Prinsip Miliarder

Prinsip Miliarder

Berikut adalah versi ringkas dari ebook karangan Tung Desem Waringin dengan judul: 24 Prinsip Miliarder yang Mencerahkan.” Prinsip Miliarder ini diperoleh beliau dari interaksi dengan para miliarder dunia, dipoles, di praktekkan dan menghasilkan. Berikut adalah Prinsip Miliarder tersebut:

Prinsip Miliarder 1 : Membuat Nilai Tambah
Apa maksudnya Nilai Tambah? Ketika kita jujur, jujur adalah nilai tambah. Tetapi ketika semua orang jujur, jujur adalah nilai standard. Dalam hidup kita harus mempunyai nilai tambah dibanding orang lain. Apa pun di dalam hidup ini, kita harus membuat nilai tambah. Dan ketika ada nilai tambah, kita akan jadi kaya. Seperti definisi uang itu sendiri, uang adalah alat tukar nilai tambah. Ketika kita mau dapatkan uang yang banyak, kita harus selalu tanya: “Apa Nilai Tambah Kita?”. Ketika kita berhasil membuat nilai tambah yang lebih banyak dari orang lain, maka uang akan mengejar kita.

Prinsip Miliarder 2 : Faktor Kali
Yang dimaksud faktor kali adalah sesuatu hal yang sekali kita sentuh akan berefek multiplier.
Orang-orang yang kaya sekali menggunakan nilai tambah dan faktor kali. Misalnya ia punya bengkel, ia menggunakan karyawan tambahan, ia memperluas bengkelnya, ia menggunakan teknologi sehingga ia bisa melayani dengan sangat-sangat lebih cepat dan lebih baik lagi, kemudian ia juga membuka cabang, kemudian ia menjual franchise, itu adalah faktor kali.

Namun harus hati-hati, orang yang celaka di dalam hidup, mereka tidak mempunyai nilai tambah dan mereka tidak menerapkan Prinsip Miliarder ini. misalnya mereka bekerja sehari-hari dan terus bekerja dengan biasa saja & fungsi mereka bisa digantikan dengan orang lain. Otomatis ia tidak mempunyai nilai tambah karena bisa digantikan oleh orang lain.

Prinsip Miliarder 3 : Peluang ada di mana-mana.
Apa pun yang kita lihat sebetulnya sudah menghasilkan uang bagi seseorang yang lain atau pun bisa menghasilkan bagi orang lain atau pun bagi kita. Contoh Prinsip Miliarder ini: Apa yang kita lihat sekarang? Kalau misalkan kita melihat lantai, lantai menghasilkan uang untuk orang yang membuat lantai dan memasang lantainya. Kita lihat rambutnya, rambut juga sama. Rambut menghasilkan uang untuk orang yang jualan shampoo, untuk salonnya. Nah, kita harus selalu sadar bahwa apa pun yang kita lihat bisa menghasilkan uang: Peluang ada di mana-mana.
Begitu banyaknya orang, begitu bangun sampai tidur selalu berkata: “ah, saya tidak menemukan peluang” atau “dalam hidup ini tidak ada peluang”. Sebetulnya hal itu salah karena yang benar adalah peluang ada di mana-mana. Buka mata Anda buka pikiran. Peluang tidak dilihat dengan mata tapi Peluang dilihat dengan pikiran kita.

Prinsip Miliarder 4 : Be, Do, Have.
Prinsip Miliarder ini telah terbukti sukses dan digunakan oleh orang-orang kaya di dunia. Banyak sekali orang yang langsung ingin kaya, ingin langsung Have, langsung mempunyai. Percaya tidak, kalau seseorang tidak Menjadi (Be) dulu dan Melakukan (Do) dahulu untuk Menjadi Kaya (Have), dan tiba-tiba langsung kaya, maka dia akan tetap miskin.
Kalau dia secara mental, mindset, tingkah lakunya, habitnya, atau Do nya adalah orang miskin walaupun sekarang kaya, maka dia akan tetap miskin juga. Contoh: Mike Tyson, seumur hidupnya dia membuat uang sekitar 300 Juta USD, tepatnya 312 Juta USD atau 3,000 milyar rupiah. Ternyata baru umur 40 tahun, Mike Tyson sudah menyatakan bangkrut dan masih utang 35 Juta US atau 350 Milyar Rupiah.

Prinsip Miliarder 5 : Belajar, Bukan Menyalahkan
BEJ adalah singkatan dari: “B” dari Blame menyalahkan Orang Lain; “E” dari Excusess beralasan; “J” dari Justify Menghakimi/ Membenarkan. Orang-orang yang miskin, ketika terjadi sesuatu hal di dalam hidupnya dia, dia sibuk BEJ. Blame: Dia menyalahkan lingkungannya, dia menyalahkan negara, menyalahkan presidennya, bahkan menyalahkan orang tuanya, bahkan pula menyalahkan engkongnya, karena dilahirkan miskin makanya sekarang dia merasa sebagai turunannya orang miskin. Atau menyalahkan pendidikannya, menyalahkan umurnya, menyalahkan bahwa dia merasa tidak ada peluang, dia selalu menyalahkan. Lalu dia juga Excuse/ beralasan: Saya masih muda, saya masih belum belajar, saya belum pengalaman. Ini yang menyedihkan, orang-orang yang selalu BEJ seringkali yang dia katakan adalah kebenaran, tetapi saya tegaskan sekali lagi bahwa kebenaran itu TIDAK ADA MANFAATNYA!

Nah Prinsip Milyarder yang diceritakan disini adalah SELALU BELAJAR, bukan menyalahkan. Pertanyaan saya: Sudah BELAJAR apa Anda hari ini? Belajar apa yang akan membuat Anda jadi lebih baik? Selalu tanya hal ini tiap hari, sehingga apa pun yang terjadi dalam hidup ini, kita beri arti yang akan membuat kita menjadi lebih baik.

Prinsip Miliarder 6 : Alam Semesta Itu Berlimpah, Tidak Ada Kekurangan, Kecuali di Dalam Pikiran Kita Sendiri.

Prinsip Miliarder ini berkaitan dengan Alam Semesta. Dikatakan oleh rekan saya yang sangat sangat kaya, Robert Kiyosaki, dia ngomong begini, bahwa kekayaan di alam semesta ini seperti samudra yang begitu luasnya yang tidak akan habis-habisnya kalau kita ambil karena masih akan ada hujan masih ada air sungai masih ada air tanah yang akhirnya kembali ke kekayaan tadi. Dan dikatakan oleh Robert Kiyosaki bahwa tolong dipastikan ketika kita ngambil air dari samudra tadi atau mengambil kekayaan tadi, Please deh.. setidaknya Anda bawa ember, ember itulah pikiran Anda. Jangan mengambil dengan sendok teh karena kalau Anda ambil dengan sendok teh nanti cucu anda akan omong: loh kok Anda dari jaman dulu tidak kaya-kaya, karena Anda bawanya pake sendok teh sih.. Jadi Selama Anda membuat nilai tambah sedemikian banyak dan mengambil kekayaan di alam semesta ini Anda akan tetap berkelimpahan.

Prinsip Miliarder 7 : Mereka Yang Memberi, Pasti Menerima.
Kedengarannya Prinsip Miliarder ini kontroversial: Loh memberi, kok menerima. Ketika saya paham ilmu ini, saya bisa mendapatkan kekayaan dengan sangat cepat, bahwa semakin banyak kita memberi nilai tambah, kita akan semakin banyak menerima uang. Semakin kita banyak memberi nilai tambah kepada banyak orang sekaligus yaitu dengan menggunakan faktor kali, maka kita akan mendapatkan uang lebih banyak dengan lebih cepat. Fokus: Selalu beri nilai lebih dari yang kita terima. Kalau kita hanya menerima 100, dan juga kita memberikan hanya senilai 100, berarti kita pas dan layak untuk tidak naik gaji. Kalau kita mau mendapatkan banyak, kita harus beri lebih banyak lagi.

Prinsip Miliarder 8 : Win – Win.
Apakah maksudnya Win Win? Win (tangannya menunjuk ke orang lain lebih dahulu), baru Win (tangannya menunjuk ke diri sendiri). Salah satu contoh, ketika kita bisa memastikan orang lain Win terlebih dahulu, maka kita akan bisa menjadi Win. Jangan Win dan kita Lose / kalah, tidak boleh juga. Jadi ketika kita memastikan Orang lain Win, dan kita Win, Prinsip ini adalah sangat-sangat mencerahkan, membuat orang lain sangat kaya, membuat orang lain sangat bahagia, hidupnya lebih mudah, dan inilah yang harus kita tempuh: Win and Win, orang lain kita pastikan dulu Win, baru kita pastikan diri kita juga Win.

Prinsip Miliarder 9 : Selalu Open Mind Atau Terbuka.

Enjoy!!” Selalu open mind atau selalu terbuka, bukannya menjadi “Mr. Ya Tapi..”, “Mrs. Ya Tapi..” atau “Miss Ya Tapi…”. Jadi selalu di prinsip ke 9 ini kita harus selalu terbuka terhadap peluang-peluang dan ide-ide: Kalau dia bisa caranya gimana yah? Tepatnya Bagaimana? Caranya aplikasikan di sini bagimana? Dan sebagai akibat-akibat dari pertanyaan-pertanyaan seperti itu hidup kita akan lebih baik dengan berpikir tebuka.

Prinsip Miliarder 10 : Kata-Kata Berkuasa.
Apa maksudnya kata – kata berkuasa? Maksudnya adalah bila kita menggunakan kata – kata yang positif, tanpa sadar hati kita menjadi positif juga dan emosi kita menjadi lebih baik dan kita mengambil Take Action jadi yang lebih baik. Dibandingkan jika kita menggunakan kata – kata yang negatif, kata – kata yang tidak mungkin, kata – kata yang negatif akan sangat – sangat menurunkan semangat kita.
Contohnya : Pada saya kerja di sebuah Bank, dan pada waktu bank tadi di rush atau orang mengambil uang begitu banyaknya. Saya ditelpon oleh suatu Kepala Divisi dari Kantor Pusat dan dia bertanya kepada saya: Kepala divisi : “Tung apa kabar Bank disini?
TDW : “Dahsyat Pak!”
Kepala divisi : “Apa Tung?”
TDW : ” Dahsyat Pak!”
Kepala divisi : “Apa…? ”
TDW : “Dahsyat Pak”
Kepala divisi : “Apa..?? ”
TDW : “Dahsyat Pak”
Kepala divisi : “Tung dalam kondisi gini kok kamu ngomong dahsyat? Yang dahsyat itu apanya?”
TDW : “Lho pak, saya kan hanya menggunakan kata – kata untuk membuat saya semangat dan anak
buah saya menjadi lebih semangat. Saya tahu kondisinya tidak baik. Tapi saya janji akan buat menjadi untuk dahsyat”.
Kepala divisi : “Tung, kamu tidak bisa ngomong seperti itu.”
TDW : “Lah tapi itu pak adalah janji saya untuk menjadi lebih dahsyat karena saya terpacu untuk membuktikan kata kata saya menjadi lebih Dahsyat.

Prinsip Miliarder 11 : Anda Adalah Kekayaan Anda.

Anda adalah kekayaan Anda. Kalau tidak percaya mari kita hitung coba tes ambil kertas sekarang. Tolong tulis dan semua harus melakukan: Tolong dihargai mata sebelah kanan Anda. Anda tidak boleh menulis bahwa itu priceless, Anda tidak boleh menulis bahwa itu tidak boleh dijual. Ayo please tolong dikasih harga mata sebelah kanan, kira – kira berapa? Sebutkan yang terlintas, Anda harus kasih harga. Oke sekarang tambah lagi, tangan kanan Anda berapa harganya? Oke sekarang tambah lagi, kaki kanan Anda harganya berapa? Ginjal kanan Anda? Jantung Anda? Berapa harganya? Mungkin Triliuner, Puluhan Milyar, Puluhan Triliun! Betul sebetulnya memang priceless, tidak ternilai harganya. Begitu luar biasa harganya mungkin Triliuner segala macam dan itu pun kita sangat ragu – ragu, misalnya ketika ada orang yang mau membeli kepala kita. Sekarang kita adalah kekayaan kita. Tapi Lebih dalam dari hanya kondisi fisik kita, adalah pikiran kita. Nah seperti yang saya sebutkan sebelumnya bahwa “uang adalah ide” dan ide datangnya dari pikiran, kreatifitas kita sangat luar biasa, kesehatan kita dan kemudian energi kita, pikiran positif kita, tindakan positif kita, senyum manis kita, cara bergaul kita, itu sebetulnya adalah aset dan kekayaan kita.

Prinsip Miliarder 12 : Kekayaan Adalah Kebebasan.

Ketika orang – orang mengecilkan arti kekayaan, mereka bilang: “Tidak perlu kaya, yang paling penting kan bahagia”. Dia mulai menetralisir keyakinan, dia tidak sinkron. Hidup ini penuh dengan pilihan misalnya kalau
Anda mau pilih hidup kaya dan bahagia bisa tidak? Bisa jawabannya. Misalkan kalau bisa memilih kaya dan bahagia, kenapa harus memilih miskin dan bahagia? Sekali lagi ada orang ngomong “lebih baik miskin panjang umur, daripada kaya mati muda”. Itu pilihan yang sangat – sangatlah tidak adil, karena kekayaan adalah kebebasan. Dengan kita kaya kita bisa berobat kepada dokter yang lebih baik. Dengan kita kaya kita bisa beramal lebih banyak, dengan kita kaya kita bisa memilih makanan yang lebih baik sehingga kita menjadi lebih sehat.
Demikian juga kita bisa bebas mengatur waktu kita, dan hubungan dengan anak2 kita dan keluarga kita menjadi lebih baik, kalo kita memiliki banyak uang. Banyak orang ngomong: “Kalo orang kaya itu uangnya lebih sedikit, karena dia sibuk cari uang, cari uang, cari uang, cari uang”. Betul, ada orang yang seperti itu, tapi dia orang kaya yang sangat bodoh.

Bersambung ke 24 Prinsip Miliarder yang Mencerahkan (2)..
sumber: Tung Desem Waringin, 24 Prinsip Miliarder yang Mencerahkan.
gambar: kompas.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *