Game Pelatihan – Sang Peramal

Game Pelatihan – Sang Peramal

Game Pelatihan – Sang Peramal ini bisa dilakukan bila suasana kelas mulai low batt dan butuh penyegaran. Caranya sangat mudah, fasilitator membagi kelas menjadi beberapa kelompok dan masing-masing kelompok akan saling berhadapan untuk saling menebak. Siapa yang paling banyak anggota tim yang tersisa, maka kelompoknya akan menang dan mendapatkan hadiah.

Tujuan game pelatihan
– Ice breaking, agar peserta lebih relaks mengikuti pelatihan
– Melatih intuisi peserta
– Seru buat seru-seruan

Peserta game pelatihan
Semua peserta pelatihan yang dibagi ke dalam beberapa kelompok

Waktu game pelatihan
15 menit di sesi siang

Setting game pelatihan
Kelompok saling berhadapan

Perlengkapan game pelatihan
Kertas dan alat tulis

Proses game pelatihan
Game pelatihan Sang Peramal ini membutuhkan konsentrasi dan intuisi dari peserta sehingga sangat pas bila dimainkan setelah selesai istirahat siang di mana biasanya suasana kelas mulai menurun setelah istirahat siang. Game pelatihan ini akan membuat peserta segar kembali karena harus berkonsentrasi untuk membaca pikiran lawan.

Caranya mudah, setelah kelompok dibagi dengan anggota antara 3-4 orang maka tiap kelompok diminta berhadapan, saling tatap, dan boleh saling melemparkan kalimat seperti saat petinju akan bertanding. Tim B boleh juga beraksi seperti seorang peramal kawakan yang sedang menjalankan aksinya.

Misalnya: tim A berhadapan dengan tim B. Tim A kemudian diminta menulis nama seorang anggotanya di kertas. Kertas ini kemudian diserahkan kepada fasilitator. Tim B kemudian diminta untuk menebak siapa yang namanya ditulis di dalam kertas. Jika tebakan tim B benar, maka yang nama tim A yang ditulis di dalam kertas harus kembali ke tempat duduk. Tetapi jika tebakannya salah, maka tim A berhak memilih seorang anggota tim B untuk diminta duduk. Sebelum menjawab, tim B mendapatkan waktu 5 menit yang bebas digunakan untuk mencari cara agar mendapatkan jawaban. Caranya bebas, dan tim A tidak wajib mengikuti cara yang dilakukan tim B. Tim A boleh menolak melakukan / menjawab.

Variasi:
– Sebelum menebak, tim B berhak mengajukan satu pertanyaan kepada tim A yang harus dijawab dengan jujur. (bukan pertanyaan langsung yang jawabannya adalah nama orang yang dimaksud dan ciri-ciri orang tersebut)
– Bisa juga kedua tim secara bersamaan menulis nama tim mereka di dalam kertas yang akan dibacakan oleh fasilitator.

Dijamin meriah!
Selamat mencoba dan berhasil!

gambar: wallpaperinhd.net

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *