Orang Goblok Tidak Butuh Syarat

Orang Goblok Tidak Butuh Syarat

Oleh: Bob Sadino.

Buat saya, menjadi pengusaha itu tidak ada syaratnya. Ini gobloknya orang pintar saja, yang membuat seribu satu persyaratan sebelum jadi pengusaha. Padahal, pengusaha harus bebas tekanan, merdeka, terserah mau kemana pun dia melangkah. Sekali lagi, tidak boleh ada syarat.

Tidak boleh ada kata ‘HARUS’. harus begini, harus begitu. Harus punya ini, harus punya itu. Semua ke’HARUS’an itu merupakan hambatan. Misalnya banyak yang mengatakan, kalau mau usaha itu harus punya rencana yang matang. Ah siapa bilang? Justru kian matang rencana, kian cepat dia gagal. Atau mungkin, dia tidak akan pernah memulai karena terlalu pusing dengan rencana matangnya. Biasanya, orang ‘pintar’ punya rencana yang sangat bagus. Itu sebabnya, kebanyakan orang ‘pintar’ tidak sukses berbisnis.

Jika mau terjun jadi pengusaha, ya terjun saja! Just Do It. Tidak perlu berfikir macam-macam seperti orang ‘pintar’. Kian lama berfikir, makin terjerumus Anda ke dalam belenggu pikiran sendiri. Wah, kalau dulu waktu akan berbisnis, saya berfikir mau punya mobil Jaguar, ingin memiliki rumah besar, bercita-cita jadi pengusaha hebat, pasti tidak akan memulai bisnis. Mana mungkin mencapai semua itu hanya dimulai dengan berjualan telur dari rumah ke rumah? Tidak mungkin! Untung waktu itu saya tidak berfikir. Just do it. Saya tidak peduli disebut sebagai orang bodoh, orang salah, orang keliru. Pokoknya lakukan saja deh!

Sandaran Calon Pengusaha
Meski saya orang ‘goblok’ dan tidak mengenal syarat untuk menjadi pengusaha, Anda sebaiknya memiliki beberapa sandaran, sebelum bisa disebut sebagai pengusaha. Kenapa namanya sandaran? kalau di kursi, sandaran adalah bagian belakang yang bisa menopang punggung. Nah, sandaran ini bisa menopang seseorang sebelum menjadi the real entrepreneur. Kurang satu saja sandarannya, dia tidak bisa disebut sebagai pengusaha sejati.

1. Mau menjadi pengusaha. kemauan menjadi pengusaha sangat mutlak ada dalam setiap jiwa calon pengusaha. tanpa kemauan, lupakan!
2. Punya tekad sangat kokoh, atau komitmen kuat atau determinasi, untuk menjalani kehidupan sebagai pengusaha. dengan determinasi yang hebat, maka seseorang bisa menjadi pengusaha.
3. Berani menghadapi peluang. Percuma saja punya determinasi jika masih takut mengambil peluang dan mendapatkan resiko. Pengusaha sejati berani mengambil segala macam peluang dimatanya.
4. Tahan banting & tidak cengeng. Menjadi pengusaha berarti akrab dengan kegagalan, hambatan dan tantangan. Semakin sering mengalami kegagalan, maka kian tahan banting seseorang. Makin tahan menghadapi cobaan dengan kekuatan sendiri, makin tidak cengeng orang tersebut.
5. Bersyukur pada Yang Maha Kuasa. Banyak pengusaha tulen yang melupakan syukur. Dia lupa bahwa semua itu dia peroleh hanya mungkin terjadi berkat izin dari Yang Maha Kuasa.

sumber: Belajar Goblok dari Bob Sadino
gambar: wall321.com
Orang Goblok Tidak Butuh Syarat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *