Sistem Nilai

Sistem Nilai

Sistem Nilai adalah salah satu metode yang yang sering digunakan untuk meningkatkan motivasi peserta pelatihan selama sesi berlangsung. Menggunakan metode dan alat yang mudah membuatnya banyak digunakan untuk menarik minat peserta untuk terlibat lebih baik dalam pelatihan yang sedang dilakukan. Metode impraboard kami dapatkan dari Pak Sebastian Simand sedangkan menggunakan koin karambol kami dapatkan dari Ibu Mia Juliana.

Tujuan aktivitas Sistem nilai
– Meningkatkan motivasi peserta

Peralatan & bahan:
– impraboard atau
– uang logam / koin karambol (koin)
– gunting
– spidol
– cat/sprayer

Proses pembuatan:

  • Dalam pembuatan Sistem Nilai yang diperlukan adalah impraboard atau uang logam atau koin karambol. Untuk impraboard bisa dipotong-potong kecil berbentuk pesegi panjang, ukuran 5cm x 2cm misalnya. Gunakan beberapa warna impraboard yang berbeda untuk beberapa nilai yang akan digunakan. Untuk uang logam dan koin karambol tidak perlu di-treatment apa-apa.
  • Untuk bahan impraboard, tahap berikutnya adalah memberi nilai. Untuk memudahkan berilah nilai yang sama untuk warna yang sama. Misalnya: impraboard warna merah bernilai 25, kuning 50, hijau 75 dan biru 100. Jumlah warna impraboard yang digunakan tergantung kebutuhan Bapak / Ibu saat menjalankan sesi kelas. Untuk memberi kesan yang cantik, gunakan cetakan angka untuk setiap nilai yang dicantumkan di impraboardnya. Proses pembuatan sistem nilai dengan impraboard sudah selesai.
  • Untuk bahan koin, proses awalnya adalah dengan di cat terlebih dahulu. Untuk warnanya bisa dengan menggunakan metode yang sama dengan impraboard atau cukup dengan satu warna saja. Jika dengan satu warna. Setelah kering, barulah diberi nilai di tiap-tiap koinnya.Cara penggunaan:
  • Sebelum kelas dimulai sampaikan bahwa semua aktivitas yang akan dilakukan selama sesi awal hingga kelas berakhir akan diperhitungkan aktivitasnya. Di hari terakhir sesi terakhir akan di pilih kelompok dengan nilai tertinggi dalam hal aktivitas di kelas yang meliputi: presentasi, diskusi, tanya jawab, dll.

koin karambol

  • Sampaikan pula bahwa aktivitas ini juga berlaku untuk individu. Di akhir kelas, akan dipilih individu yang paling aktif untuk mendapatkan hadiah dari panitia.
  • Sehingga dengan demikian, setiap ada aktivitas, maka fasilitator akan membagikan nilai / point kepada kelompok yang berhasil / melakukan terlebih dahulu / merespon dengan baik akan aktivitas yang sedang dilakukan.
  • Beberapa contoh aktivitas yang mendapatkan point: tidak terlambat, selesai terlebih dahulu mengerjakan tugas, kelompok komplit terlebih dahulu setelah jam rehat berakhir, menjawab pertanyaan, menanggapi pertanyaan, presentasi, dll
  • Selamat mencoba!gambar: Bukalapak.com, impraboard.id
    Sistem Nilai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *