Tips Persiapan Interview Beasiswa

Tips Persiapan Interview Beasiswa

Oleh: Irmanita Harsari.

Tips Persiapan Interview Beasiswa. Pengalaman saya ini merupakan satu dari beberapa pengalaman yang pernah dialami oleh penerima beasiswa lainnya. Dimulai dari persiapan kewajiban-kewajiban penyerahan dokumen, persiapan mental psikologis, sampai harapan-harapan indah untuk dapat menjadi pemenang. Keberhasilan dalam mendapatkan beasiswa dimulai dari keberhasilan-keberhasilan kecil yang dimulai dari penulisan personal statement atau motivation letter dan persiapan untuk wawancara. Berikut tips dari saya:

1. Tulis visi dan misi mengapa anda ingin sekali mendapatkan beasiswa yang dituju dengan beruntun, logis, jelas, dan to the point. Visi dan misi ini dapat dilihat dari keterkaitan jurusan yang ingin diambil dalam beasiswa dengan latar belakang pendidikan, bidang pekerjaan, atau pengalaman lainnya dan prestasi yang pernah anda dapatkan, serta harapan anda setelah selesai sekolah nanti. Pihak beasiswa selalu meng-highlight point ini karena ini menggambarkan mengenai karakter, kemampuan, impian dan harapan anda sebagai salah satu kandidat.

2. Cari beberapa universitas yang memiliki jurusan dan kurikulum yang benar-benar anda butuhkan. Point ini menjadi sangat penting karena ini menggambarkan bahwa anda benar-benar berniat untuk mengambil sekolah di negara yang dituju. Anda harus benar-benar mencari dan membaca mengenai kurikulum, biaya sekolah, waktu dimulainya sekolah sampai contact person jurusan di universitas yang ingin dituju. Hal ini akan bermanfaat saat anda ditanya oleh juri saat wawancara mengenai sekolah anda dan saat anda ingin mendaftar ke sekolah tersebut. Jangan lupa juga untuk mencantumkan salah satu nama sekolah di motivation letter karena akan menambah nilai anda.

3. Tulis alasan anda mengapa ingin bersekolah di negara yang dituju. Point ini menjadi sangat penting dalam motivation letter karena ketertarikan anda mengenai negara yang dituju dapat dilihat dari point ini. Biasanya pihak pemberi beasiswa selalu mempertanyakan ini juga pada saat wawancara.

4. Minta tolong pada rekan yang pernah menjadi pemenang beasiswa untuk memeriksa motivation letter anda. Hal ini akan sangat membantu anda untuk mendapatkan pemikiran lain mengenai apa yang sudah anda tulis dalam surat motivasi. Tips Persiapan Interview Beasiswa.

5. Persiapkan wawancara dengan mem-browsing internet mengenai tips dan trik saat wawancara atau latihan dengan rekan yang pernah menjadi penerima beasiswa. Hal ini akan membantu anda pada saat menjawab setiap pertanyaan juri. Jawablah pertanyaan dengan beruntun, terstruktur, tenang, jelas, dan percaya diri, namun tidak sombong. Penampilan juga sangat penting, untuk itu berpakaianlah yang sopan dan formal.

6. Laksanakan dan penuhi setiap kewajiban anda sebagai salah satu kandidat dalam beasiswa. Laksanakan setiap persyaratan yang diajukan pihak pemberi beasiswa, seperti permintaan surat rekomendasi dari dosen atau rekomendasi dari kantor, dan dokumen-dokumen lainnya yang dibutuhkan. Jangan sampai anda gagal, hanya karena anda tidak dapat memenuhi dokumen-dokumen ini.

7. Jangan bergantung pada satu beasiswa. Saya menyarankan anda untuk melamar beberapa beasiswa, supaya peluang untuk mendapatkan salah satunya lebih besar. Walaupun cara ini lebih melelahkan anda, namun percayalah hasilnya akan lebih baik daripada anda bergantung pada satu beasiswa saja.

8. Berpasrah diri dan mengikhlaskan apapun keputusan final dari beasiswa yang anda lamar. Jangan pernah memaksakan diri dan jangan pernah memaksakan Tuhan karena Tuhan tahu yang terbaik untuk umat-Nya. Jika belum berhasil, maka coba terus setiap peluang beasiswa yang ada dan jangan pernah menyerah. Apapun hasilnya, ikhlaskan lah karena rezeki tidak akan kemana:-).

Demikian pengalaman beserta tips dan trik dari saya. Saya berharap anda juga dapat memetik suka duka dari pengalaman saya ini dan dapat mengikuti tips dan trik ini. Namun, semua nya ada di tangan anda. Semoga semua yang saya tulis ini bermanfaat buat kita semua and Good luck for you too:-).

sumber: smurfirma.wordpress.com
gambar: boagcodes.org

Tips Persiapan Interview Beasiswa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *