Plughole di Waduk Ladybower

Plughole di Waduk Ladybower

Plughole di Waduk Ladybower. Plughole adalah sebuah lubang yang berfungsi untuk mengalirkan air ketika waduk kelebihan air. Salah satu plughole yang cukup terkenal ada di waduk Ladybower, Derbyshire, Inggris. Waduk Ladybower adalah waduk besar berbentuk Y, yang terendah dari tiga waduk yang ada di Lembah Derwent Atas, Derbishare. Ada sungai Ashop yang mengalirkan air ke waduk dari barat. Ada sungai Derwent yang mengalir ke selatan. Air awalnya melalui Waduk Howden, kemudian ke Waduk Derwent, dan terakhir melalui Waduk Ladybower.

Waduk Ladybower dibangun antara tahun 1935 dan 1943 oleh Derwent Valley Water Board untuk melengkapi dua waduk lainnya dalam memasok kebutuhan air di daerah sekitar. Proyek ini tertunda ketika Perang Dunia Kedua meletus pada tahun 1939, membuat tenaga kerja dan bahan mentah menjadi langka, tetapi konstruksi dilanjutkan karena kepentingan strategis dalam menjaga persediaan air. Raja George VI, didampingi istrinya, Ratu Elizabeth, secara resmi membuka waduk tersebut pada 25 September 1945. Bendungan ini berbeda dengan Waduk Howden dan Waduk Derwent karena pembangunannya hanya dengan tanggul tanah dengan inti tanah liat, dan bukan dengan batuan yang kokoh.

Desain bendungan ini tidak biasa karena memiliki dua plugholes di sisi dinding yang berseberangan. Plugholes ini berbahan batu dengan diameter 24 m dan saluran pembuangannya berdiameter 4,6 m. Air yang berlebih akan masuk ke plugholes ini, lalu dibuang melalui saluran pembuangan dibawahnya. Plugholes ini hanya terendam biasanya setelah hujan lebat atau banjir. Pada saat pembangunannya, ada dua desa yang terendam karena berada di aliran sungai pengisi waduk yaitu desa Ashopton dan Derwent. Bangunan di desa Ashopton dihancurkan sebelum waduk diisi, namun sebagian besar bangunan di desa Derwent dibiarkan utuh dan masih terlihat selama musim panas yang kering sekitar 14 tahun kemudian.

Plughole di Waduk Ladybower ini kini menjadi tempat wisata, khususnya bagi para fotografer yang menunggu air mengalir memasukinya. Jadi, kapan Anda akan mengunjunginya? tunggu setelah covid reda tentunya ya..!

Sumber: wikipedia. Gambar: imgur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *