Memulai Bisnis dengan Modal Sendiri

Memulai Bisnis dengan Modal Sendiri

Memulai bisnis dengan modal sendiri. Ketika akan memulai sebuah usaha atau bisnis yang baru,tentu setiap orang akan diberikan pilihan terkait modal awal. Pilihannya antara lain adalah menggunakan modal sendiri atau menggunakan pinjaman berupa investasi dari seorang investor.
Tentunya sebagai seorang start up, kebanyakan orang akan memilih pilihan kedua yaitu menggunakan dana investasi. Karena biasanya ketika membuka bisnis yang baru, seseorang belum memiliki modal yang cukup besar untuk memulai sebuah usaha. Memilih menggunakan modal dari investor memang menggiurkan, karena bisa dibilang Anda dapat memulai usaha dengan tanpa mengeluarkan modal sedikitpun.

Namun yang perlu diperhatikan adalah sebenarnya penggunaan dana dari investor memiliki banyak kekurangan. Anda tidak dapat dengan sesuka hati menggunakan uang tersebut dengan sesuka hati, karena tentunya suatu saat uang tersebut perlu untuk dipertanggungjawabkan.
Misalnya karena mendapatkan dana yang cukup besar, Anda lantas langsung memutuskan untuk menyewa sebuah lokasi bisnis yang besar dan berada strategis ditengah kota. Menentukan lokasi bisnis memang penting, namun Anda juga perlu memperhatikan tentang aspek-aspek lainnya seperti kualitas produk yang Anda tawarkan serta bagaimana service atau pelayanan yang dapat diberikan kepada konsumen. Jadi walaupun lokasi bisnis Anda berada sangat strategis, belum tentu bisnis tersebut bisa berjalan lancar dan akhirnya Anda harus mempertanggungjawabkan dana investasi tersebut kepada investor.

Selain itu, kekurangan lain apabila menggunakan dana investasi adalah apabila Anda memiliki lebih dari satu investor. Maka yang terjadi adalah Anda akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mengambil keputusan karena harus berkonsultasi terlebih dahulu kepada semua investor Anda. Belum lagi apabila kedua investor Anda tersebut memiliki pandangan tujuan yang berbeda terhadap bisnis Anda, misalnya salah seorang menginginkan hasil yang cepat dalam jangka waktu singkat, sedangkan seorang lagi beranggapan lebih baik apabila berjalan lambat namun hasilnya dapat berjalan dalam jangka waktu yang panjang.

Itulah beberapa alasan mengapa sebaiknya Anda memulai bisnis dengan modal sendiri dalam memulai sebuah usaha. Beberapa alasan lain mengapa harus menggunakan modal sendiri adalah sebagai berikut:

1. Kepuasan pribadi. Dengan menggunakan modal pribadi, Anda akan merasakan kepuasan tersendiri karena telah berhasil mewujudkan impian bisnis Anda. Selain berpuas diri, Anda akan merasakan sebuah kebanggaan karena telah berhasil merealisasikan impian bisnis yang sesuai dengan keinginan Anda.

2. Dapat memulai bisnis dengan skala yang kecil. Karena modal sendiri dan diperoleh dengan usaha sendiri, tentu modal yang diperoleh belum terlalu besar. Namun hal itu bukan merupakan sebuah kendala, justru dengan hal itu Anda dapat memulai sebuah rintisan usaha dari nol. Merintis usaha dari bawah akan mengajarkan banyak hal kepada pengalaman berbisnis Anda.

3. Lebih berhati-hati dalam menggunakan dana. Karena semua sumber dana merupakan dari Anda sendiri, maka tentunya Anda akan berpikir masak-masak sebelum mengambil keputusan pembelanjaan uang. Selain itu, Anda akan berpikir untuk lebih menghemat uang tersebut dan bagaimana cara agar dapat terus memutar uang modal tersebut.

4. Dapat mengambil keputusan apapun. Karena sumber dana pribadi, Anda tidak perlu berkonsultasi dengan beberapa orang setiap akan mengambil keputusan. Jika Anda berpikir suatu hal adalah yang terbaik, maka tanpa ragu Anda dapat melaksanakan ide Anda tersebut.

5. Lebih kreatif dan jeli melihat peluang. Tentu Anda tidak ingin mengalami kerugian dan bangkrut dalam usaha, maka dari itu Anda akan terus terpacu untuk membuat bisnis Anda semakin maju dan sukses dengan melakukan lebih banyak inovasi. Selain itu Anda akan memiliki motivasi yang kuat karena semua berdasarkan jerih payah Anda sendiri dalam memulai usaha tersebut.

sumber: Majalah Entrepreneur Way #19
gambar: fabuloushomesinternational.com
Memulai Bisnis dengan Modal Sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *