Game Pelatihan – Suit Tarzan

Game Pelatihan – Suit Tarzan

Game pelatihan – Suit Tarzan ini sangat pas untuk dimainkan setelah makan siang. Walau pun tidak terlalu banyak melakukan gerakan, game ini membutuhkan konsentrasi dan kerja sama kelompok yang baik untuk mendapatkan kemenangan. Suit ini adalah salah satu suit yang bisa digunakan selain dari 2 suit konvensional lainnya yaitu: Gajah-semut-orang dan Batu-gunting-kain.

Tujuan game pelatihan
– Ice breaking
– Kerja sama kelompok & meningkatkan konsentrasi

Peserta game pelatihan
Semua peserta pelatihan, fasilitator dan asisten fasilitator dapat pula ikut bermain dalam game ini

Waktu game pelatihan
2 sampai 4 putaran tergantung hasil skor yang ada.

Setting game pelatihan
dua kelompok besar saling berhadapan

Proses game pelatihan
Dalam game pelatihan ini sebelum di mulai fasilitator menjelaskan aturan permainan kepada para peserta. Aturannya adalah:
1. Peserta di bagi menjadi dua kelompok besar. Sehingga tiap peserta dari grup A akan berhadapan dengan peserta dari grup B. Jika peserta jumlahnya ganjil, maka fasilitator / asisten fasilitator dapat juga ikut bermain dalam game ini.
2. Walau pun secara teknis tiap peserta berhadapan secara individu, namun keputusan yang diambil adalah keputusan kelompok. Sehingga tiap individu wajib mematuhi keputusan kelompok. Jika ada pelanggaran / kesalahan dalam mematuhi aturan tersebut, maka kelompok tersebut di anggap kalah.
3. Tiap peserta saling berhadapan punggung sebelum game di mulai. Begitu ada aba-aba maka mereka secara serentak melompat sambil berbalik badan dan melakukan gerakan yang di pilih oleh kelompoknya. Gerakan apa saja yang bisa digunakan?
3a. Gerakan Tarzan: memukul-mukul dada sambil menirukan suara Tarzan “Aaauuuooooo…”
3b. Gerakan Macan: Tangan posisi mencengkeram – dihadapkan ke lawan yang ada di depannya sambil menirukan suara macan “Auuummm…”
3c. Gerakan Jane: Tangan posisi melambai – dihadapkan ke lawan yang ada di depannya sambil berkata “Haaaiiii…”
4. Aturan menang – kalahnya adalah sebagai berikut: Tarzan menang melawan macan. Macan menang melawan Jane. Jane menang melawan Tarzan.
5. Sebelum gerakan dimulai, fasilitator memberi waktu kepada tiap kelompok untuk berunding mengenai gerakan apa yang akan digunakan untuk mengalahkan lawannya.
6. Hadiah yang menarik yang biasa kami gunakan dalam game ini adalah: pemenang di pijit selama 30 detik oleh lawannya untuk setiap kemenangan yang di dapatkan oleh kelompoknya.

Selamat mencoba!

gambar: doctormacro.com
Game Pelatihan Suit Tarzan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *