Manfaat Membuka Usaha Sendiri

Manfaat Membuka Usaha Sendiri

Manfaat Membuka Usaha Sendiri, menurut buku yang dikarang oleh Pietra Sarosa adalah:

1. Potensi Penghasilan Tak Terbatas
Manfaat Membuka Usaha Sendiri yang pertama adalah mengenai penghasilan. Berbicara soal penghasilan, pasti ini yang paling menarik perhatian banyak orang. Siapa sih yang tidak ingin mendapat penghasilan tinggi? Menariknya, membuka usaha berbeda dengan bekerja sebagai karyawan di perusahaan orang lain. Kalau Anda bekerja sebagai karyawan, gaji Anda (mungkin ditambah tunjangan-tunjangan bila ada) di mana gaji dan tunjangan tersebut telah ditetapkan berdasarkan jabatan (atau masa kerja) oleh bos Anda atau pemilik perusahaan. Di sini Anda hanya bisa menerima saja keputusan tersebut, atau bila bos anda cukup baik dan prestasi anda cukup bagus, mungkin anda akan diperkenankan mengajukan kenaikan gaji.Tapi kembali lagi, disetujui atau tidaknya tergantung dari bos anda. Sebaliknya, bila anda membuka usaha sendiri, anda bias mendapatkan penghasilan dalam jumlah besar bahkan tidak terbatas, tergantung dari kinerja dan pengelolaan usaha anda. Di sini anda bebas menetukan berapa yang akan anda dapatkan sebagai penghasilan, karena andalah bosnya.

2. Memaksimalkan Kemampuan
Manfaat Membuka Usaha Sendiri yang kedua adalah memaksimalkan kemampuan. Kemampuan yang dimaksud disini bias berupa ide-ide kreatif anda, ataupun kemampuan yang lain seperti kemampuan menjual, bernegosiasi, dan lain sebagainya. Dengan memiliki usaha sendiri maka anda memiliki kebebasan seluas-luasnya untuk berkreasi dengan ide-ide Anda, untuk bekerja tanpa adanya batasan-batasan yang mungkin akan sering anda temui jika nada menjadi karyawan. Nah, dengan demikian, maka semangat kerja anda akan berlipat ganda. Semangat kerja yang tinggi inilah yang sangat diharapkan dapat membuahkan hasil yang maksimal pula bagi usaha anda.

3. Bebas Mengatur Ritme Kerja
Manfaat Membuka Usaha Sendiri yang ketiga adalah bebas mengatur ritme kerja. Dengan menjadi karyawan, sebenarnya anda telah melakukan suatu transaksi dengan tempat anda bekerja yaitu transaksi jual beli. Anda menjual waktu dan kemampuan andauntuk digunakan oleh perusahaan dan anda mendapatkan gaji sebagai imbalannya. Saya tidak mengatakan ini buruk, tidak, karena ini merupakan suatu kelaziman di dunia kerja. Masalahnya, saya sering bertemu orang yang mengeluh bahwa dia sering tidak punya waktu untuk keluarganya karena seluruh waktunya tersita untuk pekerjaannya. Apalagi bagi anda yang tinggal di kota besar seperti Jakarta dan Surabaya. Tuntutan pekerjaan anda bias membuat anda menghabiskan waktu lebih dari separo waktu anda di luar rumah. Akan tetapi, kalau anda memulai usaha anda sendiri, anda bias mengatur sendiri waktu kerja anda. Bahkan bila usaha anda mengambil tempat di rumah anda, anda tidak perlu meninggalkan rumah. Saya punya teman penulis. Dia bekerja di depan komputer di ruang tengah rumahnya. Oleh karena jam-jam produktifnya dalah malam hari, dia menggunakan siang hari sebagai waktu untuk keluarga, mengantar akan ke sekolah, menemani istri berbelanja, dan aktivitas lainnya. Menarik bukan, anda bias memilih sendiri ritme kerja seperti apa yang paling pas untuk anda.

4. Sikap Mental yang Mandiri
Manfaat Membuka Usaha Sendiri yang keempat adalah sikap mental yang mandiri. Sebagai bosa dalam usaha kita sendiri, kita akan dituntut untuk dapat bersikap mandiri dalam menjalankan usaha kita. Sikap mental yang kuat dan mandiri ini sering kali sangat dibutuhkan pada saat usaha kita sedang mengalami masalah berat. Pada situasi seperti itu, tidak ada siapaun yang dapat kita andalkan selain kita sendiri. Dari pengalaman berbagai pengusaha yang saya temui, saya menarik benang merahnya bahwa kemandirian dan sikap mental yang kuat dalam bisnis dan dalam kehidupan pribadi si pengusaha sangat berkorelasi dan saling mempengaruhi.

5. Kepuasan atas Keberhasilan
Manfaat Membuka Usaha Sendiri yang kelima adalah kepuasan atas keberhasilan. Salah satu alas an kuat yang mendorong seseorang membuka usaha adalah rasa puas jika telah berhasil menghasilkan sesuatu. Ini sekaligus membuktikan kepada orang banyak bahwa mereka berhasil dengan usaha yang dilakukan. Hal ini menimbulkan motivasi tersendiri bagi banyak pengusaha sukses lain untuk terus dan terus berusaha supaya bisa menjadi yang terbaik.

Sumber: Pietra Sarosa, Kiat Praktis Membuka Usaha, Langkah Awal Menjadi Entrepreneur Sukses, Elexmedia komputindo, 2003
Gambar: newartcolorz.com
Manfaat Membuka Usaha Sendiri

Newer Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *