Tips Hari Pertama Kerja

Tips Hari Pertama Kerja

Oleh: Iwan Pramana.

Hari pertama kerja adalah pengalaman yang menyenangkan sekaligus mendebarkan. Menyenangkan karena kita diterima di tempat yang baru yang akan memberikan suasana baru dengan seperangkat hal-hal baru. mendebarkan karena kita tidak tahu ada apa di sana, sehingga terkadang rasa senang yang bercampur deg-degan itu berkembang menjadi perasaan cemas yang tiba-tiba menyeruak ketika kita semakin dekat dengan tempat kerja yang baru. Berikut adalah tips sederhana untuk menghadapi hari pertama bekerja:

Sebelum sampai di kantor baru
1. Siapkanlah mental sebelum bekerja. Ini bisa dilakukan beberapa hari sebelumnya dengan bertanya kepada teman yang bekerja di sana, atau mempelajari website dan pengalaman saat interview dahulu di tempat yang sama. Terkadang, bisa juga bertanya kepada teman yang bekerja di bidang yang sama akan cukup membantu walaupun teman tersebut tidak bekerja di kantor baru yang akan kita masuki. Intinya adalah, carilah informasi yang membuat kita semakin senang, semakin bersemangat dan semakin ingin segera berada di sana, ditempat yang kita idam-idamkan.

2. Pelajari rute menuju ke tempat kerja. Jika waktunya masih memungkinkan, cobalah beberapa rute alternatif sebagai back up plan sekiranya di rute utama yang sudah kita siapkan ada masalah yang tidak terduga. Ingatlah bahwa: hari pertama bekerja, hukumnya haram terlambat! Lebih baik Anda datang paling pagi dan menunggu kantor buka dari pada terlambat. Sedapat mungkin hindari jam macet dan carilah rute yang nyaman sehingga tidak membuat wajah Anda kusut sebelum sampai di kantor baru.

3. Gunakan pakaian yang pantas (termasuk dari ujung rambut hingga sepatu). Ini sangat bervariasi tergantung bidang pekerjaan dan di mana lokasi bekerjanya. Untuk bidang-bidang yang membutuhkan kreativitas tinggi biasanya tidak terlalu ketat aturannya. tetapi untuk bidang-bidang yang berlabel ‘penampilan itu perlu’ maka pakaian yang formil sangat dibutuhkan. Untuk menjaga agar pakaian yang Anda kenakan tidak kusut dan ‘cerah’ seperti kondisi hati Anda, maka lebih baik di hari pertama ini Anda mengeluarkan sedikit ekstra biaya untuk penampilan Anda. tidak ada salahnya mengeluarkan sedikit biasa lebih tetapi hasilnya maksimal bukan? Ingatlah kata iklan: “Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya.. terserah Anda”

Sampai di kantor baru
1. Tunggulah di tempat yang telah ditentukan. Duduklah dengan tegak. Relax… take a deep breath.. sementara menunggu orang yang akan mengantar Anda ke bos Anda, pasanglah wajah yang antusias dan tersenyum kepada orang-orang yang berlalu lalang di depan Anda. Karena, siapa tahu salah satu dari mereka adalah bos Anda, atau malah bosnya bos Anda..! Waspadalah! Waspadalah!

2. Sambil menunggu, Anda bisa membaca buku yang Anda siapkan sebelumnya. Pilihlah buku-buku yang berhubungan dengan industri di mana Anda bekerja atau yang berkaitan dengan pengembangan karakter. Hindari membaca koran gosip atau yang bernada miring. Ini akan menurunkan image Anda di pertama bekerja. Kalau memang ada hiburan di HP sementara jangan dimainkan dulu. Toh menunggu tidak lama.

3. Saat diperkenalkan, kembangkanlah senyum senyaman dan sebahagia mungkin. bawalah rasa bahagia Anda saat Anda mengetahui diterima bekerja di sana. Karena memang kenyataannya, hari itu Anda adalah orang yang berbahagia. Jangan kalah oleh nervous yang timbul. senyum, senyum dan senyum kepada semua orang.

4. Saat perkenalan, gunakanlah bahasa yang sopan… Ingat… ini hari pertama. Lebih baik menjawab apa yang ditanyakan dan tidak membanggakan diri atas prestasi Anda di tempat yang dahulu. Pakailah hukum yang ampuh ini: Rendah hati itu selalu akan lebih banyak menarik simpati orang lain.

7. Jangan mengeluh tentang kondisi kantor lama. Kalau itu Anda lakukan itu berarti Anda membuka aib Anda sendiri. Dan, orang-orang di kantor baru akan berfikir.. “Wah, jangan-jangan nanti kalau dia pindah kerja lagi, kita akan dibicarakan kejelekan kita juga nih.”

8. Nikmatilah hari ini. This is your day! enjoy.. relax.. jangan keburu-buru langsung tancap gas kalau memang belum ada project yang ditangani. Gunakan hari ini untuk mempelajari dan menghafal orang-orang disekitar. Semakin cepat hafal, semakin baik.

Good luck!

gambar: jobtrakr.files.wordpress.com
Tips Hari Pertama Kerja
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *