Teka Teki Silang

Teka Teki Silang

Teka teki silang adalah salah satu hal yang bisa digunakan sebagai sarana untuk membuat suatu aktivitas pelatihan yang menarik.
Kami melakukan beberapa kali aktivitas Teka teki silang ini di dalam beberapa sesi pelatihan di kelas-kelas dengan topik yang berbeda.
Ternyata respon yang diberikan peserta cukup positif terhadap penggunaan teka teki silang sebagai salah satu aktivitas pelatihan yang dikategorikan menarik.
Jika ingin mencobanya, cobalah dulu dengan satu topik yang biasa disampaikan dalam 1 sesi / 2 jam. Jika telah mahir, baru ditingkatkan kompleksitasnya.

Tujuan aktivitas pelatihan
– Mempelajari materi pelatihan dengan cara yang berbeda
– Melatih kerjasama kelompok dalam memecahkan masalah

Peserta aktivitas pelatihan
– Kelompok / individu

Waktu aktivitas pelatihan
Belajar singkat sebelum memulai: 5 menit
Eksekusi: 10 menit
Pembahasan hasil: 10 – 15 menit

Peralatan aktivitas pelatihan:
– Teka teki silang yang sudah disiapkan. Bisa berupa kertas atau tampilan di layar (dalam bentuk presentasi)

Setting aktivitas pelatihan
– Tidak diperlukan setting khusus.

Kapan digunakan aktivitas pelatihan ini?
1. Untuk mereview bahan pelatihan yang sudah diberikan. Ini bisa dilakukan di sore hari setelah rehat sore. Gunakan untuk mereview dengan cara memberikan teka teki silang, kemudian dibahas hasilnya. Berikan hadiah bagi yang menjawab paling banyak benarnya, untuk seru-seruan. Alternatif lain, pilihlah waktu pagi hari untuk mereview bahan yang kemarin telah diberikan. Jadi, sebelum membahas topik hari itu, peserta belajar lagi materi kemarin agar konektivitas dengan materi hari itu masih terjaga.

2. Untuk materi yang sifatnya banyak dan perlu dihafal (bukan yang membutuhkan penjelasan). Untuk jenis ini, adalah efektif menggunakan teka teki silang karena mempermudah menghafal karena ada bantuan berupa satu dua huruf yang sudah dimunculkan di teka teki silangnya.

Jangan digunakan bila:
Materi yang disampaikan perlu penjelasan yang lebih. Sehingga akan sulit untuk membuat soalnya. Lebih baik gunakan metode lain untuk menjelaskannya.

Debrief
Tidak ada debrief khusus yang dilakukan karena ini bagian dari perjalanan training dari awal hingga selesai. Silahkan ditutup dengan pandangan umum dari fasilitator atau bisa juga membahas pertanyaan yang belum tuntas.
Selamat mencoba!

gambar:fodim-uaj.blogspot.co.id
sumber: Iwan Pramana, 18 Aktivitas Pelatihan Populer, Insan Mandiri Cendekia, 2016
Aktivitas Pelatihan Teka teki silang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *