4 Hal Penting Agar Lebih Berani Presentasi

4 Hal Penting Agar Lebih Berani Presentasi

4 Hal Penting Agar Lebih Berani Presentasi. Presentasi yang baik bisa dilihat dari hasil yang diraih setelah presentasi selesai. pakah dari tepuk tangan audience, dari nilai feedback kelas atas dari banyak sedikitnya peserta yang daang kepada Anda untuk sekedar bersalaman dan mengucapkan terimakasih. Persiapan sebelum presentasi yang sebenarnya memegang peranan yang sangat besar untuk keberhasilan presentasi. Berikut 4 hal penting agar presentasi yang kita lakukan menjadi lebih baik.

1. Mulailah presentasi dengan kemauan yang kuat dan besar
Hal ini jauh lebih penting dari pada yang Anda sadari. Jika kemauan Anda untuk presentasi kecil dan lemah, prestasi Anda pun akan kecil dan lemah. Tetapi, jika Anda melakukannya dengan gigih, tak akan ada yang dapat mengalahkan Anda di dunia ini. Oleh karena itu, tingkatkanlah semangat Anda untuk mempelajari hal ini. Hitunglah manfaatnya. Pikirkan apa artinya kepercayaan diri yang bertambah dan kemampuan untuk berbicara dengan lebih meyakinkan bagi Anda.
Pikirkan apa artinya dari segi keuangan. Pikirkan artinya bagi Anda secara sosial, pikirkan teman-teman yang akan Anda dapatkan, meningkatnya pengaruh pribadi Anda, kepemimpinan yang akan Anda peroleh. Dan ini akan memberi Anda kepemimpinan yang lebih cepat dibandingkan hampir semua aktivitas yang bisa Anda pikirkan atau bayangkan. Bayangkan binar-binar kepuasan dan kebahagiaan yang akan muncul ketika Anda menggunakan kekuatan baru ini.
Kata seorang pembicara,”Dua menit sebelum saya mulai, saya lebih memilih dicambuk ketimbang harus mulai; tetapi dua menit sebelum selesai, saya lebih memilih ditembak ketimbang harus berhenti.”

2. Menguasai bahan presentasi yang akan dibicarakan
Kalau Anda tidak memikirkan dan merencanakan presentasi Anda dan tidak tahu apa yang akan Anda sampaikan, Anda pasti merasa tidak nyaman saat menghadapi pendengar Anda. Anda mirip orang buta yang menuntun orang buta. Dalam situasi seperti ini Anda pasti gugup, menyesal, dan pasti malu dengan kelalaian Anda.

3. Bertindaklah dengan percaya diri
William James, seorang psikolog menulis sebagai berikut:
“Tindakan tampaknya mengikuti perasaan, tetapi sebenarnya, tindakan dan perasaan berjalan beriringan, dan mencocokkan tindakan yang dilakukan dengan kemauan yang jauh lebih terkontrol, secara tidak langsung, kita bisa mencocokkan perasaan yang tidak sesuai.
Maka, cara utama agar gembira, jika kegembiraan spontan kita hilang, adalah bangkit dengan gembira, bertindak dan bicara seolah-olah Anda gembira. Jika tindakan tersebut tidak membuat Anda gembira, maka tak ada yang dapat melakukannya.

Jadi, agar merasa berani presentasi, berpura-puralah seolah-olah kita berani presentasi, gunakan semua hasrat kita untuk melakukannya, dan keberanian kemungkinan besar akan menggantikan rasa takut yang timbul saat presentasi.”

Berjalanlah dengan tenang dan ambil nafas panjang. Berdirilah dengan tegak, tatap mata penonton Anda dan mulailah bicara sepercaya diri mungkin, seolah-olah mereka semua berutang pada diri Anda. Bayangkan mereka benar-benar berutang pada Anda. Bayangkan mereka di sana semua berkumpul untuk memohon perpanjangan kredit pada Anda. efek psikologisnya akan menguntungkan Anda. Jangan melakukan gerakan gugup, bolak-balik mengancingkan jas Anda atau memainkan perhiasan Anda. Jika Anda harus melakukan gerakan gugup, taruhlah tangan Anda dibelakang punggung dan remas-remas jari Anda sehingga tidak ada orang yang melihatnya.

4. Berlatih! berlatih! berlatih!
Inilah poin terakhir dan terpenting. Ingatlah ini: cara pertama, cara terakhir dan cara yang tidak pernah gagal untuk menumbuhkan kepercayaan diri ketika presentasi adalah dengan berbicara. Semua pada akhirnya akan mengerucut menjadi hal yang penting, yaitu: berlatih, berlatih, berlatih. Itulah yang terpenting dari semuanya dan tak boleh ketinggalan. Jadi, berlatihlah dengan tekun. rasa takut berasal dari ketidaktahuan dan ketidakpastian. Cara terbaik untuk berenang adalah terjun ke dalam air.

literatur: The Magic of Speaking, Dale Carnegie
gambar: structurabodytherapies.com
4 Hal Penting Agar Lebih Berani Presentasi
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *