Jika Sedang Kesulitan

Jika Sedang Kesulitan

Jika sedang kesulitan, ingatlah selalu bahwa tidak ada kesulitan yang abadi. Kesulitan pasti berakhir. Ibarat malam, pasti akan berganti siang. Demikian pula siang, akan berganti malam. Karena itu, jika sedang senang, ingatlah masa-masa sulit yang pernah dilalui. Jika sedang bahagia ingatlah untuk selalu bersyukur agar kita tidak menjadi sombong dan lupa diri.

Jika sedang kesulitan, ingatlah bahwa kita sedang ujian kenaikan kelas. Karena itu, melewatinya dengan nilai yang baik dan tidak hanya sekedar lulus akan menentukan dimana ‘rangking’ kita dalam kehidupan di beberapa waktu ke depan. Pasti akan berbeda seseorang yang lulus dengan nilai 100 dan nilai 60. Hasil yang didapat pun akan berbeda. Pepatah mengatakan bahwa kita tidak dapat mengubah masa lalu, tapi kita bisa mengubah masa depan dengan mengubah apa-apa yang kita lakukan hari ini.

Jika sedang kesulitan, artinya kita sedang tumbuh menjadi manusia yang lebih baik. Bibit yang ditanam di dalam tanah harus menerobos ke bawah agar tetap hidup dengan mencari nutrisi dan air yang ada di dalam tanah. Bibit itu juga harus menerobos ke atas untuk mendapatkan sinar matahari yang diperlukannya untuk pertumbuhan. Artinya, ketika mengalami kesulitan, bisa jadi usaha yang kita lakukan akan lebih banyak dari usaha yang biasa dilakukan.

Jika sedang kesulitan, ingatlah bahwa kita sedang latihan. Dalam latihan, wajar dong kalau ada kesalahan. Namun, sesungguhnya, hal yang ingin di dapat bukan saja kita diharapkan berhasil menyelesaikannya, namun menyelesaikan tugas yang diberikan dengan bertanggung jawab.  Cara terbaik untuk mengetahui seorang Kapten kapal tangguh atau tidak, adalah dengan melihatnya saat mengarungi badai dan bukan saat laut dalam keadaan tenang. Kesulitan membuat kita menjadi lebih dewasa dan menjadi lebih bijak dalam menyikapi sesuatu.

Jika sedang meghadapi kesulitan, ingatlah bahwa Tuhan pun menyatakan bahwa di dalam kesulitan ada kemudahan. Dan sungguh di dalam kesulitan ada kemudahan.

Oleh: Iwan Pramana
gambar: Jika sedang kesulitan
Jika Sedang Kesulitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *