Game Tugu Pancoran

Game Tugu Pancoran

Game Tugu Pancoran ini sangat cocok untuk dimainkan jika ruangan kelas trainingnya agak luas dan suasana siang hari selepas istirahat siang. Lebih cocok lagi jika dimainkan di luar ruangan karena butuh pergerakan yang banyak.

Tujuan game
– melatih kekompakan dan kecepatan

Peserta
Semua peserta pelatihan, dalam posisi berbaris sesuai dengan kelompoknya masing-masing.

Waktu game
10 – 15 menit

Proses Game Tugu Pancoran
Sebelum game dimulai, mintalah peserta untuk berbaris sesuai dengan anggota kelompoknya. Jika belum dibagi, maka bagilah kelompoknya terlebih dalu. Metodenya bebas. Boleh dengan berhitung, boleh dengan komposisi cowok lawan cewek dan seterusnya. Nama game ini sebenarnya beragam. Demikian pula dengan gerakan yang ada di dalamnya, kita bisa menambahkan sesuai dengan keinginan kita. Yang penting seru.

Kemudian sampaikan, “Kita akan memulai game Tugu Pancoran. Game ini punya tiga gerakan: Pertama: Gerakan seperti meniru tugu pancoran. Lalu tunjukkan contoh gerakan itu kepada peserta. Gerakan kedua: Gerakan meniru tugu selamat datang. Ini dibuat oleh 2 orang bersebelahan. Berikan contohnya seperti patung selamat datang di bunderan Hotel Indonesia. Gerakan ketiga: gerakan keliling jakarta. Ini dibuat oleh 3 orang. Yang paling depan jadi supir, yang tengah dan belakang jadi penumpang. Kedua tangan yang di depan seperti menyetir bajaj. Tangan kedua penumpang ke pundak orang di depannya. Berbeda dengan kedua gerakan sebelumnya, di gerakan ketiga ini peserta harus berkeliling layaknya bajaj yang berkeliling kota. Jangalah jangan sampai ada yang bertabrakan.”

Setelah itu minta peserta acak memperagakan gerakan-gerakan itu. Ada yang menambahkannya dengan gerakan Lampu Merah: Gerakan ketiga tapi berhenti sambil menunggu aba aba boleh gerak lagi. Ada juga yang menambahkan dengan Hujan Turun: Gerakan ketiga, tetapi sopir merentangkan kedua tangannya sambil berputar seperti jadi payung buat kedua penumpangnya. Kedua penumpang berteduh sambil jongkon masing-masing di kanan dan kiri supir yang sudah berubah jadi payung.

Mulai bermain: Berilah aba-aba mulai tapi pastikan tempatnya tidak licin karena gerakan antar satu ke gerakan lainnya termasuk dalam tempo cepat. jangan terlalu lama di satu gerakan. Bagi mereka yang gagal dalam mencari pasangan untuk membuat formasi, tariklah ke tengah, hingga terkumpul beberapa orang yang akan anda beri “hadiah.” Selamat mencoba. gambar: jejakpiknik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *