Teknik Negosiasi

Teknik Negosiasi

Teknik Negosiasi yang tepat akan menghasilkan hasil yang diinginkan. Tidak hanya oleh satu pihak saja, tetapi oleh pihak-pihak yang terkait. Ada beberapa teknik negosiasi yang bisa digunakan, namun ada satu kesamaannya yaitu bagaimana menghasilkan hasil negosiasi yang menyenangkan dan memenangkan pihak-pihak yang terlibat (win win solution). Berikut adalah salah satu Teknik Negosiasi dengan enam tahapan yang banyak digunakan, yaitu:
1. Persiapan
2. Diskusi
3. Kejelasan Tujuan
4. Negosiasi dengan prinsip semua pihak menang
5. Persetujuan
6. Implementasi

1. Persiapan
Sebelum negosiasi berlangsung, perlu diputuskan terlebih dahulu:
– kapan proses negosiasi akan dijalankan
– dimana proses akan dilakukan
– waktu yang dialokasikan
– siapa saja yang hadir
– fakta dan data apa saja yang sudah didapat (sementara)
– cakupan atau batasan masalah yang akan dibahas
Hal-hal ini perlu dibahas terlebih dahulu agar kita mengetahui dengan tepat posisi kita sebelum negosiasi dimulai. Selain itu juga agar proses negosiasi berjalan lancar dan untuk mencegah masalah menjadi berkelanjutan sekiranya proses negosiasi berjalan tidak sesuai dengan yang diharapkan.

2. Diskusi
Di sesi ini diskusi dilakukan antara kedua belah pihak untuk memahami posisi masing-masing dan situasi yang sedang terjadi. Penting sekali untuk menyamakan persepsi di tahap ini karena tahap-tahap selanjutnya akan dibuat berdasarkan hasil yang di dapat dari tahap ini. Di tahap ini, secara bergantian pihak pihak yang terlibat menyampaikan pendapatnya mengenai kasus yang dihadapai sesuai dengan pandangan mereka.
Ketrampilan kunci yang dibutuhkan dalam tahap ini adalah:
– Mendengar
– Bertanya
– Mengklarifikasi
Hindari opini pribadi yang berlebihan yang menyerang pihak lain serta sedapat mungkin sampaikan fakta-fakta yang ada dengan bukti-bukti yang mendukung. Dan yang paling penting, Masing-masing pihak harus memiliki kesempatan yang sama untuk menyajikan kasus sesuai versi mereka.

3. Kejelasan Tujuan
Dari tahap sebelumnya di dapat hasil berupa tujuan masing-masing pihak, harapan dan keinginan serta sudut pandang yang kesemuanya masih perlu untuk diklarifikasi satu per satu. Karena itu, untuk menghindari kesalah pahaman dan meluasnya kasus, adalah penting untuk menulis hasil-hasil ini sehingga semua pihak dapat memahami posisinya diantara yang lain.
Di tahap ini klarifikasi perlu untuk mencari kesamaan dasar diantara pihak-pihak yang terlibat. PENTING: Klarifikasi adalah hal dasar yang wajib dimiliki oleh mereka yang terlibat dalam negosiasi. Tanpa melakukan klarifikasi, kesalahpahaman akan muncul dan setiap pihak akan cenderung bertahan pada posisinya masing-masing.

4. Menghasilkan solusi Menang-menang
Pada tahap ini semua peserta fokus kepada solusi menang-menang dimana pihak-pihak yang terlibat merasa sama-sama mendapatkan sesuatu yang positif dari proses negosiasi yang dilakukan dan mereka merasa bahwa pendapat mereka, sudut pandang mereka dalam melihat permsalahan sudah dimasukkan dalam pertimbangan ketika akan membuat keputusan.
Solusi menang-menang adalah solusi terbaik ketika bernegosiasi. Walaupun ini tidak selalu bisa diwujudkan, namun hendaknya ini menjadi tujuan utama ketika kita melakukan negosiasi. Alternatif lain yang disa diambil adalah kompromi. Walaupun tidak sebaik menang-menang namun, hal ini lebih baik dari pada tiap orang berpegang pada pendapatnya masing-masing sehingga tidak tercapai kesepakatan.

5. Persetujuan
Persetujuan bisa dicapai ketika saling pengertian antara kedua belah pihak terjadi dan semua kepentingan telah dipertimbangkan. Adalah penting bagi semua pihak yang terlibat untuk terbuka terhadap solusi yang ditawarkan pihak lain dan tidak berpegang pada pihaknya sendiri. Karena itu hendaknya persetujuan dibuat sejelas mungkin untuk menghindari adanya kesalahpahaman di masa depan.

6. Implementasi
Tahap implementasi adalah tahap yang penting karena semua pihak diharapkan dapat memegang komitmennya seperti yang tercantum dalam persetujuan yang telah dibuat.

sumber: www.skillsyouneed.com/ips/negotiation.html#ixzz4ADIkRWoG

sumber: skillsyouneed.com
gambar: hrlady.co.nz
Teknik Negosiasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *