Memberi Kesempatan

Memberi Kesempatan

Seorang pemimpin yang baik, akan memberi kesempatan anggota timnya atau anak buahnya untuk bertumbuh-kembang. Bertumbuh-kembang terdiri atas dua kata, tumbuh dan kembang. Seseorang karyawan akan tumbuh dalam arti meningkat kemampuannya seiring dengan bertambahnya pengalaman kerja. Kembang atau berkembang artinya secara kejiwaan, pikiran, dan hatinya berkembang menjadi lebih memahami orang lain. Itu juga seiring dengan bertambahnya pengalaman kerja dan pengalaman berinteraksi dengan orang lain.

Pemimpin yang baik, akan memberi kesempatan bagi anggota timnya yang baru mendapatkan pengalaman bekerja dan pengalaman berinteraksi dengan orang lain. Adalah wajar, seorang pelamar kerja tak punya pengalaman. Bukan berarti dia tak bisa bekerja. Kalau pun seseorang pelamar kerja pernah melakukan pekerjaan yang tak membutuhkan gelar kesarjanaan seperti penjaga toko kelontong atau tempat pencucian mobil, bukan berarti pelamar itu bodoh.
Seorang pelamar kerja yang bekerja di satu tempat satu bulan lalu pindah lagi di tempat lain juga selama satu bulan, tidaklah bisa diduga dia berkarakter kurang baik atau kurang disiplin atau kurang bisa beradaptasi atau disangka dengan dugaan lainnya.

Nah, dalam video berikut ini kita akan saksikan bagaimana pemimpin memberikan penilaian untuk tiga pelamar kerja yg namanya disembunyikan dulu. Kejutannya adalah saat nama-nama pelamar dibuka. Kejutan itu menimbulkan nasihat bagus ini: “Kurangi pendapatmu, berikan banyak kesempatan.”

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *