Membangun Kredibilitas

Membangun Kredibilitas

Bagaimanakah cara membangun kredibilitas sehingga kita menjadi pribadi yang layak dipercaya?
Stephen MR Covey, dalam bukunya The Speed of Trust mengatakan bahwa ada empat hal yang perlu dilakukan untuk membangun kredibilitas. Dua dari empat hal ini berkaitan dengan karakter dan dua sisanya berkaitan dengan kompetensi. Jika kita mempunyai ke empat-empatnya dalam diri kita, maka kita akan menjadi pribadi yang layak dipercaya baik oleh diri kita sendiri maupun oleh orang lain. Keempat hal tersebut adalah:

1. Integritas
Ketika membicarakan mengenai kepercayaan, maka integritas adalah hal pertama yang dilihat. Secara umum integritas berarti “kejujuran.” Walaupun integritas berbicara mengenai kejujuran, namun integritas lebih dari pada itu. Integritas artinya keterpaduan. Mengamalkan apa yang Anda sendiri ajarkan. Konsisten luar dalam. Berani bertindak menurut nilai-nilai dan keyakinan-keyakinan Anda.

2. Niat
Inti kedua berhubungan dengan persoalan-persoalan niat. Niat ada hubungannya deng motif-motif kita, agenda-agenda kita, dan pada akhirnya mempengaruhi perilaku kita. Kepercayaan tumbuh ketika motif-motif kita jelas dan didasarkan pada manfaat bersama. Dengan kata lain: Orang akan melihat niat kita baik ketika kita secara tulus peduli bukan saja kepada diri kita sendiri, namun juga kepada orang-orang yang berhubungan dengan kita, orang-orang yang kita pimpin, atau orang-orang yang kita layani. Ketika seseorang menunjukkan hal sebaliknya, ketika kita mencurigai adanya agenda tersembunyi dari seseorang atau kita tidak percaya bahwa ia mengutamakan kepentingan kita, kita akan mencurigai apapun yang dia katakan dan lakukan.

3. Kemampuan/keahlian (skills)

Inti ketiga berhubungan dengan kemampuan kemampuan yang kita miliki. Kemampuan-kemapuan ini yang kita gunakan untuk mencapai hasil-hasil yang kita inginkan. Misalnya, seorang dokter mempunyai integritas dan niat yang baik. Namun, jika ia tidak dapat menunjukkan kemampuannya sebagai seorang dokter yang unggul, maka kita tidak akan dapat mempercayainya.

4. Hasil (Results)
Inti keempat berhubungan dengan hasil. Hal ini mengacu kepada catatan prestasi kita, kinerja kita, keberhasilan kita. Segalanya menjadi acuan bagi orang lain untuk mempercayai kita. Jika seseorang akan dipromosikan untuk jabatan yang lebih baik di masa depan, maka, hasil (results) yang telah dihasilkan hingga saat ini mempunyai peranan yang sangat penting untuk dipertimbangkan dalam menentukan karirnya di masa depan.

Dua hal pertama, integritas dan niat, adalah urusan karakter. Dua hal berikutnya, kemampuan dan hasil, adalah urusan kompetensi. Empat hal ini sangat penting untuk membangun kredibilitas kita menjadi pribadi yang dipercaya.Cara paling mudah menggambarkan keempatnya adalah dengan metafora sebuah pohon. Integritas ada dibagian bawah permukaan. Ia adalah sistem akar dimana segalanya bertumbuh. Niat, digambarkan sebagai batang pohon yang keluar dari dalam tanah. Kemampuan yang kita miliki adalah dahan-dahan pohonnya. Sedangkan hasil, adalah buahnya – yang tampak oleh diri kita sendiri maupun orang lain.

membangun kredibilitas

gambar: falconhive.com, knowledgematters.eu
sumber: The Speed of Trust, Stephen MR Covey, Karisma Publishing Group, 2010
Membangun Kredibilitas

Newer Post
Older Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *