Mau Pindah Kerja? Ada 5 Tandanya

Mau Pindah Kerja? Ada 5 Tandanya

Mau Pindah Kerja? Ada 5 Tandanya. Setidaknya itulah yang dikatakan oleh Tomas Chamorro-Premuzic, CEO Hogan Assessment Systems dan seorang Professor Psikologi Bisnis dari University College London. ia menyebutkan ada 5 tanda penting yang dihasilkan dari riset psikologi yaitu:

1. You are not learn. Anda tidak belajar (hal baru). Pekerjaan Anda itu-itu saja. Penelitian menunjukkan bahwa hal yang paling membahagiakan pada usia akhir dewasa dan usia tua -yang melibatkan pekerjaan- adalah pekerjaan yang mampu menstimulasi pikiran saat sedang belajar. Hal ini sangat penting jika Anda mempunyai ciri kepribadian yang terkait dengan rasa ingin tahu, kreativitas, menyukai proses belajar dan memiliki pikiran yang ‘lapar’ akan hal-hal baru.

2. You are underperforming. Anda berkinerja buruk. Jika pekerjaan Anda stagnan, bisa bekerja dengan auto pilot, bahkan “sambil tidur” (karena sudah hafal semuanya hingga bosan), maka Anda berada hampir pada posisi berkinerja buruk. Cepat atau lambat, hal ini akan merugikan Anda. Jika Anda ingin merasa bahagia dan terlibat sepenuhnya dalam pekerjaan Anda, maka carilah pekerjaan yang bisa membuat performa Anda berada dalam posisi puncak.

3. You feel undervalued. Anda merasa diperlakukan tidak semestinya. Bahkan saat karyawan merasa senang dengan gaji dan promosi, mereka tidak akan menikmati pekerjaannya kecuali mereka merasa dihargai, terutama oleh atasannya. Orang-orang yang undervalued merasa ‘lelah’bekerja dan terlibat dalam urusan tidak penting yang tidak produktif seperti: suka membolos, mencuri, hingga sabotase. Jika hal ini menimpa seorang pada posisi yang tinggi dan penting, maka resikonya bisa lebih besar bagi organisasi / perusahaan.

4. You are just doing it for the money. Anda bekerja hanya demi uang. Tidak ada alasan lain yang lebih besar dari pada itu. Walaupun tidak dipungkiri uang penting, namun alasan-alasan yang berasal dari ‘dalam’ akan membuat seseorang 3x lebih terlibat secara positif dengan pekerjaannya. Misalnya: rasa senang bekerja, rasa ingin tahu, proses belajar, mendapatkan tantangan.

5. You hate your boss. Anda membenci bos Anda. Seperti kata pepatah, orang bekerja karena bergabung dengan perusahaan tetapi mereka berhenti bekerja karena bos mereka. Dalam penelitian kami, kami menemukan bahwa 75% dari orang dewasa yang bekerja menemukan bahwa bagian yang paling membuat stres dari pekerjaan mereka adalah: atasan langsung atau manajer lini langsung.

sumber: hbr.org
gambar:hdwallpapers.im
Mau Pindah Kerja? Ada 5 Tandanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *