Meningkatkan Kreativitas dalam Bekerja

Meningkatkan Kreativitas dalam Bekerja

Meningkatkan kreativitas dalam bekerja. Menurut Eko Jalu Santoso dalam bukunya Good Ethos 7 Etos KErja Terbaik dan Mulia, ada 6 cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan kreativitas dalam bekerja, yaitu:

1. Bersikap Proaktif
Kreatif berarti membebaskan pikiran kita memilih apa pun ide dan tindakan kreatif yang terlintas di kepala. Sikap proaktif ini dapat mendorong kreativitas berpikir kita. Mungkin terkadang muncul rasa malu, ragu-ragu, khawatir untuk mengungkapkan ide-ide yang terlintas dalam pikiran kita. Kita malu atau ragu-ragu untuk mengungkapkan ide yang terlintas dalam pikiran kita terdengar tidak lazim. Apa pun itu, sebaiknya ungkapkan saja ide kreatif dalam pikiran kita. Kalau perlu tuliskan dengan lengkap dan jelas.

Menurut Stephen Covey, pakar kepemimpinan dalam bukunya The Seven habits of Highly Effective People, pribadi yang proaktif itu lebih dari sekedar mengambil inisiatif terhadap penyelesaiakn suatu masalah, tetapi sebagai manusia yang bertanggung jawab terhadap hidupnya sendiri.

Memiliki sikap proaktif artinya tidak sekedar menunggu ide untuk meningkatkan kreativitas dalam bekerja datang, tetapi berani mengambil inisiatif untuk menciptakan kesempatan baru. berani melahirkan ide-ide yang kreatif dan berbeda dengan yang sudah ada sebelumnya. Inisiatif dan proaktif menumbuhkan semangat untuk berani mencoba sesuatu yang baru.

2. Terbuka terhadap Masukan
Cara kedua untuk meningkatkan kreativitas dalam bekerja adalah dengan mendengarkan berbagai ide, masukan, pendapat, usulan atau bahkan kritikan orang lain. Jangan anggap remeh berbagai masukan tersebut karena berpikir kreatif memerlukan banyak informasi dan masukan untuk mengambil keputusan. Kita bisa mengambil banyak manfaat dari berbagai ide dan kritikan orang lain. Terkadang, masukan dan krtitik ini bisa merangsang kita untuk berpikir kreatif. Terimalah setiap ide dan masukan dari siapa saja untuk meningkatkan wawasan berpikir kita. Lalu, saring dan pilihlah ide tersebut dengan hati nurani sehingga anda benar-benar menemukan cara yang baru.

Memperbanyak masukan bisa dilakukan dengan memperluas wawasan melalui membaca buku, artikel, laporan, menonton pameran, melihat pertunjukan, mengikuti pelatihan, seminar, melakukan perjalanan ke tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi juga ditengarai mampu melahirkan energi kreativitas, dan lain-lain. Banyak masukan dan wawasan akan memberikan inspirasi yang segar dan tak pernah berhenti.

Membuka kesediaan hati dan pikiran terhadap masukan-masukan baru dapat menjadi inspirasi bagi pengembang kreativitas berpikir kita. Jadi, mulailan terbuka terhadap masukan untuk meningkatkan kreativitas dalam bekerja kita.

Bersambung.

Sumber: Eko Jalu Santoso, Good Ethos 7 Etos Kerja Terbaik dan Mulia, Elex Media Komputindo, 2012
gambar: photoshopdesain.com
Meningkatkan kreativitas dalam bekerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *