Perpustakaan Berbentuk Buku di Turki

Perpustakaan Berbentuk Buku di Turki

Perpustakaan Berbentuk Buku ini ada di Turki. Namanya Perpustakaan Kamil Gulec. Letaknya di Provinsi Karabük utara. Karena bentuknya yang unik, ia banyak menarik perhatian orang-orang dengan arsitekturnya yang berbentuk buku, dimana buku-buku disusun berdampingan. Perpustakaan yang dibangun di Universitas Karabuk (KBU) itu dibangun dengan dukungan Kamil Gulec, seorang filantropis Turki. Perpustakaan menyediakan akses ke 60.000 buku cetak dan enam juta publikasi digital. Perpustakaan Kamil Gulec dilengkapi dengan teknologi mutakhir, kata Ozcan Buyukgenc, kepala departemen dokumentasi perpustakaan di universitas tersebut. Siswa dapat meminjam dan mengembalikan buku di perpustakaan yang dilengkapi dengan sistem pemeriksaan mandiri. Dia menambahkan bahwa melalui sistem antar perpustakaan, siswa dapat memesan buku dari perpustakaan lain di seluruh Turki.

“Jika kami tidak memiliki sumber daya (buku yang diinginkan) dan salah satu dari 192 perpustakaan di Turki memilikinya, pembaca dapat memesannya dan akan dikirimkan kepada mereka dalam tiga hari,” tambahnya, seraya menambahkan bahwa perpustakaan tetap buka 24 jam. Dia mengatakan banyak sekolah dan institusi berbeda dari berbagai kota telah mengunjungi perpustakaan tersebut. Para siswa yang mengunjungi perpustakaan memberi tahu Anadolu Agency bahwa mereka sangat diuntungkan dengan fasilitas tersebut. “Tidak ada buku yang tidak dapat kami temukan di perpustakaan,” kata Emrah Cakan, seorang mahasiswa teknik otomatif.

Muhammet Furkan Turkmenistan, seorang mahasiswa di fakultas teologi, berkata, “Tidak hanya kaya dalam hal desain tetapi juga konten.” Arsitektur perpustakaan berbentuk buku ini diilhami oleh Perpustakaan Umum Kansas City di AS. Bedanya, kalau di Kansas, bangunan yang beraksitektur mirip buku bukan perpustakaannya, tetapi garasi perpustakaannya.

Di Kansas, bangunan penutup area parkir ini merupakan “Rak Buku” Terbesar di Dunia. Ia terdiri dari 22 judul buku yang berbeda, mulai dari Fahrenheit 451 karya Ray Bradbury hingga Tao Te Ching karya Lao Tzu. Garasi dibangun sekitar tahun 2004 untuk menampung kendaraan yang semakin banyak. Komunitas setempat kemudian diminta memberikan ide untuk mempercantik bagian depan garasi perpustakaan. Saat itulah ide rak buku raksasa pun lahir. Masyarakat umum mengirimkan judul buku favorit mereka, kemudian seleksi terakhir dilakukan oleh Dewan Pengawas Perpustakaan Umum Kansas City untuk memilih ‘buku’buku’ apa yang akan dimunculkan dalam arsitektur itu.

Sumber dan gambar: yenisafak, interestingengineering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *