Golden Ratio – Rasio emas

Golden Ratio – Rasio emas

Golden Ratio atau rasio emas adalah istilah yang banyak digunakan di bidang matematika. Sesuatu disebut sebagai rasio emas bila rasio (perbandingan) dari jumlah dua bagian (besar + kecil) terhadap bagian yang besar bernilai 1,61803398874989. Nama lain yang digunakan selain Rasio emas / Golden Ratio adalah Golden Section (Sectio aurea), Golden Mean, Mean ratio, Medial section, Divine proportion, Divine section (Sectio Divina), Golden proportion, Golden cut, Golden number, & Mean of Phidias. Rasio emas dilambangkan dengan abjad Yunani phi.

Matematikawan mempelajari rasio emas karena sifat yang unik dan menarik. Rasio emas juga ditemukan dalam banyak bidang lain.

Rasio emas di bidang arsitektur
Sejak jaman Renaissance banyak seniman dan arsitek membuat desain bangunan yang mereka buat dengan mendekati rasio emas – terutama dalam bentuk persegi panjang emas di mana rasio dari sisi panjang ke pendek adalah rasio emas. Salah satu bangunan bersejarah yang banyak menggunakan rasio emas adalah Kuil Parthenon di bukit Artemis. Rasio emas juga ditemukan pada Piramida Mesir.

Rasio emas di bidang matematika
Deret Fibonacci 0, 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, 34, 55, 89, 144, 233, 377, 610, 987, 1597, 2584, …

Dalam deret fibonacci jika kita membagi angka dalam deret tersebut dengan angka sebelumnya maka kita akan mendapatkan angka rasio emas. Selain itu ditemukan pula rasio emas pada pentagon, pentagram, dll

Rasio emas di tubuh manusia
Contoh pertama dari rasio emas pada tubuh manusia adalah: Jika antara pusar dan telapak kaki dianggap berjarak 1 unit, maka tinggi seorang manusia setara dengan 1,618 unit. Beberapa rasio emas lain pada tubuh manusia rata-rata antara lain:
– Jarak antara ujung jari dan siku / jarak antara pergelangan tangan dan siku,
– Jarak antara garis bahu dan unjung atas kepala / panjang kepala,
– Jarak antara pusar dan ujung atas kepala / jarak antara garis bahu dan ujung atas kepala,
– Jarak antara pusar dan lutut / jarak antara lutut dan telapak kaki

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan antara tahun 1985 dan 1987, fisikawan Amerika B. J. West dan Dr. A. L. Goldberger menemukan keberadaan rasio emas pada struktur paru-paru. Salah satu ciri jaringan bronkia yang menyusun paru-paru adalah susunannya yang asimetris. Misalnya, pipa saluran udara yang bercabang membentuk dua bronkia utama, satu panjang (bronkia kiri) dan yang kedua pendek (bronkia kanan). Percabangan asimetris ini terus berlanjut ke percabangan-percabangan bronkia selanjutnya. Telah dipastikan bahwa pada seluruh percabangan ini perbandingan antara bronkia pendek terhadap bronkia panjang selalu bernilai 1,618.

Rasio emas di cangkang kerang laut
Para ilmuwan menemukan bahwa mereka juga menemukan rasio emas di cangkang kerang laut. Cangkang-cangkang kebanyakan moluska tumbuh mengikuti bentuk spiral logaritmik. Sungguh tidak ada keraguan bahwa hewan-hewan ini tidak memahami perhitungan matematis paling sederhana sekalipun, apalagi bentuk spiral logaritmik. Jadi bagaimana makhluk-makhluk tersebut dapat mengetahui hal itu sebagai yang terbaik baginya untuk tumbuh? Bagaimana binatang-binatang ini, yang oleh sejumlah ilmuwan digambarkan sebagai makhluk “primitif,” tahu bahwa spiral logaritmik adalah bentuk terbaik bagi mereka? Mustahil pertumbuhan semacam ini terjadi tanpa adanya suatu pengetahuan atau kecerdasan. Sama sekali tidaklah masuk akal untuk berusaha menjelaskan hal tersebut sebagai suatu ketidaksengajaan.

Rasio Emas pada DNA
Molekul DNA, cetak biru kehidupan didasarkan pada rasio emas. DNA tersusun atas dua rantai heliks tegak lurus yang saling berjalinan. Panjang lengkungan pada setiap rantai heliks ini adalah 34 angstroms dan lebarnya 21 angstroms. (1 angstrom adalah seperseratus juta sentimeter.) 21 dan 34 adalah dua angka Fibonacci yang berurutan.

Rasio Emas pada kristal salju
Kita dapat menyaksikan rasio emas pada serpihan salju. Ragam bentuk panjang dan pendek yang beraneka yang membangun bentuk serpihan salju, semuanya menghasilkan rasio emas.

sumber artikel: harunyahya.com, wikipedia.com
sumber gambar: northfieldtownshiplibrary.com

Golden Ratio – Rasio emas

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *