Tipe Manajer di Organisasi

Tipe Manajer di Organisasi

Tipe manajer di organisasi bisa dibagi sesuai dengan penggolongannya. Ada 2 penggolongan. Pertama: berdasarkan tingkatannya. Kedua: berdasarkan cakupan aktivitasnya. Mari kita bahas satu persatu. Berdasarkan tingkatannya manajer dibagi menjadi tiga, yaitu:

  1. Manajer Lini Pertama. Tipe manajer ini disebut juga dengan manajer tingkat pertama atau First-line manager. Ini adalah tingkatan terendah manajer. Ia bertanggung jawab atas pekerjaan orang lain. Ia mengarahkan karyawan non-manajemen. Tipe manajer ini tidak mengawasi manajer yang lain. Contohnya adalah Foremen atau Supervisor Produksi dalam suatu pabrik. Manajer Lini Pertama ini juga sering disebut dengan Supervisor. Seorang Kepala Sekolah juga seorang manajer lini pertama, demikian pula dengan manajer tim sepak bola.
  2. Manajer Menengah. Tipe manajer ini disebut juga dengan Middle Manager. Dalam sebuah organisasi, Manajer Menengah dapat mencakup lebih dari satu tingkat. Mereka mengarahkan manajer yang lebih rendah atau kadang-kadang karyawan operasional juga. Mereka bertanggung jawab kepada manajer senior. Prinsip tanggung jawab mereka adalah mengarahkan aktivitas yang mengimplementasikan kebijakan organisasi dan menyeimbangkan dengan permintaan dari manajer mereka dengan kapasitas karyawan.
  3. Manajer Puncak. Tipe manajer ini disebut juga dengan Top Manager. Jumlah mereka relatif lebih sedikit dibanding dua tipe manajer lainnya. Mereka bertanggung jawab untuk keseluruhan kinerja organisasi. Para manajer ini disebut juga dengan Eksekutif. Merekalah yang menetapkan kebijakan operasioanl dan pedoman interaksi organisasi dengan lingkungan. Bisanya jabatan Manajer Puncak adalah Chief Executive Officer

Penggolongan manajer yang kedua adalah berdasarkan cakupan aktivitasnya, yaitu:

  1. Manajer Fungsional atau Manajer Fungsi. Tipe manajer ini bertanggung jawab hanya untuk satu bisang fungsional seperti produksi, pemasaan atau keuangan.
  2. Manajer Umum atau General Manager. Manajer ini membawahi sebuah unit yang kompleks seperti sebuah anak perusahaan atau sebuah divisi. Ia bertanggung jawab atas semua kegiatan dari unit yang dipimpinnya seperti: produksi, operasi dan pemasaran. Sebuah perusahaan kecil biasanya hanya mempunyai seorang manajer umum. Namun, perusahaan besar mempunyai beberapa manajer umum yang bertanggung jawab atas satu divisi.

Yang perlu digaris bawahi adalah: baik Manajer Fungsional atau Manajer Umum melakukan hal yang sama, yaitu: perencanaan, pengorganisasian, memimpin, dan mengontrol.

Sumber: Manajemen, Stoner, Freeman, Gilbert Jr. Gambar: studyinternational.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *