Prinsip-X menjadi CEO

Prinsip-X menjadi CEO

Prinsip-X menjadi CEO. Ingin Jadi CEO? Jika jawaban untuk pertanyaan itu adalah YA, maka Anda perlu menerapkan prinsip – prinsip yang disampaikan oleh Curtis J. Crawford, Ph.D seorang pakar dalam kepemimpinan eksekutif dan tata kelola perusahaan (leadership and corporate governance) serta penulis buku Corporate Rise: The X Principles of Extreme Personal Leadership.

 

Dalam bukunya, Dr Crawford mengatakan bahwa ada 11 Prinsip-X (X untuk extreme) untuk meningkatkan karir Pemimpin-X, yaitu orang yang menjalankan ke sebelas prinsip ini – tidak peduli posisi Anda saat ini – agar cepat untuk menjadi CEO. Berikut adalah 6 dari 11 Prinsip CEO tersebut:

Prinsip CEO

X-Prinsip CEO 1: Mengembangkan anggota tim
Para pemimpin-X memahami bahwa dalam sebuah perusahaan sukses bukanlah hasil dari prestasi individu. Mereka berkomitmen untuk membuat orang lain sukses karena pada akhirnya keberhasilan orang lain itu adalah keberhasilan mereka juga. Mereka memiliki semangat untuk mengembangkan anggota tim dan tidak akan mengatakan bahwa mereka seorang yang sukses sampai semua anggota timnya telah berhasil. Keberhasilan mereka adalah akumulasi dari keberhasilan anggota timnya.

X-Prinsip CEO 2: Menginspirasi anggota tim
Pemimpin-X menemukan cara imajinatif untuk mengubah diri menjadi lebih baik dan untuk mengilhami orang lain. Mereka memotivasi diri mereka sendiri dan orang lain untuk mencapai tingkat yang lebih tinggi kinerjanya dengan menghubungkan ide-ide besar yang ada dan membuat gambaran kesuksesan yang lebih besar. Mereka sangat berkomitmen untuk memberikan hasil yang luar biasa. Bahkan, salah satu cara mereka mencegah timbulnya persaingan di dalam anggota tim mereka adalah secara konsisten mengejar keunggulan dan kesempurnaan kinerja tim.

X-Prinsip CEO 3: Memupuk kreativitas
Bagi para Pemimpin-X kreativitas adalah sumber kekuatan. Mereka melihat hal-hal umum dengan cara yang tidak konvensional. Mereka mengekspos kembali isu-isu lama dengan mengembangkan pendekatan yang segar dan baru untuk masalah masalah penting. Mereka berani mencari solusi masalah yang tidak berani dipikirkan oleh yang lain. Ketika masalah ini selesai, para pesaing mereka bertanya: “Mengapa kita tidak memikirkan cara itu?”

X-Prinsip CEO 4: Fokus kepada pelanggan
Pemimpin-X menyadari bahwa jika tidak ada seorang pun yang membeli sesuatu dari perusahaan mereka, maka semua yang mereka lakukan sama sekali tidak relevan. Mereka selalu mencari cara baru untuk menunjukkan semangat mereka untuk mendapatkan 100 persen kesetiaan dari pelanggan mereka.

X-Prinsip CEO 5: Visioner
Pemimpin-X adalah pemimpin yang mengantisipasi masa depan dan mengidentifikasi peluang pasar sebelum menjadi tren. Mereka tahu apa yang diperlukan pelanggan sebelum pelanggan membutuhkan. Dengan memfokuskan pikiran pada apa yang mungkin mereka meningkatkan kurva kreativitas dalam industri mereka.

X-Prinsip CEO 6: Transparansi
Pemimpin-X mendorong perusahaan mereka agar membuat keputusan-keputusan yang didasarkan pada fakta. Mereka berusaha keras bertukar informasi dengan seluruh karyawan dan pelanggan serta mencari kesempatan untuk memberitahu semua orang apa yang mereka perlukan agar kualitas pekerjaan dapat ditingkatkan.

X-Prinsip CEO 7: Kepercayaan Diri
Pemimpin-X mempunyai kepercayaan diri yang tinggi akan kemampuan anggota timnya. Mereka mendelegasikan tanggung jawab yang mereka miliki kepada mereka. Walaupun mereka tahu bahwa dengan cara ini mereka mudah diserang oleh yang lain – karena ada kemungkinan anggota timnya yang tidak dapat memenuhi standar yang dipersyaratkan – mereka tetap melakukannya agar anggota timnya bisa maju.

X-Prinsip CEO 8: Convert chaos energy
Pemimpin-X mempunyai kemampuan untuk mentransfer energi yang di dapat dari proses yang tidak menyenangkan menjadi sebuah potensi peluang. Walaupun demikian mereka seringkali menahan diri untuk tidak mengungkapkan apa ada dipikirannya sampai seseorang dari timnya menyampaikannya terlebih dahulu.

X-Prinsip CEO 9: Perusahaan yang utama
Pemimpin-X meyakini bahwa perusahaan harus diutamakan dibanding dengan ego bagian / departemen. Mereka tidak menyukai hambatan – hambatan yang timbul atau sengaja ditimbulkan karena perbedaan divisi atau fungsi. Bagi mereka Teamwork untuk perusahaan itu jauh lebih penting.

X-Prinsip CEO 10: Expect Greatness
Pemimpin-X selalu mengharapkan yang terbaik, terbesar dan ter lainnya. Mereka berorientasi pada hasil, berpegang teguh pada kejujuran dan mereka dapat diandalkan.

X-Prinsip CEO 11:Role Model
Pemimpin-X selalu menjadi role model. Mereka sadar bahwa mereka menjadi panutan bagi anggota timnya. Mereka memimpin dengan memberikan contoh-contoh keteladanan yang baik.

gambar: lawschoolpodcaster.com
Prinsip-X menjadi CEO
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *