Tips Menjadi Pembicara yang Percaya Diri

Tips Menjadi Pembicara yang Percaya Diri

Tips Menjadi Pembicara yang Percaya Diri. Hasil riset menunjukkan bahwa 75% orang mengalami kegelisahan sebelum memulai presentasi. Akibatnya presentasi yang akan dilakukannya menjadi tidak maksimal karena kegelisahan yang berlebihan pasti akan berdampak pada tingkat percaya diri seorang pembicara. Pertanyaan yang paling sering muncul adalah, “Bagaimana caranya agar lebih percaya diri saat presentasi?”

Patti Johnson, CEO dari PeopleResult di dalam tulisannya mengatakan bahwa ada enam hal yang jika dilakukan akan membuat siapa pun bisa menjadi pembicara yang lebih percaya diri. Berikut adalah butir-butir pemikirannya. Contohnya dikembangkan sesuai kebutuhan:

1. Jadilah diri sendiri. Jika anda seorang yang menyenangkan, tampilkanlah itu di dalam presentasi Anda. Jika Anda seorang yang formal dengan bicara yang teratur, rapi, terstruktur, maka bawalah itu di dalam presentasi Anda. Tidak ada gunanya berusaha menjadi orang lain dengan pembawaan yang mungkin tidak Anda kuasai. Stop menjadi orang lain! Jadilah pribadi Anda sendiri. Ingatlah bahwa jalan sukses untuk menjadi pembicara yang handal itu banyak. kalaupun Anda mengagumi seseorang, maka belajarlah dari apa yang ada pada orang itu. Setelah itu, kembangkanlah gaya Anda sendiri.

2. Fokus pada memberi. Saat Anda berdiri di depan khalayak, fokuslah pada niat untuk memberi. Bukan untuk yang lain. Dengan fokus pada memberi, maka Anda akan menghilangkan beban berat sebagai pembicara yang harus a, b, c, dll. Dengan fokus pada hal ini Anda akan dapat lebih baik menggali kebutuhan audience ketimbang jika Anda fokus kepada bagaimana cara memuaskan audience. kabar baiknya, jika Anda fokus kepada memberi, tingkat kepuasan audience akan semakin besar.

3. Berlatihlah. Sebanyak mungkin. Berlatih sebelum presentasi dijalankan sangat sangat dianjurkan kepada siapa pun yang akan menjadi pembicara. Tidak peduli sudah seberapa sering ia menjadi pembicara, berlatih adalah tetap 1 hal yang tidak bisa ditinggalkan dan diganti dengan yang lain. Semakin banyak Anda berlatih, akan semakin percaya diri Anda jadinya. Anda bisa bergabung di kegiatan-kegiatan yang membangun skill ini. Misalnya, dengan bergabung di Toastmaster atau organisasi-organisasi yang ada di kantor maupun di masyarakat.

4. Lihat TED Talks. Ada ratusan TED video yang tersebar di internet yang bisa Anda pelajari. Setiap pembicara di TED pasti telah menyiapkan dirinya dengan baik. Cari mana yang cocok dengan Anda, pelajari, modifikasi, terapkan. Di TED, para pembicara berasal dari berbagai latar belakang dan berbagai kepribadian. Dan, semuanya menarik.

5. Videokan saat Anda presentasi. Sekarang ini sangat mudah dilakukan, Anda tidak membutuhkan peralatan yang canggih untuk melakukan hal ini. Cukup dari HP dan minta tolonglah kepada salah satu yang hadir untuk merekamnya. Dengan video ini Anda bisa mengevaluasi diri Anda setelah acara selesai dengan memperbaikinya di lain waktu apakah Anda sudah menjadi pembicara yang percaya diri atau belum. Saat menonton video, mungkin buat orang lain tidak ada kesalahan fatal yang Anda lakukan. Namun, akan sangat berbeda jika Anda yang menontonnya sendiri. Cobalah, karena saya juga melakukannya.

6. Pahami isinya.
Tidak ada hal yang paling menyenangkan dalam menyampaikan sesuatu kepada orang lain kecuali Anda sudah sangat memahami isinya. Dengan memahami isi yang Anda bawakan, akan membuat anda menjadi pembicara yang percaya diri. Bukan berarti Anda harus menghafal mati, tidak. Tetapi memahami gambaran besar akan apa yang Anda sampaikan akan membuat Anda tenang sebelum presentasi dimulai.

sumber: success.com
gambar: confidentpreneur.com
Menjadi Pembicara yang Percaya Diri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *