Leadership Skill yang Dibutuhkan di Semua Level

Leadership Skill yang Dibutuhkan di Semua Level

Jack Zenger dan Joseph Folkman merilis artikel mengenai Leadership Skill yang dibutuhkan di semua level. Mereka menganalisa dari 332.860 orang yang di survey yang terdiri dari atasan, kolega, bawahan yang di tanya, apakah kemampuan kepemimpinan yang dibutuhkan disetiap level pekerjaan? Hasilnya adalah sebagai berikut:

1. Inspires & motivate others (38%)
Kemampuan ini mendapatkan posisi yang paling tinggi di banding kemampuan yang lain. Apalagi di era yang sangat kompetitif dewasa ini, maka mempunyai kemampuan yang bisa menginspirasi dan memotivasi pastilah akan membuat tim lebih semangat bekerja dan memberikan hasil terbaik.

2.Display high integrity & honesty (37%)
Seorang pemimpin akan dilihat sebagai role model. Artinya, orang akan melihat apakah apa yang dikatakannya sama dengan apa yang akan dilakukannya. Tidak jarang kita menemui / membaca berita mengenai pemimpin pemimpin yang tersandung kasus integritas dan kejujuran.

3. Solves problems and analyzes issues (37%)
Setiap hari kita menghadapi masalah yang ada di pekerjaan. Jika atasan kita hanya berkata,”Kerjakan sendiri, itu tugas Anda.” Padahal kita membutuhkan opininya juga dalam pemecahan masalah yang kita hadapi. Pastilah mempunyai atasan seperti ini tidaklah menyenangkan.

4. Drives for results (36%)
Di mana pun seorang pemimpin berada, ia wajib memberikan hasil baik dari dirinya sendiri terlebih lagi dari tim yang dipimpinnya. Jika tidak mmemberikan hasil maka statusnya sebagai seorang pemimpin tidak dapat dipertanggungjawabkan.

5. Communicate powerfully and prolifically (35%)
Seorang pemimpin yang baik tidak hanya mempunyai kemampuan komunikasi yang baik namun juga menumbuhkembangkan budaya berkomunikasi yang baik bagi orang-orang yang ada di sekitarnya

6. Collaborates and promotes teamwork (33)
Leadership skill berikutnya yang wajib ada di semua level adalah kemampuannya untuk berkolaborasi dan mendukung adanya team work yang baik. Tanpa adanya team work yang baik dewasa ini, mustahil hal-hal besar di dalam pekerjaan dapat diselesaikan.

7. Builds relationships (30%)
Seorang pemimpin juga diharapkan bukanlah orang yang bangga pada posisinya sehingga merasa tidak perlu berhubungan dengan yang lain. Survey ini menunjukkan bahwa justru seorag pemimpin diharapkan untuk dapat membangun hubungan yang baik dengan orang lain.

sumber: HBR.org
gambar: entrepreneur.com
Leadership Skill yang Dibutuhkan di Semua Level

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *