Memulai Usaha dari Hobi

Memulai Usaha dari Hobi

Setiap orang pasti mempunyai hobi atau kegemaran, apa pun itu. Ada yang hobinya mengoleksi perangko, merawat tanaman, memelihara burung atau memodifikasi motor. Semua hobi pasti memberikan manfaat yaitu memberikan perasaan menyenangkan pada si pelaku hobi, sehingga sering dikatakan bahwa melakukan hobi kita diwaktu senggang setelah bekerja keras akan bermanfaat mengurangi stres yang mungkin muncul.Oleh karena hobi adalah sesuatu yang menyenangkan bagi kita, maka tak jarang kita jadi lupa waktu ketika melakukannya. Bahkan ada pula yang rela mengeluarkan uang dalam julah besar untuk melakukan hobinya, misalnya untuk berburu perangko langka bagi kolektor perangko, membeli aksesoris mobil yang beraneka ragam bagi yang suka utak-atik mobil, atau membeli pupuk dan obat obatan yang mahal bagi yg gemar merawat tanaman.

Akan tetapi, jangan salah lho, hobi bisa juga mendatangkan uang. Kita bisa memulai usaha dari hobi. Apalagi biasanya, usaha yang dimulai dari hobi bisa berkembang dengan baik. Lho, kok bisa? apa alasannya?
1. Karena kita memahami seluk-beluknya. Jika kita mendalami suatu hobi, sudah tentu kita mendalami seluk-beluknya. Apabila Anda hobi merawat tanaman, tentu Anda mengenali jenis pupuk yang baik, harga pupuknya, cara memberi pupuknya, tempat mebeli pupuk yang murah, dan sebagainya. Ingatlah bahwa mengenal seluk beluk usaha adalah modal awal untuk menuju sukses usaha.
2. Kita menyenangi kegiatan tersebut. Ini dia yang paling penting, menyenangi kegiatan tersebut. Bisa dibayangkan membuka usaha dari yang tidak disenangi? pasti yang dirasakan hanya rasa lelah, stres, malas dan tidak bersemangat. Berbeda bila kita berusaha di bidang yang disenangi, pasti kita akan merasa semangat, bergairah, tertantang untuk melakukan yang terbaik sehingga hasilnya pun akan lebih baik.

Lalu bagaimana langkah-langkah praktisnya untuk memulai usaha dari hobi?

1. Terus tekuni hobi Anda

Bila Anda memang sungguh sungguh serius ingin mengembangkan hobi Anda menjadi usaha yang menghasilkan uang, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah terus menekuni hobi Anda. Jangan menganggap hobi ini sebagai pengisi waktu luang saja. Melainkan, cuahkan lebih banyak waktu untuk hobi Anda.
Cobalah untuk lebih mendalami hal-hal yang ada dalam hobi Anda, perdalam hobi Anda. Apabila sebelumnya Anda mendalami hobi hanya bermodalkan otodidak, maka sekaranglah saatnya menambah pengetahuan Anda melalui kursus, buku, atau yang lain.

2. Cobalah mencari peluang bisnis yang dapat dimanfaatkan dari hobi Anda

Misalnya Anda mempunyai hobi memelihara burung atau ikan, seringkah Anda mengalami kesulitan untuk mendapatkan makanan atau obat-obatannya? Bila jawabannya adalah ya, berarti Anda telah mendapatkan satu contoh peluang bisnis dalam hobi Anda yang bisa dimanfaatkan. Singkatnya, banyak sekali peluang dalam hobi seseorang yang bisa diolah menjadi sumber penghasilan sepanjang yang bersangkutan bersedia melakukannya.

3. Apabila ada perkumpulan/ klub dalam hobi ANda, bergabunglah disana
Beberapa hobi mempunyai perkumpulan untuk mewadahi orang-orang yang menggemari hobi yang sama. Ada klub filatelis untuk pecinta perangko, ada klub masak memasak, dan sebagainya. Apabila Anda mengetahui ada klub untuk mewadahi hobi Anda dan Anda belum tergabung seagai anggota disana, lebih baik Anda cepat-cepat mendaftarkan diri. Terkadang muncul keengganan karena kita jarang punya waktu untuk berkumpul bersama anggota lainnya. Tapi, menurut saya, dengan bergabung di klub, Anda akan menerima manfaat yang sepadan dengan biaya yang dikeluarkan untuk menjadi anggota. Klub yang bagus mempunyai ciri antara lain: Anggotanya terus bertambah, Sering mengadakan kegiatan, Mempunyai pengurus yang mempunyai visi dan misi jelas.

4. Promosikan hobi Anda via media

Anda bisa mulai memporomosikan hobi Anda secara mudah yaitu dengan menulis artikel di media massa / sosial. Anda bisa menulis sebuah artikel yang bercerita mengenai hal-hal yang menarik mengenai hobi Anda. nah, dalam tulisan tersebut tentu ditulis siapa pengarangnya, disitulah letak promosinya. Anda bisa menuliskan identitas anda jika ada yang ingin menghubungi anda karena tertarik dengan tulisan Anda.

Sumber: Pietra Sarosa, lagkah Awal Menjadi Entrepreneur, Elex Media Komputindo, 2003.
Gambar: pinterest
Memulai Usaha dari Hobi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *