Mitos dalam Presentasi

Mitos dalam Presentasi

Claudyne Wilder dalam bukunya The Presentation Kit mendata sekurang-kurangnya ada 11 mitos dalam presentasi yang menghambat seseorang untuk maju dan berkembang menjadi seorang presenter yang handal. Mitos dalam presentasi tersebut adalah:
1. Mitos: Presenter yang hebat itu bawaan lahir. kalau saya tidak hebat sejak kecil, maka saya tidak punya harapan untuk menjadi seorang presenter yang handal. Fakta: Presenter yang handal selalu melakukan persiapan lebih baik dan berlatih lebih lama dibanding presenter yang tanpa persiapan dan apa adanya.

2. Mitos: Saya gagal saat presentasi pertama kali. jadi saya akan gagal terus untuk bisa memberikan presentasi yang baik. Fakta: banyak kesuksesan yang diawali dengan kegagalan. Thomas Watson, pendiri IBM mengatakan, “Agar sukses, gandakan jumlah kegagalan Anda.”

3. Mitos: Jika saya mengikuti persis apa yang dikatakan dan diucapkan oleh seorang presenter yang hebat, maka saya akan jadi sukses seperti dia. Fakta: gaya orang lain dalam melakukan presentasi sangat bermanfaat bagi kita dalam proses pembelajaran. Namun, pada akhirnya, kita akan menemukan gaya presentasi kita sendiri yang paling efektif, nyaman dan memberikan kesuksesan buat kita. “Ini gue banget lho..”

4. Mitos: Orang yang bicara dan tampak percaya diri tidak gugup. Fakta: Sebagian besar presenter handal mengalami kegugupan dan mereka bisa menggunakannya sebagai energizer untuk diri mereka sendiri.

5. Mitos: Orang yang hebat dalam memberikan sambutan / pendapat yang tiba-tiba di dalam suatu pertemuan, mempunyai bakat bawaan. Fakta: Orang yang hebat dalam memberikan sambutan dadakan, melakukan persiapan sebaik mungkin dan mempunyai format tertentu walau dalam keadaan yang mendadak.

6. Mitos: Semua orang harus mendengarkan dan menyukai apa yang saya sampaikan atau saya akan berakhir sebagai orang yang gagal. Fakta: Tidak masalah apakah orang yang mendengarkan Anda menyukai Anda atau bahkan lebih dari itu. Tidak masalah pula jika ada yang tidak suka. yang penting, Anda harus terus memperbaiki diri untuk menjadi lebih baik di masa mendatang.

7. Mitos: Setiap presentasi yang saya lakukan harus sempurna. Fakta: Pembicara yang hebat bisa mengetahui sesuatu yang salah bisa terjadi namun mereka tetap melanjutkan presentasinya.

8. Mitos: Saya terlalu tua untuk belajar mengenai presentasi. Fakta: Anda tidak pernah terlalu tua atau terlalu muda untuk belajar selama Anda mempunyai sifat terbukan dan keinginan yang kuat untuk mempelajari hal baru.

9. Mitos: Saya tidak punya waktu dan kesempatan untuk berlatih, sehingga saya tidak percaya diri. Fakta: Kalau Anda bersungguh-sungguh, pasti Anda akan menemukan waktu dan cara untuk berlatih presentasi.

10. Mitos: Saya tahu saya akan mati karena takut dan kegugupan luar bisa saat berdiri di depan sana. Fakta: Tidak ada data yang menunjukkan kematian karena ketakutan dan kegugupan saat melakukan presentasi.

11. Mitos: Sebelum saya maju, saya merasakan jantung saya berdebar kencang, nafas saya menjadi lebih cepat. Rasa ini membuat saya menjadi takut. Fakta: Hal yang sama dirasakan oleh para atlet Olimpiade. hal ini normal dan gunakan hal itu sebagai penyemangat dan bukan hambatan.

sumber: The Presentation Kit, Claudyne Wilder, John Wiley & Sons, Inc, 1990.
gambar: iallenkelhet.no
Mitos dalam Presentasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *