The Power of Kepepet

The Power of Kepepet

The Power of Kepepet adalah buku yang di tulis oleh Jaya Setiabudi, pelaku usaha yang sudah malang melintang di dunia entrepreneur. Buku ini cukup fenomenal karena merupakan sharing pengalaman pribadi yang telah dilakukan penulis selama merintis dan hidup di dunia wirausaha.
The Power of Kepepet terbagi menjadi 6 bagian yaitu:
1. Aneh tapi nyata
The Power of Kepepet bagian ini berisi keanehan-keanehan yang dialami oleh manusia kala kepepet. Pada kondisi normal, hal-hal yang mustahil dilakukan tidak akan dapat dilakukan. Namun, pada kondisi kepepet, hal itu dapat dilakukan.Misalnya: Melompati tembok tinggi saat dikejar anjing, belajar SKS saat besok ujian, kisah pemuda yang tercebur kolam buaya.

2. Bagaimana caranya
Bagian kedua buku ini bercerita tentang bagaimana agar kekuatan itu muncul? Yaitu dengan menciptakan kondisi kepepet. Misalnya, cerita mengenai sejarah DOS yang membuat Microsoft menjadi salah satu perusahaan top dunia. Tips berikutnya adalah dengan memelarkan otak. Jika otot dilatih dengan beban, otak dilatih dengan ‘beban pikiran’. Karena itu, seharusnya saat mendapat masalah kita bersyukur karena bisa berlatih.
Hal berikutnya yang dibahas adalah modal Action. Modal Action adalah modal yang penting karena tanpa action semuanya akan sia-sia. Dan yang menarik adalah menggunakan kata-kata “Bagaimana Harus Bisa” saat kita menghadapi masalah, karena akan memacu kita fokus pada solusi dan bukan pada masalah.

2.5 Terus…
Target dulu baru rencana. Bagian ini hanya tiga halaman. Salah satu hal menarik yang diceritakan adalah jika bermain bola tanpa adanya batasan waktu, pasti kita akan malas karena masih banyak waktu. Tapi, karena kita di pepet waktunya 90 menit, maka kita akan berusaha keras di waktu yang diberikan.

3. Mulai dari…
Bagian berikut dari buku The Power of Kepepet ini adalah bagaimana kita memulai bisnis. Mulai lebih baik dari pada berpikir terus. Ada contoh-contoh usaha yang disampaikan dalam bab ini, antara lain: Usaha Pecel Lele dengan faktor kalinya, Teh Botol, & Warung kopi. Intinya, bisnis akan baik kalau dijalankan dan tidak banyak dipikirkan. kalau-kalau, jangan-jangan, tapi-tapi,.. bisa bisa malah gak jalan bisnisnya.

4. Serba gratis
Di bagian ini diceritakan beberapa bisnis yang bisa di dapat dengan gratis. Contohnya: beli rumah dapat duit, beli mobil dapat duit, Iklan gratis, The Training Hotel, Kafe Iklan. Banyak hal yang bisa di dapatkan dengan gratis. Bagian ini ditutup dengan kata mutiara dari Aa Gym “Kegagalan sesungguhnya adalah ketidakberanian untuk mencoba.”

5. Pake dongkrak
Sebelum membaca The Power of Kepepet bagian lima, akan lebih baik jika tugas-tugas yang ada di bagian awal buku telah dikerjakan semua. Dalam dunia bengkel, dongkrak adalah alat untuk mengangkat yang berat. Sama dengan bisnis, dongkrak dibutuhkan agar bisnis berkembang cepat. Misalnya, bagaimana cara menjual donat 10 ribu perhari? Jika kita menjual seorang diri pasti akan berat. Tapi jika kita membentuk armada penjualan akan lain ceritanya.

6. Aturan pakai
Penggunaan TEPOK ( The Power of Kepepet ) secara berlebihan akan berakibat fatal. (halaman 100) karena itu, mengenali diri dan mengukur kemampuan diri sangat dianjurkan. Jika sakit berlanjut, hubungi mentor.

gambar: The Power of Kepepet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *