Hafal Nama, Game Perkenalan Seru

Hafal Nama, Game Perkenalan Seru

Hafal Nama adalah game pelatihan yang sangat mudah dilakukan. Tidak butuh peralatan, bisa dimainkan kapan saja dan semua orang bisa ikut serta. Hafal Nama, paling baik digunakan saat kelas pelatihan akan dijalankan. Selain itu, semakin banyak jumlah peserta pelatihan akan semakin membuat game ini menjadi seru.

Tujuan game pelatihan
– perkenalan, konsentrasi

Peserta game pelatihan
Semua, dalam posisi melingkar / duduk di tempatnya masing-masing

Waktu game pelatihan
10 – 15 menit

Proses Game Pelatihan Hafal Nama
Sebelum pelatihan dimulai, mintalah peserta untuk berdiri membentuk lingkaran besar sehingga semua orang bisa melihat satu dengan yang lainnya. Jika kelasnya tidak cukup karena pesertanya banyak bagaimana? Tidak apa apa juga, yang penting semuanya seudah dalam bentuk lingkaran. Atau jika sangat tidak memungkinkan, silahkan duduk di bangku masing-masing.

Kemudian sampaikan, “Saya butuh 3 orang suka relawan untuk game ini. Biasanya akan tunjuk tunjukan. Namun, sebenarnya kalau mereka tahu keuntungan 3 orang ini, mereka pasti menyesal. hahaha…
Setelah tiga orang terkumpul, baruu.. sampaikanlah nama dan tujuan permainan ini.
“Tujuan game ini adalah saling berkenalan dengan yang lain, jadi semua roang di kelas ini dalam waktu yang kita tentukan bersama , wajib menghafal nama teman temannya yang lain.”

Cara bermainnya mudah. Orang pertama akan menyebut nama dirinya sendiri. Misal: Nama saya Amir. Kemudian orang kedua akan menyebut namanya, “Nama saya Koko, nama dia Amir. Kemudian diteruskan oleh orang ketiga. “Nama saya Rika, nama teman saya sebelumnya Koko, nama teman saya sebelumnya Amir.”
Ketika mereka tahu aturan permainannya seperti ini, barulah peserta yang lain menyesal mengapa tadi tidak menjadi sukarelawan duluan.

Game Hafal Nama ini, jika pesertanya sedikit tidak seru. Tetapi jika pesertanya misalnya 50 orang, atau 100 orang, pasti akan seru. Apalagi jika yang gagal menghafal nama mendapatkan hukuman. Hukumannya buat seru seruan aja, gak usah yang terlalu serius. Untuk kelas dengan peserta yang padat, maka dapat dilakukan sambil duduk saja, namun, keseruannya berbeda dengan saat membentuk lingkaran besar. Lupa satuhal: Selama game dilarang membawa catatan atau alat bantu lainnya.

Selamat mencoba!
gambar
Hafal Nama, Game Perkenalan Seru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *