Frequently Asked Questions) terbesar di dunia. Sehingga manfaatkanlah dengan baik. Gunakan search engine untuk menjawab semua persoalan Anda secara Instan! Hindari cara-cara konvensional dengan mengirim sms atau email atau chatting dengan teman. Butuh waktu untuk menunggu jawabannya. Dan ingat, mengandalkan panduan teman semata adalah salah satu cara untuk gagal yang paling cepat. Bisnis online menuntut Anda untuk proaktif belajar mandiri dan mencoba-coba atau bereksperimen. Jika Anda benar-benar sudah mentok, barulah bertanya. Karena kesuksesan ada di tangan Anda sendiri dan bukan orang lain.

2. Jangan Takut Akan Gagal
Cara paling ampuh untuk melenyapkan keraguan yang berujung akan kegagalan dalam berbisnis online adalah dengan berani gagal! Mengapa? Karena umumnya hampir semua pebisnis online pasti gagal di awal mula mereka terjun dan mengenal apa itu bisnis online. Namun justru dari kegagalan demi kegagalan yang diperoleh itulah kesuksesan perlahan-lahan mulai menemui titik terang. Karena secara tidak langsung mereka akan belajar dari berbagai kegagalan dan keterpurukan yang dilalui. Mempelajari mengapa terjadi kegagalan. Menelusuri kenapa bisa terjadi sebuah penipuan (scam). Mensiasati secara perlahan bagaimana cara menghindari penipuan dan kegagalan dan lain sebagainya. Berbagai pelajaran tersebut dapat dijadikan pengalaman berharga di waktu yang akan datang. Sehingga untuk kedepannya mereka tidak mengalami kegagalan lagi.

Maka yang harus Anda lakukan pertama kali untuk bisa sukses berbisnis online adalah jangan takut akan gagal! Tidak menjadi masalah untuk gagal di saat sekarang namun jika di masa datang Anda bisa menjadi lebih sukses. Jangan pernah mengeluh, mengadu apalagi menyerah. Tiga sikap tersebut adalah pantangan wajib bagi pebisnis online yang mempunyai mimpi serta cita-cita untuk sukses! Yang bisa dilakukan sekarang hanyalah berusaha dan berdoa dan menjalankan bisnis online dengan jujur, konsisten, penuh semangat serta pantang putus asa. Sekarang masalahnya hanyalah Anda berniat tidak untuk menjalani rangkaian proses tersebut? Ingat, resiko akan selalu ada. Bisnis online maupun bisnis offline selalu penuh resiko yang tidak dapat diduga dan di prediksi. Anda bersedia tidak untuk menanggung resikonya? Anda siap tidak untuk merasakan ‘nikmatnya’ kegagalan?

3. Jangan Ragu Berinvestasi
Salah satu sikap yang mendorong para pebisnis online mengalami kemunduran dan tidak merasakan kemajuan yang jelas adalah karena mereka ragu untuk berinvestasi. Bisnis online juga membutuhkan sebuah modal. Bisnis online memerlukan adanya pengorbanan. Tenaga, pikiran, keringat, waktu, konsentrasi dan lain sebagainya. Hal ini berlaku untuk bisnis offline maupun bisnis lainnya. Memang benar bisnis online relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan bisnis offline, namun bukan berarti bisnis online tidak perlu modal. Oleh karena itu jangan ragu dan jangan pelit untuk mengeluarkan modal tambahan.

Jika Anda berbisnis PPC ( Pay Per Click ), keluarkanlah sedikit modal untuk tambahan membeli domain dan hosting yang menarik atau beriklan. Domain yang bagus, mudah diingat dan singkat akan membuat visitor sering kembali ke situs Anda. Hosting yang bagus menjamin agar situs Anda selalu ‘sehat’. Berikanlah di pelbagai situs penyedia iklan gratis atau pun berbayar adalah media promosi ampuh untuk menjaga situs Anda tetap stabil dari segi kunjungan. Bisnis apa pun yang Anda jalani, keluarkanlah sedikit modal tambahan. Memang agak berat terasa, tapi kalau hasilnya nanti berlipat ganda, mengapa budaya ‘pelit’ masih Anda pelihara ?

Mengeluarkan modal tambahan memang terasa menakutkan dan berat di awal, namun hasil yang di raih bisa jadi berkali lipat dari modal yang Anda keluarkan sebelumnya. Memang tidak ada jaminan pasti berhasil atau modal Anda akan kembali, tapi kalau Anda tidak berani untuk berinvestasi, juga tidak ada jaminan Anda akan berhasil bukan? Namun tentu saja Anda jangan gegabah dalam mengeluarkan modal tambahan. Pikirkan juga keadaan financial Anda. Sesuaikan dengan kemampuan Anda.

4. Sisihkan Waktu Khusus
Salah satu faktor kenapa para pebisnis online gagal adalah, karena mereka tidak meluangkan waktu khusus untuk menjalankan bisnis online. Padahal faktor ini sangat penting. Jika Anda ingin sukses besar, jangan menganggap bisnis online sebagai pekerjaan sepele. Namun anggaplah bisnis online adalah main bisnis Anda. Berikan waktu yang khusus untuk berbisnis online. Dengan menyediakan waktu khusus untuk berbisnis online, membuat Anda akan lebih fokus, Anda akan lebih terarah, Anda akan lebih konsisten dan Anda akan dapat memantau diri Anda sendiri. Karena bisnis online adalah bisnis individu. Anda adalah bos sekaligus karyawan. Jika Anda tidak memiliki waktu serta jadwal yang jelas, akan menjadi seperti apa di masa datang .

Dengan waktu khusus yang Anda berikan, maka Anda akan lebih memperhatikan bisnis online Anda. Faktanya, tidak sedikit pebisnis online yang kurang memperhatikan faktor ini. Mereka menganggap sepele dengan tidak memberikan waktu khusus. Mendapat sedikit hasil yang “lumayan” lantas euphoria lupa sekejap akan tugas dan tanggung jawabnya. Dan akibatnya menjadi setengah hati menjalankan bisnis ini. Hasilnya, keuntungan yang di dapat tidak optimal, bahkan gagal total dan merugi. Atur waktu Anda untuk berbisnis online. Buatlah jadwal. Pada pukul berapa Anda mengurus bisnis online tersebut. Berapa jam dalam sehari Anda duduk di depan komputer untuk bekerja. Anda harus tahu kapan waktunya untuk berbisnis. Silakan atur sesuai kebutuhan Anda. Semakin banyak waktu yang Anda luangkan, maka semakin besar peluang sukses yang Anda miliki.

5. Konsentrasi dan Fokus
Fokus dan konsentrasi. Itulah dua tips bisnis terpenting yang perlu Anda ketahui. Fokuslah di dalam bisnis apa pun yang Anda lakukan. Jangan setengah-setengah. Jangan bercabang. Jangan terbelah. Konsentrasilah pada bisnis tersebut. Karena fokus tanpa konsentrasi maka apa yang Anda perjuangkan akan sia-sia.Fokus bertujuan untuk menjaga bisnis online Anda agar lancar pada jalurnya dan menuju ke tempat tujuan tanpa putus di tengah jalan. Sedangkan konsentrasi memainkan peran supaya bisnis online Anda tidak keluar dari jalur yang ada.

Otak manusia secara alamiah hanya bisa fokus dengan baik ke dalam satu bidang saja. Anda tidak bisa fokus belajar matematika sambil menghafal pelajaran Biologi dalam satu waktu bukan? Hal yang sama berlaku juga dalam berbisnis online. Sebaiknya Anda fokus pada satu bisnis online terlebih dahulu. Dengan demikian seluruh tenaga, waktu dan pikiran Anda akan digunakan pada bisnis yang sedang Anda jalani. Hasilnya? Tentu bisnis yang sedang Anda kerjakan akan menjadi lebih optimal hasilnya dibanding bila Anda memecah fokus Anda ke berbagai bisnis. Misalkan Anda sedang mencoba bisnis PTC, fokuskan diri Anda di sana. Jika Anda fokus mencoba bisnis lainnya, fokuskan juga di sana. Jangan setengah-setengah. Tapi jangan lupa konsentrasi . tanpa konsentrasi dan hanya sekedar fokus bisa-bisa Anda akan terlempar dari jalur yang ada dan tidak dapat sampai ke tempat tujuan. Tips Sukses Berbisnis Online.

6. Buang Pikiran “Instan”
Kesuksesan bisnis online dan bisnis apa pun itu bukanlah sesuatu hal yang instan. Anda tidak akan bisa mendapatkan hasil ribuan dollar hanya dalam sebulan dua bulan berbisnis. Semua butuh proses. Bahkan para ‘sesepuh’ bisnis online pun tidak langsung berhasil dalam sekejap mata. Mereka butuh berbulan-bulan. Mereka butuh bertahun-tahun belajar untuk menjadi sukses. Jika tidak sabar, jika tidak dapat menahan diri, jangan harap Anda akan bisa sukses. Tidak Ada kesuksesan tanpa kesabaran. Itu hukumnya. Sekali lagi, sabar dan jangan menyerah.

Seringkali pebisnis online malah berhenti bersabar padahal kesuksesan tinggal selangkah lagi. Kalau kejadiannya demikian, maka siapa yang rugi? Anda sendiri bukan? Oleh karena itu, sabarlah dalam berbisnis, sabarlah dalam berproses, sabarlah bahkan bila Anda menemui kegagalan sekali pun. Karena orang yang sabar adalah orang yang tidak terburu-buru serta gegabah. Berhati-hati melangkah dan setia dalam menunggu hasil akhir dari sebuah proses adalah faktor penunjang untuk tidak terjerumus di lubang kegagalan.

7. Kuasai Bahasa Inggris
Terakhir namun bukan berarti tidak penting, Anda harus paham bahasa inggris dengan baik. Kenapa? Sebab umumnya situs-situs bisnis yang menghasilkan hasil besar dan membuat Anda dapat meraih komisi yang melimpah dari internet menggunakan bahasa inggris sebagai pengantar. Jika Anda tidak mengerti, maka kemungkinan sukses Anda berkurang secara drastis. Setidaknya Anda dapat pasif mengerti bahasa Inggris. Sehingga dalam menjalankan bisnis online yang Anda kerjakan, Anda tidak terlalu bingung bahkan malah tidak mengerti. Kuasai bahasa Inggris. Karena situs-situs penghasil komisi melimpah hampir menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

sumber: David Dwi Marta, Berbisnis Online, Kata Buku, Yogyakarta, 2010
gambar: kuncibisnis.com
Tips Sukses Berbisnis Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *