Meyakinkan Peserta

Meyakinkan Peserta

Meyakinkan peserta akan materi yang kita sampaikan adalah hal yang sangat penting dalam sebuah presentasi. Jika kita berhasil meyakinkan peserta maka lebih besar kemungkinannya bagi para peserta untuk menerapkan apa yang tekah disampaikan dalam presentasi ke dalam kehidupan sehari-hari. Pertanyaan terbesarnya adalah, dengan apa kita meyakinkan peserta? Apa yang perlu kita persiapkan?
Aristoteles dalam bukunya “Rhetoric” mengatakan bahwa ada 3 hal penting yang perlu diperhatikan untuk mempengaruhi pendengar yaitu dengan apa yang disebutnya sebagai Ethos, Pathos dan Logos. Ketiga faktor ini harus ada dalam setiap presentasi yang kita bawakan sehingga presentasi yang kita sampaikan benar-benar efektif.

ethos pathos logos

ETHOS

Ethos dalam bahasa Yunani yang berarti “Karakter”, ia berbicara mengenai kredibilitas pembicara. Pertanyaan besarnya adalah: Apakah pembicara bisa dipercaya? Ini bisa mencakup beberapa aspek, namun intinya adalah jika kita ingin meyakinkan peserta perlu kesesuaian antara pengalaman pembicara dengan topik yang dibawakan. Jika kita seorang sales, maka membawakan topik mengenai sales adalah hal yang sangat sesuai. Hadirin akan langsung menilai kita sebagai seseorang yang mempunyai Ethos yang pas untuk topik yang dibawakan. Namun jika kita seorang pelukis membawakan topik sales? Pasti akan banyak pertanyaan mengenai kredibitas kita sebagai seorang pembicara di bidang sales.

Di dalam kelas, ethos bisa dilihat pula dengan tingkat pecaya diri yang dimiliki oleh pembicara. Semakin banyak pengalaman yang dimilikinya maka semakin tinggi pula kepercayaan yang bisa dilihat oleh hadirin. Ethos bisa juga ditampilkan dalam bentuk kutipan, sumber, gambar, berbagi kisah yang berhubungan dengan topik yang disampaikan. Sehingga dengan demikian perlahan-lahan Ethos yang kita miliki akan terbangun dengan baik selama sesi berlangsung.

PATHOS
Pathos berbicara mengenai sisi emosi untuk meyakinkan peserta di dalam sebuah presentasi. Ini banyak berkaitan dengan bagaimana seorang presenter bisa mempengaruhi peserta secara emosional. Hmm.. kira-kira bagaimana ya caranya?
Hal ini bisa dilakukan dengan beberapa cara sebagai berikut:
– Bercerita. Bercerita atau story telling adalah metode yang sangat kuat untuk membawa peserta ke alam emosi dan imajinasi karena peserta ‘membangun’ sendiri cerita yang disampaikan sesuai dengan imajinasinya. Ketika kita berbicara mengenai padang rumput yang luas, maka jika ada 30 peserta bisa jadi jika digambar akan ada 30 gambar padang rumput.
– Kata-kata inspirasional. Ini bisa berupa kutipan yang telah disipakan atau berupa slide yang berisi kata-kata yang ‘menggerakkan’ peserta akan sesuatu hal.
– Pilihan kata yang disampaikan dengan intonasi yang tepat. Pilihan kata yang digunakan dan disampaikan dengan intonasi yang tepat dapat menimbulkan rasa simpati peserta yang hadir. Semakin mahir kita menguasai hal ini, maka akan semakin tinggi pula nilai Pathos kita sehingga keterlibatan peserta di dalam kelas akan meningkat.

LOGOS
Logos atau Logika adalah hal-hal yang berhubungan dengan bagaimana cara kita meyakinkan peserta dengan menggunakan logika. Ini bisa dilakukan dengan:
– Mambuat bahan presentasi dengan urutan yang jelas, terstruktur dan berhubungan secara logis.
– Memberikan sumber, referensi dan bahan cuplikan yang digunakan untuk menjelaskan suatu hal kepada peserta.
– Memberikan data dan fakta yang ada terhadap topik yang dibawakan.

Jika kita sebagai pembicara mampu menguasai ketiga hal ini dan dalam penyampaiannya disesuaikan dengan kebutuhan peserta, maka bisa dipastikan presentasi yang kita lakukan akan dapat meyakinkan peserta sehingga berhasil dengan baik.
Selamat mencoba!

gambar: reunisd4pemecutan.wordpress.com, alfa-img.com
Meyakinkan Peserta

Newer Post
Older Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *