Rahasia Membangun Hubungan Baik

Rahasia Membangun Hubungan Baik

Rahasia Membangun Hubungan Baik. Orang selalu bertanya-tanya kalau ada kata rahasia. Pasti sesuatu yang penting dan berharga. Namun, Rahasia membangun hubungan baik dengan orang lain yang disampaikan oleh Mark Sanborn dalam bukunya The Fred Factor bukanlah hal-hal yang baru. Sebagian besar dari kita telah melakukannya dan sangat fasih dan mumpuni dalam teorinya. Namun, pertanyaan berikutnya adalah, “Apakah sudah kita praktekkan ketujuh rahasia ini?”
Ia mengatakan bahwa ada tujuh rahasia yang bisa digunakan baik untuk memulai hubungan atau pun memperbaiki hubungan dengan orang lain.

Menurutnya, rahasia membangun hubungan baik ini kian menjadi barang langka seiring dengan perkembangan teknologi. Jika Anda bergerak di bidang pelayanan konsumen, maka dengan mengetahui hal-hal ini akan dapat meningkatkan performa Anda dalam melayani konsumen Anda.
Prinsip-prinsip yang ada dalam rahasia membangun hubungan ini dapat digunakan untuk memperbaiki hubungan di rumah maupun di tempat kerja. Berikut adalah ketujuh rahasia tersebut:

1. Be Real. Menjadi diri sendiri. Menjadi diri sendiri jauh lebih baik dari pada menjadi ‘orang lain’. Ini adalah rahasia pertama dan utama. Jika Anda menjadi orang lain dalam membina hubungan, maka cepat atau lambat topeng yang Anda kenakan akan terbuka baik disengaja maupun tidak disengaja. Rahasia menjadi diri sendiri cuma satu: Apa adanya. Tidak ditambah-tambah dengan hal-hal yang bukan menjadi diri kita. Tentu saja kita harus selalu melakukan perbaikan, menambah value added diri, meyakininya dan membuatnya menjadi komitmen yang akan dijalankan dengan sungguh-sungguh. Karena prasyarat awal untuk membangun hubungan yang baik adalah kepercayaan. dan itu hanya bisa timbul secara utuh dan murni jika kita menjadi diri sendiri.

2. Be Interested (not just interesting). Bersikap tertarik (bukan hanya sekedar menarik). Banyak dari kita setuju bahwa kita akan tertarik kepada orang yang menarik perhatian kita. Namun, orang akan lebih tersanjung ketika ada orang yang ingin mengenal Anda lebih jauh dan mengetahui mengenai diri Anda lebih baik. Apalagi jika hal itu terkait dengan bagaimana nantinya mereka dapat melayani Anda dengan lebih baik. Inilah rahasia mengapa ada orang yang selalu dicari dan ada orang yang selalu dihindari. Karena yang pertama selalu membuat lawan bicaranya menjadi tokoh utama sementara yang kedua sebaliknya.

3. Be a Better Listener. Menjadi pendengar yang lebih baik. Saat kita mendengarkan orang lain dengan lebih baik, maka akan ada lebih banyak informasi yang bisa kita gunakan untuk dapat meng-create value bagi orang tersebut. Ini adalah rahasia umum yang banyak digunakan oleh mereka yang bergerak di bidang riset. Berusaha memahami dan menghargai apa yang mereka inginkan akan meningkatkan nilai dari apa yang bisa Anda berikan kepada mereka.

4. Be Empathic. Berempati. Jika tertarik atau menaruh minat kepada orang lain dan berupaya untuk mengenali mereka dengan mendengarkan mereka, kita akan lebih mudah memahami perasaan mereka. Inilah empati, salah satu rahasia besar untuk membangun hubungan baik dengan orang lain. Kebutuhan untuk dimengerti adalah salah satu kebutuhan tertinggi manusia, tapi orang yang mengenal kita acap kali tidak peduli atau berupaya memahami perasaan kita sesungguhnya.
Dua ribu tahun lalu seorang yang bernama Philo Judaeus berkata,”Bersikap baiklah. Setiap orang yang kau temui sedang menghadapi pertarungan yang berat.” Ini rahasia untuk bersikap empati.

5. Be Honest. Jujurlah. Jujur sangat dekat dengan integritas. Mengatakan apa yang dilakukan adalah hal yang penting yang wajib dilakukan di dunia apa pun kita berada. Dengan contoh mudah, jangan membuat janji yang tidak bisa Anda tepati. Jangan menimbulkan harapan yang tidak bisa Anda penuhi.Hindari memberikan janji yang muluk-muluk.

6. Be Helpful. Bersikap menolong. Hal kecil dapat membuat perbedaan besar. Hal-hal besar yang diingat biasanya adalah hal-hal kecil yang dilakukan secara disiplin dan konsisten. demikian pula dalam menolong orang lain. Menahan pintu ketika ada orang lain yang akan lewat adalah contoh sederhananya.

7. Be Prompt. Bersikap tepat waktu. Bagi beberapa orang, waktu yang mereka miliki jumlahnya lebih sedikit dari pada uang yang mereka miliki. Karena itu membantu mereka dengan bersikap tepat waktu dan efisien adalah hadiah yang bernilai tinggi.

Literatur : Mark Sandborn, Fred Factor, Waterbook Press, 2004
gambar: uis.edu
Rahasia Membangun Hubungan Baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *