Nelson Mandela

Nelson Mandela

Nelson Mandela (1918-2013) lahir dengan nama Rolihlahla Dalibhunga Mandela pada tanggal 18 Juli 1918 di sebuah desa di Qunu, Afrika Selatan. Pada saat ia lahir, kolonial Inggris sudah bercokol di Afrika Selatan. Nelson Mandela berasal dari suku Madiba, suku yang biasanya menjadi pemimpin dari masyarakat Thembu. Sejak kecil, pekerjaannya sehari-hari adalah menggembalakan ternak dan bertani dengan para tetua dari sukunya. Pada tahun 1930 ayahnya meninggal dunia. Mandela yang saat itu berusia 12 tahun diangkat menjadi kepala suku karena kacerdasan yang dimilikinya. Kegiatannya sebagai aktivis di mulai pada saat mahasiswa. Pada tahun 1940 ia dikeluarkan dari Universitas Fort Hare tempat ia kuliah karena mengorganisir pemogokan yang memprotes perlakuan yang tidak adil pada para penduduk pribumi di dewan mahasiswa. Setelah itu ia pergi ke Johanesburg dimana ia mendapatkan pekerjaan di sebuah firma hukum.

Pada bulan Desember tahun 1956, Mandela bersama lebih dari 150 orang aktivis ditangkap dengan tuduhan melawan pemerintah yang menjalankan hukum apartheid (pemisahan antar ras). Persidangan berlangsung lima tahun dengan akhir vonis bebas untuk Mandela. Tapi, Mandela tidak berhenti sampai disitu. Ia membuat gerakan bawah tanah melawan pemerintah kolonial dengan mendirikan Kongres Nasional Afrika. Pada bulan Juni 1964 ia ditangkap dan dijatuhi hukuman penjara. Nelson Mandela dipenjara di Pulau Robben selama 18 tahun dengan kewajiban melakukan pekerjaan kasar seperti memecah dan mengangkut batu. Setelah itu ia dipindahkan ke Penjara Pollsmoor pada tahun 1982 dan dipindahkan lagi ke penjara Victor Vrester pada tahun 1988.

Pada tanggal 11 Februari 1990, setelah 27 tahun dipenjara, Mandela yang saat itu berusia 71 tahun akhirnya bebas. Presiden yang berkuasa saat itu, F. W. de Klerk, yang bertanggung jawab atas pembebasannya juga mencabut larangan terhadap Kongres Nasional Afrika dan organisasi anti apartheid lainnya. Pembebasan Mandela saat itu disiarkan ke seluruh dunia. Tiga tahun setelah pembebasannya, Mandela dan De Klerk menerima hadiah nobel perdamainan atas usaha mereka menjaga perdamaian dan mencegah perang saudara di Afrika Selatan. Empat tahun setelah pembebasannya Mandela mengunjungi Pulau Robben tempat ia dahulu menghabiskan hari-harinya sebagai tahanan. Pada 1997, penjara ini dijadikan museum dan banyak dikunjungi orang dari seluruh dunia termasuk Beyonce, U2 dan Annie Lennox.

Nelson Mandela, menjadi presiden kulit hitam pertama di Afrika Selatan yang dilantik pada 10 Mei 1994. Ia menjabat 1 periode yang merupakan transisi dari pemerintahan apartheid ke demokrasi. Tidak mengherankan bila Mandela menjadi bintang yang memberi inspirasi bagi banyak orang. Setelah turun dari kursi kepresidenan pada tahun 1999, Mandela banyak berfokus pada keluarga, kesehatan dan yayasannya, Nelson Mandela Foundation. Pada tanggal 5 Desember 2013, Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma mengumumkan bahwa Mandela meninggal dunia. “Mari kita mengingat kembali nilai-nilai yang diperjuangkannya. Mari kita menegaskan kembali visinya tentang masyarakat dimana tidak ada eksploitasi dan penindasan oleh yang lain. Mari kiita sama-sama berjuang menyatukan kekuatan dan keberanian untuk membuat negara Afrika Selatan yang bersatu, non-rasial, non-gender, demokratis dan sejahtera.”

sumber: www.people.com
Nelson Mandela

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *