Game Pelatihan Sungai Buaya

Game Pelatihan Sungai Buaya

Game pelatihan Sungai Buaya ini biasanya dimainkan untuk aktivitas luar ruang. Namun, bisa juga dimainkan untuk sesi dalam ruang jika lokasinya memungkinkan. Tidak dibutuhkan ruangan yang luas, asal ada cukup ruang yang memanjang karena dengan lebar ruang 2 meter saja sudah bisa memainkan game pelatihan sungai buaya ini.

Tujuan game pelatihan
– Ice breaking
– Kerja sama kelompok

Peserta game pelatihan
Semua peserta pelatihan, fasilitator dan asisten fasilitator dapat pula ikut bermain dalam game ini

Waktu game pelatihan
10-15 menit, termasuk briefing untuk peserta 20 orang.

Setting game pelatihan
dua kelompok besar saling berlomba untuk mencapai garis finish yang ditentukan.

Proses game pelatihan
Dalam game pelatihan ini sebelum di mulai fasilitator menjelaskan aturan permainan kepada para peserta. Aturannya adalah:
1. Peserta di bagi menjadi dua kelompok besar. Jika pesertanya 20 orang, maka masing-masing kelompok akan beranggotakan 10 orang.
2. Tugas setiap kelompok adalah mencapai garis akhir yang ditentukan oleh fasilitator. Karena masing-masing kelompok jumlahnya 10 orang maka kelompok baru dikatakan mencapai finish bila anggota terakhir mencapainya.
3. Tiap kelompok akan diberi 4 buah alas / tatakan yang terbuat dari karet berbentuk segi empat. Bisa digunakan dari puzzle mainan anak-anak yang berukuran 40 x 40 cm.
4. Sesuai dengan gamenya yaitu Sungai Buaya, maka tatakan tadi dipakai untuk melintas diatas ‘sungai’ untuk mencapai garish finish. Siapa yang menginjak area di luar tatakan tersebut, maka dianggap tercebur sungai dan semua anggota kelompok harus mengulangi kembali dari awal proses menyeberangi sungai buaya ini.
5. Metode yang digunakan kelompok untuk mencapai garish finish tergantung kelompok asalkan tatakan tersebut diletakkan di atas sungai untuk menyeberang. Tidak ada cara lain lagi yang dapat digunakan untuk menyeberang kecuali hanya dengan menggunakan tatakan itu.
6. Karena jumlah tatakan yang diberikan lebih sedikit dari pada jumlah anggota kelompok yang ada, maka kelompok akan berusaha menyelesaikannya dengan beberapa orang sekaligus akan berdiri diatas tatakan yang diberikan.
7. Agar lebih seru, mata para anggota kelompok ditutup semuanya kecuali anggota kelompok yang paling belakang.

Selamat mencoba!

gambar: coloma.com
Game Pelatihan Sungai Buaya

  1. Saya menyukai blog Anda. Sumbernya terpercaya dan meyakinkan.
    Namun, tulisan-tulisannya terlalu pendek untuk pemula.
    Tolong diperpanjang sedikit tulisannya.
    Terima kasih.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *