Matriks BCG

Matriks BCG

Matriks BCG atau Boston Matriks Model atau disebut Growth-Share Matrix, adalah strategic tool untuk menganalisis portofolio bisnis saat ini, perencanaan & pengembangan portofolio dan untuk mengembangkan strategi baru – untuk bisnis baru dan repositioning bisnis. Secara umum Matriks BCG ini digunakan untuk memahami pasar, optimalisasi portofolio dan meningkatkan efektivitas penggunaan sumber daya. Umumnya ia digunakan untuk strategi perencanaan portofolio dan menganalisis unit bisnis (SBU) dan produk / service yang ditawarkan ke pasar.

Matriks BCG digunakan untuk memvisualisasikan 3 variabel portofolio: pangsa pasar, tingkat pertumbuhan pasar dan ukuran bisnis atau penjualan. Dengan melihat hal tersebut para pengambil keputusan akan mudah untuk membandingkan unit bisnis yang berbeda dan dapat menganalisis kekuatan, kelemahan serta mengembangkan strategi bisnis yang tepat. Sesuai namanya, Matriks BCG kembangkan oleh Boston Consulting Group.

Sumbu Matriks BCG
Sumbu matriks BCG ini adalah Market Share (Pangsa Pasar) dan Market Growth (Pertumbuhan pasar).

Pangsa pasar adalah persentase dari total pasar yang sedang dilayani oleh perusahaan Anda yang bisa di ukur dari pendapatan yang di peroleh atau dalam satuan volume. Semakin tinggi pangsa pasar, semakin tinggi proporsi pasar yang Anda kontrol.

Pertumbuhan Pasar digunakan sebagai alat untuk mengukur market attractiveness (daya tarik pasar). Pasar disebut tumbuh bila jumlah total keseluruhan pasar lebih besar nilainya dibanding periode terdahulu. Tidak ada jaminan bahwa jika pasar tumbuh berarti perusahaan juga tumbuh. Tetapi hal ini mengisyaratkan bahwa akan lebih mudah bagi perusahaan untuk tumbuh bila pasar tumbuh.

Penjelasan Matriks BCG
Dengan sumbu Pangsa Pasar dan Pertumbuhan Pasar maka dapat digambarkan Matriks BCG sebagai berikut:

matriks BCG

Matriks BCG

Kuadran Dog
Di area ini pangsa pasar kecil dan beroperasi di pasar dengan pertumbuhan yang rendah. Selain itu, pertumbuhan pasar yang rendah menyebabkan beberapa perusahaan mempertimbangkan untuk menutup bisnis, menjualnya, melakukan repositioning serta mengurangi operational cost.
Note: optimalkan operasional sehari-hari, hilangkan semua aktivitas yang tidak perlu. Repositioning diperlukan untuk menghasilkan positive cash cow atau menjualnya.

Kuadran Cash Cow
Pada kuadran ini anda telah memiliki pangsa pasar yang besar di banding kompetitor. Namun demikian, karena pertumbuhan pasar yang rendah maka kesempatan di kuadran ini masih terbatas. Pasar tidak begitu menarik. Bisnis di kuadran ini menghasilkan banyak keuntungan yang bisa digunakan untuk berinvestasi di bidang lain. Karena kondisi pasar yang tidak terlalu menarik maka tidak diperlukan investasi yang penting untuk menjaga pangsa pasar. Namun, harus dilindungi dan dijaga dengan baik karena sedikit pergeseran akan besar dampaknya terhadap pangsa pasar karena pertumbuhan pasar yang rendah.
Note: Jagalah posisi sebagai market leader dan market share yang dimiliki. Keuntungan diperoleh dari volume penjualan yang besar dan me-leverage operasional sehari-hari. Gunakan keuntungan untuk mendukung bisnis lain.

Kuadran Question Marks/Problem Child
Di kuadran ini potensi pertumbuhan terbuka lebar. Walau pun pangsa pasar masih rendah, namun pertumbuhan pasar tinggi sehingga dibutuhkan usaha agar pangsa pasar naik di pasar yang sedang tumbuh ini. Biasanya produk yang ada di kuadran ini merupakan produk baru atau produk dengan keunggulan yang belum terlihat pasar. Karena itu pengembangan bisnis sangat diperlukan di kuadran ini. Pertumbuhan di kuadran ini bisa dicapai dengan berinvestasi dan meningkatkan kinerja bisnis. Namun, resiko juga besar di kuadran ini jika ternyata dalam pengembangan produk menemui kegagalan. Karena itu kuadaran ini dinamai Question Mark.
Note: Pertumbuhan penjualan diperoleh dari peningkatan pangsa pasar. Investasi bisa menggunakan dana dari kuadran Cash Cow.

Kuadran Star
Di sini Anda memegang pangsa pasar yang besar bila dibandingkan kompetitor plus dengan pertumbuhan pasar yang besar pula. Inilah kuadran tempat Market Leader bercokol. Inilah kondisi terbaik dan yang paling diinginkan. Banyak kesempatan yang bisa diperoleh dan diwujudkan. Kuadran Question Mark bila sukses akan bergerak ke kuadran ini. Organisasi bisnis yang sukses setidaknya mempunyai satu unit bisnis / produk yang berada di kuadran ini. Untuk terus bertahan di kuadran ini maka diperlukan usaha yang konsisten dan terus menerus agar tidak terdepak dari kuadran. Selama pasar tumbuh, maka akan selalu ada pemain baru dari kuadran Question mark yang akan berusaha masuk.
Note: Investasi diperlukan untuk pertumbuhan penjualan dan pangsa pasar. Investasi bisa menggunakan dana dari kuadran Cash Cow.

Matriks BCG Product_Life_Cycle

Matriks BCG dalam Product Life Cycle
sumber: mrdashboard.com
gambar: bcg.com pestleanalysis.com
Matriks BCG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *