Richard Branson

Richard Branson

Sir Richard Charles Nicholas Branson lahir di Blackheath, London pada tanggal 18 Juli 1950, adalah seorang pengusaha asal Inggris, yang sangat dikenal karena telah mendirikan 360 perusahaan di bawah bendera Virgin Group.
Ketika ia bersokolah di Stowe School ia mulai menerbitkan majalah ‘Student’, kala itu usianya baru 16 tahun. pada usia 17 tahun ia mendirikan Student Advisory Centre yang merupakan sebuah layanan cuma-cuma untuk membantu kalangan muda.
Pada tahun 1970 ia mendirikan Virgin sebagai sebuah pengecer rekaman dengan cara mail order dan tak lama setelah itu ia membuka sebuah toko rekaman di Oxford Street, London.

Pada tahun 1972 sebuah studio rekaman dibangun di Oxfordshire dan disitulah artis Virgin pertama, Mike Oldfield merekam “Turbular Bells” yang diluncurkan pada tahun 1973. Album ini terjual sampai lebih dari 5 juta kopi. Sejak saat itu banyak nama populer termasuk Belinda Carliste, Genesis, Phil Collins, Janet Jackson dan The Rolling Stones telah membantu menjadikan Virgin Music salah satu diantara enam perusahaan rekaman terbesar dunia.
Virgin Group kini berkembang menjadi Megastore untuk musik internasional, maskapai penerbangan dan bisnis-bisnis dalam bidang seluler, keuangan, eceran, musik, internet, minuman, kereta api, hotel, dan lain-lain hingga lebih dari 330 perusahaan di 30 negara.

Virgin Atlantic Airways yang berdiri pada tahun 1984 sekarang menjadi perusahaan penerbangan internasional jarak jauh kedua terbesar di dunia. Maskapai ini mempunyai strategi memberikan penawaran layanan kompetitif tetapi tetap bermutu tinggi untuk para penumpangnya. Pada tahun 1997 Virgin mengambil alih dua perusahaan perkeretaapian Inggris yang hampir bangkrut, CrossCountry & West Coast Main Line.

Richard Branson juga aktif di beberapa lembaga amal termasuk Virgin Healthcare Foundation yang bergerak dalam pelaksanaan kampanye pendidikan kesehatan yang berhubungan dengan AIDS pada tahun 1987. Yayasan tersebut juga terlibat dalam kampanya Parents Against Tobacco.

Pada tahun 1986. Ia juga beberapa kali melakukan perjalanan yang membahayakan dalam memecahkan beberapa rekor dunia seperti menyeberangi samudra Atlantik dengan “Virgin Atlantic Challenger II (perahu layar) & Virgin Atlantic Flyer (balon udara).
Pada Desember 1999, ia dianugerahi gelar bangsawan dari Ratu Inggris atas jasa-jasanya dalam pengembangan kewirausahaan. Richard Branson adalah orang terkaya ke-261 menurut daftar orang terkaya 2009 versi Forbes, dengan estimasi kekayaan £2.6 miliar (US$3.9 miliar)

sumber: 9 Prinsip Sukses dari CEO Perusahaan Raksasa Virgin Group Richard Branson, Ufuk Press, 2006, wikipedia.org
gambar: under30ceo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *