Strategi Menentukan Harga Jual

Strategi Menentukan Harga Jual

Mengingat begitu pentingnya menentukan harga jual suatu produk atau jasa, ada pepatah yang mengatakan “ada harga ada barang” pastinya komponen harga ini mempunyai pengaruh psikologis yang strategis terhadap barang dan jasa yang ditawarkan. Perlu pemikiran dan riset serius untuk menentukan harga agar tepat arah dan sasaran serta terhindar dari kegagalan.

Berikut beberapa strategi yang dapat menjadi pertimbangan dalam menentukan harga:

A. Strategi pada produk baru
1. Harga skimming: Strategi skimming price adalah menetapkan harga produk baru dengan harga awal tinggi. Harga kian menurun seiring waktu berjalan. Produk elektronik dan sejenisnya kerap menggunakan strategi ini dalam melakukan penetrasi pasar. Misalnya: Nokia, laptop, PC, dan lain-lain.

2. Harga penetrasi: Strategi harga penetrasi dilakukan dengan cara menentukan harga awal sangat rendah. Tujuannya dengan harga murah konsumen akan lebih tertarik untuk mencoba. Penetrasi pasar akan berjalan cepat dan harapannya memberikan kesempatan membangun loyalitas kepada konsumen.

B. Strategi Psikologi konsumen
1. Harga bergengsi: strategi harga prestige price adalah menetapkan harga tinggi agar terbentuk produk image yang umumnya mengutamakan kualitas.

2. Harga ganjil: strategi harga odd price adalah menetapkan harga yang ganjil atau sedikit di bawah harga yang telah ditentukan dengan tujuan secara psikologis memberikan kesan lebih murah kepada pembeli. contoh: harga Rp 100.000 menjadi Rp 99.990

3. Harga rabat: strategi harga multiple unit price adalah memberikan potongan harga tertentu apabila konsumen membeli dalam jumlah tertentu. Potongan harga yang diberikan bukan berupa harga namun diberikan dalam bentuk barang. Contoh: beli 3 dapat bonus 1

4. Harga lini strategi: strategi line pricing adalah memberikan cakupan harga yang berbeda pada lini produk yang berbeda. Contoh: harga tiket bioskop XXI atau 21 Premier relatif lebih mahal dibanding studio 21 dengan film yang sama

5. Pemimpin harga: strategi leader price adalah menetapkan harga lebih rendah dari pada harga pasar (harga normal) demi meningkatkan omzet. Contoh: biasanya ritel jenis hipermarket memberikan promisi harga yang lebih murah dibanding supermarket biasa

C. Strategi potongan harga
a. Harga diskon: strategi harga diskon (rabat) pada penjual adalah strategi dengan memberikan potongan harga untuk meningkatkan penjualan. Diskon dapat diberikan dalam bentuk kuantitas (untuk jumlah tertentu), pembayaran tunai, atau tukar tambah (trade discount)

D. Harga Kompetitif
1. harga Relatif: strategi relative price adalah menentukan harga di atas, di bawah atau sama dengan tingkat harga persaingan di mana gerakan harganya mengikuti gerakan pesaing.

2. Mengikuti harga yang ada: strategi follow the leader price adalah penetapan harga produk baik barang maupun jasa diserahkan kepada pimpinan pasar dan mengikuti harga produk sejenis.

sumber: Majalah eksekutif edisi 374, Januari 2011
gambar: farberwarefoodstorage.com
Strategi Menentukan Harga Jual
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *